Sponsors Link

Kanker Nasofaring: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Sponsors Link

Menjaga kesehatan sistem pernapasan dan pendengaran merupakan hal yang penting. Di area THT yang masuk ke dalam sistem pernapasan dan pendengaran, ada banyak penyakit berbahaya yang mengintai. Kanker laring, presbikusis, sinusitis, amandel, dan kanker tenggorokan merupakan berbagai contoh penyakit yang dapat menyerang area THT.

ads

Selain itu, anda juga bisa terinfeksi kanker nasofaring yang juga sangat membahayakan area THT. Guna menghindari penyakit ini, anda perlu menambah pengetahuan seputar kanker nasofaring. Berikut ini beberapa hal yang wajib anda ketahui seputar kanker nasofaring.

Penyebab Kanker Nasofaring

Hingga saat ini, penyebab pasti dari kanker nasofaring belum diketahui. Namun, berdasarkan penelitian pada pasien kanker ini, ada hal-hal yang kemungkinan besar bisa menyebabkan sel kanker tumbuh subur di bagian nasofaring. Hal-hal yang dapat menyebabkan kanker nasofaring adalah:

  1. Virus EBV (Epstein-Barr Virus) yang merupakan salah satu jenis virus air liur. Jenis virus ini akan ditularkan melalui kontak langsung dan benda-benda yang sudah terkontaminasi virus.
  2. Usia. Faktor risiko terkena kanker nasofaring meningkat pada orang-orang yang berusia antara 30-50 tahun.
  3. Keturunan. Orang-orang yang memiliki riwayat keluarga menderita kanker nasofaring lebih besar kemungkinan juga terkena kanker ini.
  4. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol. Rokok dan alkohol memang menjadi faktor dari banyak penyakit di sistem THT karena zat-zat yang terkandung di dalamnya.
  5. Mengonsumsi makanan awetan dengan garam. Ikan asin dan berbagai jenis produk awetan yang mengandung banyak garam meningkatkan risiko kanker nasofaring.
  6. Terkontaminasi asap berbahaya. Sering menghirup asap rokok, pembakaran dengan minyak tanah, asap dari obat nyamuk bakar, asap pabrik, atau asap kayu bakar dapat menjadi penyebab kanker ini.

Gejala Kanker Nasofaring

Gejala-gejala yang akan anda alami ketika kanker menyerang bagian nasofaring adalah:

  1. Benjolan pada bagian leher. Sama seperti gejala kanker laring, anda akan merasakan benjolan pada area leher ketika sel kanker sudah berkembang di bagian nasofaring anda. Sel kanker ini akan tumbuh membentuk jaringan baru, yaitu tumor. Tumor inilah yang pada akhirnya menimbulkan benjolan.
  2. Pendengaran terganggu. Anda akan mengalami dengungan di bagian dalam telinga. Telinga anda juga akan terasa penuh dan tersumbat yang membuat pendengaran anda akan terganggu. Namun, pendengaran yang terganggu ini tidak akan disertai dengan rasa sakit apapun di bagian dalam telinga anda.
  3. Mimisan. Anda akan mengalami mimisan sedikit dari hidung. Walaupun sedikit, namun hal ini sering terjadi. Ini bisa menjadi gejala awal kanker yang berkembang di nasofaring.
  4. Hidung tersumbat. Penderita kanker ini juga akan mengalami gejala hidung tersumbat yang pada akhirnya akan menyebabkan pilek. Kejadian ini akan terjadi berulang-ulang dalam waktu yang singkat.
  5. Sakit tenggorokan. Anda mungkin akan merasakan sakit tenggorokan sebagai tanda-tanda amandel kambuh. Namun, anda juga akan merasakan sakit tenggorokan ketika ada kanker di bagian sekitar tenggorokan. Kanker di nasofaring dan laring merupakan penyakit yang juga akan membuat tenggorokan sakit. 

Cara Mengobati Kanker Nasofaring

Ketika anda telah didiagnosa mengidap kanker, maka anda harus segera melakukan pengobatan demi kesembuhan. Berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati kanker yang menyerang nasofaring adalah:

  1. Radioterapi. Seperti cara mengobati tuli saraf, radioterapi juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sel kanker di nasofaring. Radioterapi merupakan jenis pengobatan yang menggunakan bantuan sinar radiasi untuk membunuh sel kanker. Pengobatan jenis ini ampuh untuk menyembuhkan kanker yang masih berukuran kecil.
  2. Kemoterapi. Pengobatan jenis ini dilakukan dengan menggunakan obat-obatan tertentu. Obat yang digunakan akan membunuh sel kanker dan menyembuhkan kanker setelah proses operasi.
  3. Operasi atau Pembedahan. Operasi dipilih sebagai salah satu pengobatan berbagai jenis kanker. Operasi atau pembedahan menjadi cara menyembuhkan kanker tenggorokan dan pengobatan kanker laring yang ampuh. Pada kanker yang menyerang area nasofaring, pembedahan juga dilakukan untuk mengangkat tumor. Jenis pembedahan yang akan digunakan bergantung pada tingkat keparahan kanker yang diidap. Jika kanker masih pada stadium awal dan tumor berukuran kecil, maka pembedahan hanya akan dilakukan dengan mengangkat tumor tersebut. Sedangkan pada kanker dengan tumor yang sudah membesar pembedahan dapat mengangkat seluruh bagian nasofaring.

  4. Imunoterapi. Pengobatan ini dilakukan dengan memberikan obat-obatan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Jenis obat yang diberikan akan disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan kanker pada tubuh pasien. Selain untuk mengobati kanker pada nasofaring, imunoterapi juga bisa menjadi cara mengobati sinusitis.

Pencegahan Kanker Nasofaring

Bagaimanapun juga, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, sebelum anda terinfeksi kanker nasofaring, anda dapat melakukan berbagai pencegahan. Anda dapat melakukan pencegahan kanker nasofaring dengan cara memiliki gaya hidup sehat.

Gaya hidup yang tidak sehat dan lingkungan tempat tinggal yang terkontaminasi polusi berbahaya menjadi penyebab kanker yang tumbuh di nasofaring.

Oleh karena itu, untuk menghindari kanker ini anda harus memastikan pola dan gaya hidup yang anda jalani selalu sehat. Hindarilah rokok dan alkohol sepanjang hidup anda. Jika memang sudah terlanjur merokok, maka hentikanlah kebiasaan ini.

Ketika anda harus berada di lingkungan dengan kondisi udara yang tidak baik, maka anda sangat disarankan untuk menggunakan masker. Selain mencegah kanker pada nasofaring, gaya hidup sehat juga menjadi  cara mencegah kanker laring dan cara mencegah faringitis.

, , , ,