Sponsors Link

10 Gejala Polip yang Perlu di Waspadai

Sponsors Link

Bagi beberapa orang mengira jika polip dan sinusitis merupakan penyakit yang sama. Namun, pada nyatanya kedua penyakit tersebut berbeda. Hal ini disebabkan karena polip tidak hanya terjadi di hidung, melainkan juga di rahim, hidung, kandung empedu dan di usus. Selain itu, terdapat gejala-gejala polip yang tentunya berbeda. Lalu seperti apa gejala tersebut? Berikut ini beberapa gejala polip yang patut Anda ketahui untuk segera melakukan penanganan.

ads
  1. Hidung tersumbat

Gejala ini merupakan gejala polip di hidung dimana hidung akan tersumbat disebabkan oleh lendir. Lendir akan mengental dan melengkat pada saluran pernapasan. Hal ini akan membuat Anda tidak dapat bernapas dengan lega. Polip di hidung hanya terjadi di sebelah kanan atau kiri saja tempat polip itu berada. Hal ini juga yang membedakan polip dengan gejala flu ataupun penyebab pilek setiap bangun tidur.

2. Penurunan Indera Penciuman

Mengapa demikian? Gejala polip lainnya ini merupakan yang paling merugikan. Hal ini terjadi ketika polip terjadi di hidung, akan mengganggu rongga hidung, menutup bulu-bulu halus di hidung, serta lendir akan menyumbat pernapasan yang membuat Anda kesulitan untuk menggunakan indera penciuman Anda.

3. Terdapat tekanan pada wajah

Hal ini terjadi ketika polip terjadi yang disertai dengan infeksi sinusitis. Rasa nyeri yang terjadi dapat Anda rasakan di bagian hidung, kepala, dahi hingga dapat terasa sakit pada seluruh wajah. Jika hal ini terjadi dan tidak kunjung mereda selama beberapa minggu, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan gejala ini pada dokter.

4. Sering mengalami sakit kepala

Saat Anda mengalami polip, Anda mungkin akan merasakan sakit kepala. Sakit kepala ini bisa saja terjadi dalam jangka waktu tidak tertentu ketika anda tidak mengobati polip tersebut. Hal ini terjadi karena polip menyebabkan terjadinya penumpukan cairan dalam rongga sinus. Cairan tersebut ketika dibiarkan begitu saja akan membuat bakteri berkembang, hingga dapat mempengaruhi kinerja otak dan membuat sakit kepala yang tidak tertahankan.

5. Bentuk hidung yang tidak simetris

Selain sinusitis, ternyata polip juga dapat membuat bentuk hidung Anda menjadi tidak simetris. Ini dikarenakan polip yang semakin berkembang dan membesar yang akan menyebabkan pergeseran pada rongga hidung. Ini tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan tentunya akan sangat berbahaya. Segeralah periksakan gejala ini pada dokter.

6. Gigi yang terasa sakit pada rahang bagian atas

Selain itu, polip pun dapat menyebar hingga ke bagian rahang dan juga gigi. Polip yang menyebabkan tekanan tinggi akan membuat gigi terasa sakit – gigi yang berada di rahang bagian atas. Karena gigi pada yang berada pada bagian tersebut merupakan lokasi yang dekat dekat area terjadinya polip. Hal ini akan membuat Anda kesulitan untuk makan, jika hal tersebut terjadi pun akan berakibat buruk pada sistem pencernaan Anda.


7. Telinga yang terasa penuh

Saluran di hidung dan obat radang telinga pada anak merupakan saluran yang saling terhubung satu sama lain. Saat hidung mengalami penyumbatan, maka efek samping infeksi telinga pun akan ikut mengalami gangguan. Sama halnya dengan polip, karena cairan yang terus menyumbat rongga hidung dan pernapasan lainnya – akan berdampak pada telinga.

Gejala ini membuat telinga terasa penuh dan bahkan dapat membuat telinga bindeng. Selain itu, indera pendengaran pun akan terganggu serta keseimbangan pun akan terkena dampak buruknya – karena telinga merupakan pusat sistem keseimbangan tubuh.

8. Mendengkur saat tidur

Hal ini merupakan gejala yang wajar terjadi. Ketika hidung tersumbat, maka sistem pernapasan tidak akan bekerja secara efektif. Anda akan kesulitan untuk bernapas dan menghirup udara bahkan saat tidur. Hal inilah yang membuat Anda mendengkur saat tertidur. Selain itu, gejala ini juga akan berdampak pada tenggorokan Anda. Sebaiknya, segeralah melakukan penanganan terhadap perawatan pasca operasi polip hidung yang Anda alami.

9. Lendir yang jantung dari belakang hidung ke tenggorokan

Gejala ini juga disebut dengan post nasal drip. Hal ini akan terjadi ketika cairan yang menyumbat rongga hidung semakin membesar dan ketika itu terjadi, akan sangat sulit untuk dikeluarkan. Dan biasanya cairan tersebut akan mengalir ke belakang dan jatuh ke penyebab sering sariawan dan sakit tenggorokan. Hal ini akan terasa ketika Anda sedang berbaring.


10. Penyumbatan drainase lendir dari sinus

Polip hidung juga dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada drainase lendir dari sinus ke bagian hidung. Penyumbatan ini akan menyebabkan tertimbunnya lendir di dalam sinus. Ketika lendir terlalu lama berada di dalam rongga sinus, maka hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya infeksi dan akhirnya akan menyebabkan anda mengalami sinusitis.

Pada anak-anak, biasanya dapat dilihat ketika suara nya berubah menjadi sengau dan bernafas melalui mulut karena adanya penyumbatan pada hidung. Hal ini tentu saja sangat berbahaya ketika Anda tidak segera menangani polip yang Anda alami. Karena selain ciri-ciri terkena sinusitis, pun akan menyebabkan munculnya komplikasi penyakit lain yang berbahaya.

Jadi, gejala yang disebabkan oleh bahaya operasi polip hidung sangat bermacam-macam dan tentunya akan berdampak pada kesehatan. Jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan munculnya komplikasi penyakit lainnya. Gejala ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Dengan demikian, itulah beberapa gejala polip yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Polip