Sponsors Link

Waspadai 10 Komplikasi Kanker Laring Berbahaya

Sponsors Link

Kanker laring disebut juga dengan kanker laringeal atau kanker pita suara. Kanker ini terjadi karena pertumbuhan jaringan tidak normal di dalam bagian laring. Pertumbuhan ini akan membuat munculnya tumor. 

ads

Tumor ini merupakan hasil dari perkembangan sel-sel di dalam laring yang tumbuh secara tidak beraturan sehingga menghasilkan jaringan ekstra. Tumor yang tumbuh di dalam laring ini tentu dapat mengganggu aktivitas normal yang dapat dilakukan oleh laring. Untuk mengidentifikasi kanker laring, anda dapat melihat dari gejala kanker laring yang anda alami. Misalnya, kesulitan menelan, kesulitan bernapas, batuk berdasar, pembengkakan pada bagian leher, sakit tenggorokan, dan lainnya.

Kanker laring dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti paparan debu dari logam berbahaya yang terjadi dalam waktu lama atau kebiasaan merokok. Apapun penyebab kanker laring yang anda alami, umumnya kanker laring akan memberikan komplikasi yang sama. Berbagai jenis komplikasi kanker laring yang mungkin akan anda alami adalah:

  1. Malnutrisi

Komplikasi kanker laring yang pertama adalah malnutrisi. Malnutrisi adalah kondisi yang terjadi pada tubuh anda yang tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup. Penyakit ini umum menyerang anak-anak. Namun, sebenarnya malnutrisi dapat terjadi pada siapa saja.

Bagi anda penderita kanker laring, anda akan mengalami kesulitan menelan. Selain itu, pertumbuhan jaringan kanker di laring akan mengambil banyak zat gizi dari tubuh anda.

  1. Kebisuan

Laring yang memiliki peran penting dari kegiatan produksi suara tentu akan menyebabkan masalah jika mengalami gangguan. Laring anda yang terkena kanker dapat membuat anda kesulitan mengeluarkan suara.

Kanker laring juga dapat menjadi salah satu penyebab anda mengalami kebisuan. Hal ini dapat terjadi jika kanker sudah sangat parah. Anda juga tidak mungkin lagi menghasilkan suara jika bagian laring anda sudah diangkat. Pengangkatan laring akan dilakukan ketika kanker laring anda sudah membesar dan membahayakan organ-organ lain di sekitarnya.

  1. Radang tenggorokan

Jaringan dan sel di sekitar laring dapat mengalami gangguan karena kanker yang terjadi di laring. Bagian yang paling dekat, seperti amandel dan tenggorokan sudah pasti akan menerima dampak dari kanker laring. Sel kanker laring yang sudah menyebar ke bagian di luar laring dapat menjadi penyebab infeksi amandel dan penyebab radang tenggorokan sering kambuh.

Kanker laring yang sudah menginfeksi bagian tenggorokan bisa membuat tenggorokan menjadi sangat sakit. Anda juga akan mengalami kesulitan bernapas dan suara anda akan menjadi lebih parau.

  1. Bau mulut

Komplikasi kanker laring berikutnya yang harus anda waspadai adalah bau mulut. Orang yang terkena kanker laring akan mengalami gangguan produksi air liur. Hal ini akan membuat mulut anda menjadi kering.

Mulut yang kering inilah yang akan membuat anda mengalami bau mulut. Selain itu, tumor pada laring dan radang tenggorokan yang terjadi juga dapat menjadi penyebab mulut anda berbau berbeda dari biasanya.

  1. Kelelahan

Kanker laring juga dapat membuat anda mengalami kelelahan ketika melakukan aktivitas harian. Rasa lelah ini bisa datang bahkan di saat anda tidak melakukan aktivitas berat. Anda akan sangat mudah mengalami kelelahan dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Hal ini dikarenakan kanker laring mengganggu sistem metabolisme di dalam tubuh anda.

  1. Gangguan fungsi lidah

Laring terletak di bagian pangkal lidah. Ketika laring terinfeksi kanker, sudah pasti hal ini akan mengganggu fungsi lidah anda. Anda mungkin tidak dapat menikmati makanan seperti dulu. Selain kesulitan menelan, fungsi indra pengecap anda akan berkurang. Bahkan, kanker laring dapat menyebabkan sariawan pada lidah. Hal ini akan menimbulkan rasa sakit ketika ada makanan atau minuman yang melewatinya.

  1. Sesak Napas

Komplikasi kanker laring berikutnya adalah sesak napas. Baik kamu bernapas melalui hidung atau mulut, udara haruslah melewati laring untuk sampai ke tenggorokan. Laring yang membengkak dapat menutup jalan pernapasan. Hal inilah yang akan membuat anda mengalami sesak napas karena udara sulit masuk ke paru-paru anda.


  1. Disfagia

Komplikasi kanker laring yang paling umum dan awal akan dirasakan adalah disfagia. Disfagia adaah kesulitan menelan. Apapun yang anda telan akan terasa sulit jika anda mengidap kanker laring.

Jika mengalami disfagia, anda akan membutuhkan usaha dan waktu lebih untuk membuat makanan dari mulut sampai ke lambung. Disfagia berkepanjangan salah satu penyebab anda akan mengalami malnutrisi.

  1. Mual dan Muntah

Kanker laring juga dapat membuat anda mengalami mual dan muntah. Terutama jika kanker laring yang anda alami disebabkan oleh GERD atau asam lambung.

  1. Penurunan Fungsi Sistem Imun

Kanker laring dapat membuat sistem imun anda berkurang. Sel kanker dapat menyerang bagian lain dari tubuh anda. Kesehatan anda akan terganggu karena sistem imun yang berkurang.

Jika sistem imun sudah berkurang, maka akan banyak penyakit lainnya yang menghampiri anda. Sistem imun yang berkurang dapat menjadi penyebab penyakit sinusitis, memperbesar risiko terkena tuli campuran, dan Ostosclerosis. Penyakit sinusitis merupakan salah satu penyakit berbahaya yang harus dihindari. Bahaya sinusitis kronis yang mungkin akan kamu alami adalah kehilangan fungsi hidung sebagai indra pembau.

Komplikasi yang disebabkan oleh kanker laring memang sangat membahayakan. Dokter akan menyarankan anda untuk menjalani pengobatan kanker laring agar komplikasi ini tidak semakin parah.

, , , ,