Sponsors Link

6 Penyebab Keluar Darah Dari Hidung Setelah Jatuh

Sponsors Link

Hidung menjadi indra penting manusia yang digunakan untuk bernafas dan mencium aroma sehingga kesehatan hidung sangat penting untuk di jaga agar tetap bisa berfungsi dengan normal. Jika keadaan hidung kurang sehat, maka tentu akan mengganggu proses pernafasan. Keluar darah dari hidung setelah jatuh menjadi salah satu penyebab mimisan yang tentu akan menimbulkan beberapa efek samping karena dampak hidung terbentur atau benturan yang terjadi pada saat terjatuh. Sebab, darah yang keluar dari hidung tersebut bukan terjadi karena mimisan biasa seperti karena cuaca, panas atau mengorek hidung saja, namun karena ada benturan keras yang terjadi saat seseorang terjatuh. Lalu, apa yang menjadi penyebab darah bisa keluar dari hidung pada saat terjatuh?, berikut penjelasan selengkapnya.

ads
  1. Terjadi Luka Pada Hidung

Pada saat terjatuh, maka benturan yang cukup keras bisa menyebabkan luka pada bagian dalam hidung. Dinding pembuluh darah di dalam hidung merupakan bagian yang sangat halus sehingga lebih rentan robek dan akhirnya terjadi pendarahan.

  1. Terjadi Fraktur Nasal

Fraktur nasal adalah gejala fisik yang bisa terjadi karena trauma fisik seperti terbentur atau terjatuh. Saat ini terjadi, maka kerusakan tulang rawan hidung akan terjadi dan akhirnya rongga bagian dalam hidung tersebut menjadi luka  atau robek dan timbul pendarahan yang keluar dari dalam hidung. Fraktur nasal ini tidak hanya bisa terjadi saat terjatuh, namun juga menjadi penyebab sinusitis.

  1. Septum Menyimpang

Septum menyimpang adalah dinding yang menjadi pemisah diantara lubang hidung kanan dan lubang hidung kiri sehingga bisa terlihat seimbang. Saat terjatuh, maka septum pemisah antara kedua lubang hidung kemungkinan akan menyimpang atau bergeser dan inilah yang juga bisa menjadi penyebab hidung keluar darah saat terjatuh.

  1. Organ Dalam Terluka

Apabila jatuh yang terjadi sangat keras, maka bisa menyebabkan organ bagian dalam tubuh atau pembuluh darah dalam tubuh bisa terkoyak karena tertusuk retakan tulang ataupun karena hentakan yang terlalu keras, maka pendarahan yang terjadi di dalam akan keluar lewat rongga hidung, mulut dan bahkan menjadi penyebab telinga berdarah karena masih berada dalam 1 saluran.

  1. Cedera Otak

Terjatuh dengan posisi kelapa yang terbentur langsung ke permukaan, maka tentunya akan mengakibatkan cedera kepala seperti beberapa pembuluh darah di kepala pecah. Aliran darah tersebut kemudian akan mengalir keluar dari hidung ataupun beberapa bagian lain seperti telinga dan mulut. Apabila tidak segera diobati, cedera otak ini bisa menyebabkan komplikasi yang sangat serius dan berbahaya.

  1. Memiliki Kelainan Pembekuan Darah

Memiliki kelainan pembekuan darah yang dalam istilah medis disebut dengan hemophilia adalah kelainan seseorang dalam pembekuan darah. Saat dalam keadaan normal, seseorang yang mengalami pendarahan kecil bisa berhenti dengan cepat, namun jika terjadi kelainan pembuluh darah, maka darah jadi sulit untuk berhenti bahkan jadi sangat rentan meskipun tidak terjadi luka namun terbentur, maka dinding pembuluh darah bisa robek dengan sendirinya. Jika ini terjadi, maka pendarahan akan sangat sulit dihentikan sehingga harus segera dibawah ke rumah sakit.

Keluar darah dari hidung setelah jatuh tidak boleh dianggap sepele sebab bisa menimbulkan komplikasi lain yang cukup membahayakan. Langkah terbaik yang bisa dilakukan sesudah anda, anak atau seseorang terjatuh dan mengeluarkan darah dari hidung, maka segera bawa ke dokter agar bisa di periksa lebih lanjut apakah terjadi masalah serius lain terjadi akibat terjatuh tersebut.

, ,




Oleh :
Kategori : Penyebab