Sponsors Link

8 Jenis-Jenis Penyakit Yang Menyerang Hidung Wajib Diketahui

Sponsors Link

Hidung merupakan salah satu organ manusia yang rentan terkena penyakit. Jika terkena penyakit, maka hidung Anda akan mudah tersumbat oleh cairan yang menyebabkan Anda kesulitan untuk bernapas. Selain itu, akan sangat berdampak pada saluran pernapasan Anda.

ads

Tak hanya satu, namun terdapat berbagai penyakit yang berkemungkinan menyerang hidung Anda. Berbagai penyakit di hidung tersebut bahkan berkemungkinan untuk menyerang organ tubuh lainnya. Berikut ini jenis-jenis penyakit yang menyerang hidung Anda.

1. Salesma atau Cold dan Flu pada hidung

Salah satu jenis-jenis penyakit yang menyerang hidung ini adalah Cold dan Flu yang terjadi saat hidung terinfeksi oleh virus. Saat penyakit ini terjadi, Anda akan sering mengalami batuk, sakit disekitar leher, dan terkadang juga Anda akan mengalami demam semalaman bahkan disertai pusing dan sakit pada persendian.

Namun, gejala tersebut hanya akan terasa pada orang dewasa yang sedang mengalami cold dan flu. Bila terjadi pada anak-anak, biasanya akan disertai mencret.

2. Rhinitis Allergica

Bagi sebagian orang mungkin masih terasa asing pada penyakit ini. Rhinitis Allergica ini merupakan penyakit pada hidung yang terjadi karena peradangan dan disebabkan oleh alergi. Seperti pada namanya, disebabkan oleh alergi terhadap benda-benda asing yang masuk ke dalam saluran tenggorokan dan hidung akan secara otomatis merespon reaksi alergi tersebut. Dan terjadilah peradangan dihidung yang disebabkan oleh alergi.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan hidung Anda yang sering berair, mata yang terasa gatal, mudah lelah, bahkan batuk-batuk yang merupakan reaksi dari alergi tersebut. Umunya, rhinitis allergica ini berada dalam kategori ringan dan mudah diatasi, namun ketika gejala-gejala berat ikut muncul – maka akan menghambat aktivitas sehari-hari Anda.

3. Sinusitis

efek samping pasca operasi Sinusitis ini merupakan penyakit yang menyerang hidung dan cukup berbahaya bila tidak diatasi. Karena peyebaran virus sinusitis hingga pada area otak yang disalurkan oleh darah. Sinusitis ini merupakan peradangan pada area sinus – dimana sinus itu terletak di rongga-rongga tulang yang terhubung pada hidung. Sinusitis ini biasanya muncul dan membuat sekitar wajah Anda terasa nyeri, juga hidung akan sering tersumbat oleh cairan.

4. Polip Hidung

Polip ini dapat terjadi pada organ tubuh mana saja, terutama pada hidung. Polip di hidung ini berupa tumor kecil yang berada di hidung. Namun, tumor ini berjenis tumor jinak tapi Anda tetap harus waspada karena walaupun jinak tapi dapat berganti status menjadi tumor ganas seperti selayaknya penyakit kanker.

Polip di cara menghentikan pendarahan di hidung akibat benturan ini juga bewarna putih keabu-abuan dan mengkilat. Polip di hidung juga dapat membuat penderitanya mengalami gangguan pada indera penciumannya dan indera perasanya. Hal tersebut akan sangat berbahaya saat Anda tidak segera mengatasi polip yang mengganggu Anda.


5. Pilek (Hidung Tersumbat)

Pilek atau hidung tersumbat ini merupakan penyebab dari salesma. Saat penyakit ini diderita oleh anak-anak, biasanya terdapat lendir atau cairan yang menyumbat hidung dan menyebabkan infeksi pada telinga. Sedangkan pada dewasa, saat terkena pilek atau hidung tersumbat biasanya dapat membuat bahaya sinusitis kronis timbul atau peradangan dalam rongga tulang yang terhubung langsung ke area hidung.

6. Deviated Septum Nasal

Penyakit pada hidung selanjutnya ialah deviated septum nasal. Biasanya hidung memiliki dua rongga yang digunakan untuk bernapas dan memiliki ukuran yang sama. Namun, dalam kasus yang berbeda, ukuran rongga hidung ini akan berbeda. Jika deviated septum ini bersifat ringan – maka tidak akan membahayakan kesehatan Anda.

Tetapi, saat deviated septum ini bersifat ganas akan sangat berbahaya dan perlu melakukan operasi jika ingin mengobati penyakit ini. Gejala polip yang muncul biasanya akan terasa sakit pada sisi hidung, atau bahkan terasa di sisi sebaliknya yang berlawanan dari area pembengkokan. Saat itu terjadi, akan mengganggu pengeringan cara menghilangkan sinus di hidung Anda. Hal tersebut justru membuat Anda terkena infeksi obat tradisional sinusitis yang berulang.

7. Anosmia di Hidung

Penyakit hidung lainnya ialah anosmia. Anosmia ini merupakan penyakit yang berkaitan dengan indera penciuman Anda. Dimana anosmia ini membuat penderitanya tidak dapat mencium aroma apapun secara normal. Tak hanya bau dari benda, tetapi juga bau dari makanan. Anosmia ini dapat terjadi ketika Anda mengalami kecelakaan, gangguan pada saluran obat polip hidung di apotek, atau bahkan tumor sulkus olfaktorius.


Bila anda menderita anosmia berkepanjanga, maka akan membuat berat badan Anda menurun drastis, malnutrisi atau bahkan dapat membuat Anda depresi. Karena indera penciuman merupakan salah satu indera yang penting dalam tubuh. Ketika Anda menderita Anosmia, cukup konsultasikan saja ke dokter.

8. Dinosmia di Hidung

Dinosmia ini merupakan penyakit dimana penderitanya selalu mencium bau tidak sedap. Kebalikan dari anosmia, dinosmia ini membuat penderitanya selalu merasakan bau tidak sedap dimana saja bahkan saat sesuatu itu berbau wangi. Dinosmia ini terjadi karena adanya kelainan pada rongga hidung Anda, infeksi pada sinus, dan adanya kerusakan parsial pada saraf olfaktorius. Saat anda mengalami penyakit ini, segeralah konsultasikan ke dokter THT untuk mendapatkan pengobatan.

Dengan demikian, jenis-jenis penyakit yang menyerang hidung – mulai dari batas aman hingga yang berbahaya. Perlu Anda ketahui bahwa, saat penyakit Anda masih berstatus ringan – segeralah lakukan pengobatan. Karena hal tersebut dapat sewaktu-waktu berganti status menjadi berbahaya. Segeralah konsultasi ke dokter. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,