Sponsors Link

11 Gejala Tenggorokan Kering Yang Jarang Disadari

Sponsors Link

Hampir setiap orang pernah merasakan tenggorokan kering. Tenggorokan kering memang bukan penyakit yang berbahaya selagi tidak terjadi secara terus-menerus. Namun, rasa tidak nyaman akibat tenggorokan kering sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Bahkan untuk anak-anak tenggorokan kering dapat menyebabkan menurunnya nafsu makan mereka. Sehingga asupan nutrisi setiap harinya tidak terpenuhi dan menyebabkan rentan terkena penyakit lain. Tenggorokan kering merupakan salah satu Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Bangun Tidur. Tidur yang terlalulama membuat tenggorokan juga lama tidak terkena air sehingga menyebabkan kering dan terjadi iritasi pada tenggorokan. Selain itu tenggorokan yang kering juga dapat disebabkan karena saat tidur kita tidak sengaja membuka mulut dan bernafas melalui mulut. Sementara udara yang terus menurus malalui tenggorokan kita akan membuat tenggorokan kita menjadi kering.

ads

Tenggorokan kering merupakan salah satu gangguan mulut yang dapat menyerang siapa saja termasuk balita dan anak-anak. Tenggorokan kering juga merupakan salah satu Penyebab Radang Tenggorokan pada anak. Biasanya tenggorokan kering tidak terjadi dengan tiba-tiba melainkan disebebkan oleh penyakit lain seperti sakit tenggorokan, radang tenggorokan, amandel, flu, dan batuk. Tenggorokan kering biasanya menyebabkan rasa sakit yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain sakit pada saat ingin menelan makanan tenggorokan kering juga menyebabkan sakit saat ingin bernafas. Itu karena tenggorokan merupakan jalan masukknya udara dan makanan. Berikut beberapa gejala tenggorokan kering yang mungkin belum banyak diketahui orang:

1. Batuk

Secara umum batuk dibedakan menjadi dua yaitu batuk kering dan juga batuk berdahak. Batuk berdahak biasanya ditandai dengan banyaknya dahak yang diproduksi tubuh sehingga menggangu sistem pernafasan kita. Lendir yang diproduksi tubuh merupakan akibat adanya infeksi virus ataupun bakteri pada tenggorokan. Lendir atau dahak itu juga dapat menjadi salah satu tanda terjadinya masalah lain dalam tubuh seperti penyakit paru-paru, bronchitis, hingga kanker paru-paru. Sedangkan batuk kering biasanya tidak disertai dengan produksi dahak atau lendir yang berlebihan. Itu juga lah yang menyebabkan indikasi tenggorokan kering. Saat batuk kering biasanya menderita diwajibkan untuk minum air putih lebih banyak dibandingkan orang yang menderita batuk berdahak. Itu karena air putih mampu membuat tenggorokan kembali lembab dan mengurangi rasa sakit akibat iritasi.

2. Sakit saat menelan

Gejala tenggorokan kering berikutnya adalah sakit saat menelan. Rasa sakit itu akan muncul saat menelan makanan ataupun minuman. Itu karena tengorokan mengalami iritasi atau luka akibat tenggorokan yang kering.

3. Terasa Gatal

Tenggorokan kering juga biasanya ditandai dengan rasa gatal. Rasa gatal ditenggorkan sangat menggaggu aktivitas kita, bahkan kita biasanya dengan tidak sadar justru menggaruk bagian luar leher dengan tujuan menghilangkan gatal pada tenggorokan.

4. Pegal-Pegal

Saat tenggorokan kering biasnaya kita juga akan merasakan pegal-pegal pada hampir seluruh tubuh. Namun yang paling terasa biasanya adalah bagian leher. Itu karena saat tenggorokan kering usaha kita untuk menelan makanan atau bernafas akan lebih besar dibandingkan saat tidak sakit tenggorokan. Beberapa otot leher juga akan menjadi kaku sehingga menurunkan tingkat elastisitasnya.

5. Pilek

Pilek menjadi salah satu gejala anda terserang influenza atau batuk. pilek ditandai dengan banyaknya produksi lendir atau sering disebut ingus yang keluar dari hidung. Dalam kondisi pilek biasanya nafsu makan juga akan berkurang sehingga asupan air dan cairan kedalam tubuh yang melewati tenggorokan juga ikut berkurang. Karena itu tenggorokan juga dapat terasa kering.

6. Muntah

Muntah menjadi salah satu indikasi terjadinya masalah dalam sistem pencernaan dan pernafasan kita. Orang yang sering muntah akan membuat tenggoroka kering dan terasa tidak nyaman.


7. Demam

Demam adalah salah satu tanda bahwa tubuh mengalami gangguan. Salah satunya adalah saat tenggorokan yang kering. Demam menjadi ciri utama saat tubuh berusaha melawan zat atau racun yang berbahaya dianggap membahayakan tubuh.

8. Alergi

Alergi tidak hanya sebatas menyebabkan sesak nafas atau pun masalah pada kulit seperti gatal-gatal serta kemerahan. Alergi juga dapat menyebabkan tenggorokan tersa kering. Alergen atau zat yang menyebabkan alergi biasanya masuk dari mulut atau hidung yang masuk melalui tenggorokan.

9. Mulut Kering

Mulut kering dapat menjadi gejala tenggorokan kering. Mulut kering biasanya terjadi akibat produksi air liur atau saliva yang berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali. Air liur bukan hanya berfungsi untuk menghasikan enzim yang berguna sebagai penghancur makanan namun juga berfungsi melembabkan mulut dan tenggorokan. Kurangnya produksi air liur juga bisa terjadi karena anda mengalami dehidrasi, merokok, mengonsumsi obat-obatan tertentu, serta karena mengidap penyakit tertentu seperti kelain syaraf pada bagian kepala.

10. Bau Mulut

Bau mulut menjadi gejala atau ciri anda mengalami tenggorokan kering. Bakteri dan virus yang berkembang di mulut dan sekitar tenggorokan saat kering membuat mulut anda bau dan akan mengurangi tingkat percaya diri anda pastinya.

11. Sakit saat bernafas

Tidak hanya saat menelan. Jika tenggorokan anda benar-benar kering benafas pun akan terasa sakit.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab