Sponsors Link

Hidung Sering Gatal dan Bersin – Penyebab, Cara Mengatasi dan Mencegah

Sponsors Link

Hidung yang sering gatal disertai dengan bersin-bersin adalah hal yang sangat mengganggu. Anda pun tidak dapat menjalankan berbagai aktivitas sebagaimana mestinya. Kondisi hidung sering gatal dan sering bersin ini tidak boleh dianggap sepele, karena bisa jadi merupakan gejala penyakit yang serius jika tidak mendapat penanganan sesegera mungkin. Berikut dibahas lebih lanjut mengenai penyebab hidung gatal dan cara mengatasinya serta pencegahan yang perlu Anda ketahui.

ads

Penyebab Hidung Sering Gatal dan Bersin

Gejala hidung yang sering gatal mengindikasikan bahwa tubuh mengalami suatu masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Biasanya hidung yang sering gatal ini diikuti gejala lain seperti bersin-bersin dimana penyebab paling umumnya adalah flu atau alergi. Memang, keduanya hampir sama apalagi flu merupakan gejala awal tubuh mengalami alergi. Berikut diuraikan lebih dalam mengenai penyebab hidung sering gatal dan bersin yang patut Anda waspadai.

1. Rhinitis Alergi

Gejala atau ciri-ciri rhinitis alergi diantaranya seperti pilek, hidung tersumbat, bersin-bersin dan gatal pada mulut serta tenggorokan. Selain itu penderita rhinitis alergi juga dapat mengalami batuk, mata merah, gatal dan berair, mata kebiruan serta kelemahan dan kelelahan. Biasanya penyebab rhinitis alergi adalah serbuk sari bunga atau rumput, ketombe dan bulu binatang, spora jamur dan tungau debu.

2. Rhinitis Non Alergi

Rhinitis non alergi termasuk dalam macam-macam rhinitis yang biasanya tidak menyebabkan gatal pada hidung seperti rhinitis alergi. Namun, penderitanya mempunyai gejala seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, batuk dan lendir mengalir di belakang tenggorokan. Pemicu kondisi rhinitis alergi adalah debu, asap rokok, asap polusi, bau menyengat, makanan dan minuman tertenu serta obat-obatan tertentu.

3. Rhinosinusitis Viral

Rhinosinusitis viral merupakan suatu kondisi infeksi pada hidung dan sinus yang disebabkan oleh virus. Gejala rhinosinusitis viral diantaranya adalah bersin-bersin, hidung gatal, ingus berwarna bening, kuning atau kehijauan, demam, sakit kepala, gejala radang tenggorokan dan hidung tersumbat.

4. Sinusitis Akut dan Kronis

Sinusitis adalah suatu kondisi peradangan pada sinus. Gejala yang dialami oleh penderita sinusitis seperti pilek disertai lendir yang kental dan hijau, hidung sering gatal dan bersin-bersin serta gangguan penciuman. Sinusitis dibagi menjadi beberapa macam yakni sinusitis akut, sinusitis sub akut dan sinusistis kronis. Sinusitis akut gejalanya terjadi dalam waktu kurang 2 minggu dan sinusitis sub akut gejalanya terjadi dalam waktu 2-6 minggu. Sementara untuk sinusitis kronis, gejalanya terjadi dalam waktu lebih dari 12 minggu. Faktor penyebab sinusitis diantaranya virus, alergi, jamur serta bau menyengat.


Cara Mengatasi Hidung Sering Gatal dan Bersin

Dengan banyaknya berbagai kemungkinan terjadinya hidung sering gatal dan bersin, maka sebaiknya Anda memeriksakan gejala tersebut ke dokter.  Pihak medis pun akan menanyakan riwayat penyakit Anda, riwayat penyakit keluarga, gejala-gejala utama yang dirasakan serta gejala-gejala lain yang menyertai. Berikut dipaparkan beberapa cara mengatasi hidung sering gatal dan bersin menggunakan obat-obatan untuk mengatasi alerginya.

  1. Antihistamin, berkhasiat untuk penghambat histamin yang tubuh keluarkan saat alergi.
  2. Kortikosteroid, berkhasiat membantu peradangan dan pembekakkan.
  3. Dekongestan hidung, berkhasiat meredakan hidung tersumbat.

Cara  Mencegah Hidung Sering Gatal dan Bersin

Salah satu penyebab hidung sering gatal dan bersin terutama hidung sakit karena flu sangat berkaitan dengan kebersihan. Oleh karena itulah sangat penting untuk menjaga kebersihan di tempat tinggal Anda. Berikut disajikan cara pencegahan hidung sering gatal dan bersin-bersin.


  1. Sering mencuci hidung
  2. Hindari alergen atau infeksi yang menyebabkan gejala muncul
  3. Bersihkan tempat tidur, guling, bantal dan selimut sesering mungkin
  4. Gunakan filler udara dan pelembab udara atau humidifier
  5. Bersihkan juga sofa, karpet dan area pengumpul debu lainnya
  6. Gunakan masker saat membersihkan rumah dan ketika keluar rumah
  7. Jika alergen disebabkan oleh bulu binatang, maka jangan biarkan hewan berbulu masuk rumah
  8. Konsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga infeksi tidak mudah menyerang
  9. Kurangi kebiasaan merokok
  10. Istirahat cukup
  11. Rutin olahraga
  12. Hindari stres

Untuk mengatasi hidung sering gatal dan bersin dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar serta menjaga kesehatan tubuh sendiri. Jika gejala hidung sering gatal dan bersin sudah terjadi dalam 2 minggu dan tak kunjung sembuh maka konsultasilah dengan dokter. Jangan anggap remeh hidung sering gatal dan bersin karena hidung gatal dan bersin-bersin juga dapat menjadi penyebab polip hidung.

, ,