Sponsors Link

Waspada 6 Gejala Radang Hidung yang Harus Dihindari Berikut

Sponsors Link

Ada banyak jenis jenis penyakit yang menyerang hidung salah satunya radang hidung. Peradangan pada hidung bisa terjadi karena beberapa hal. Radang hidung biasa juga disebut dengan Rhinitis, yang paling terjadi karena adanya alergi.

ads

Timbulnya Rhinitis disebabkan oleh masuknya benda asing ke dalam saluran tenggorokan kemudian hidung secara otomatis merespon hal tersebut dan terjadilah peradangan pada hidung. Namun ada juga Rhinitis yang timbul bukan karena alergi.

Alergi umum yang dapat memicu timbulnya Rhinitis adalah debu, dingin, kelupasan kulit hewan, bulu, atau serbuk sari dari bunga. Ada beberapa cara mengatasi alergi hidung salah satunya dengan penguapan air panas. Bedakan antara Sinusitis dengan Rhinitis.

Jika Rhinitis terjadi pada membran mukosa maka Sinusitis sendiri terjadi pada dinding dalam hidung. Atau lebih tepatnya terjadi pada dinding tulang pipi dan dahi yang berfungsi mengatur suhu dan kelembapan udara sebelum masuk ke paru-paru.

Yuk kita kenali apa saja gejala radang hidung berikut ini, ingat bahwa jika tidak ditangani dengan baik Rhinitis dapat menyebabkan atau memicu timbulnya Sinusitis ataupun komplikasi Rhinitis alergi.

Berbagai Gejala Radang Hidung (Rhinitis)

1. Hidung berair dan tersumbat

Pernahkah anda mengalami gangguan hidung tersumbat dan juga berair secara tiba-tiba? Misalnya ketika anda sedang berada di lokasi seperti gudang, atau ruangan yang sudah lama tidak digunakan dan berdebu, anda kemudian bersin-bersin.

Gejala radang hidung awal dapat anda lihat dari kondisi tersebut, karena sesuai yang telah dijelaskan sebelumnya radang hidung dapat bersifat alergi atau non-alergi. Anda perlu mengetahui tentang cara mengobati hidung tersumbat yang efektif dan mudah.

2. Mata gatal-gatal dan berair

Selain mengalami hidung tersumbat dan berair biasanya radang hidung juga diikuti dengan gejala mata yang terasa gatal dan berair. Mungkin anda pernah mengalami hal tersebut? Bagi penderita Rhinitis alergi debu, dingin, atau serbuk sari biasanya akan mengalami gejala radang hidung tersebut.

3. Batuk-batuk

Sama halnya dengan flu biasa yang umumnya diikuti dengan batuk. Penderita radang hidung juga akan mengalami hal yang sama. Hal ini bisa saja terjadi karena penumpukan debu ataupun alergi (pemicu) Rhinitis dalam tubuh sehingga menghambat saluran pernafasan.

4. Lendir (ingus) berwarna kuning atau bahkan kuning kehijauan

Nah, ini merupakan gejala yang cukup mudah untuk dilihat dengan kasat mata. Jika anda mengalami flu, bersin, dan mengeluarkan ingus yang berwarna kekuningan atau malah cenderung berwarna hijau maka bisa jadi anda terkena penyakit radang hidung.


5. Berkurangnya kemampuan indera pengecap

Jika biasanya anda dapat merasakan dan membedakan rasa dengan mudah. Jika anda menderita radang hidung maka kemampuan anda tersebut akan berkurang cukup drastis. Makanan akan terasa hambar karena kehilangan kemampuan indera pengecap atau tidak optimalnya indera pengecap.

6. Berkurangnya kemampuan indera penciuman

Karena lendir yang biasanya muncul ketika mengalami radang hidung. Maka gejala radang hidung lainnya yang dapat penderita rasakan adalah mulai tidak optimalnya kemampuan indera penciuman. Kita akan kesulitan untuk membaui sesuatu meskipun baunya cukup tajam untuk orang normal.

Bila anda merasakan gejala di atas, dan terasa memburuk sebaiknya anda segera mengobati penyakit radang hidung tersebut. Apalagi jika sudah mengganggu aktivitas anda, kekurangan tidur, atau pun berlangsung berhari-hari. Cara mengobati radang hidung bisa menggunakan uap atau air garam.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Rhinitis