Sponsors Link

4 Komplikasi Rhinitis Alergi yang Membahayakan Kesehatan

Sponsors Link

Rhinitis alergi yang adalah salah satu dari macam macam rhinitis ini merupakan peradangan dan juga iritasi yang terjadi pada membran mukosa hidung dengan gejala umum seperti bersin dan hidung berair. Rhinitis yang terlihat hanya menimbulkan gejala ringan seperti flu menyebabkan penyakit ini sering diabaikan padahal ternyata jika tidak segera diobati bisa menyebabkan komplikasi yang jauh lebih berbahaya.

ads

Penderita rhinitis alergi juga bisa meningkatkan risiko lainnya seperti mudah marah, kesulitan untuk berkonsentrasi dan juga merasa mengantuk pada siang hari. Selain beberapa masalah yang sudah disebutkan, komplikasi rhinitis alergi juga semakin tinggi risikonya yang akan secara lengkap kami ulas dalam kesempatan kali ini.

  1. Sinusitis

Sinus yang terinfeksi dan mengalami peradangan merupakan salah satu dari komplikasi rhinits alergi yang umum terjadi. Sinusitis bisa terjadi karena lendir atau ingus yang dihasilkan sinus secara alami tidak dapat mengalir ke hidung lewat saluran kecil seperti biasanya yang menjadi salah satu faktor penyebab sinusitis. Ingus tersebut akan menumpuk dan menyumbat saluran yang akhirnya menyebabkan sinusitis.

Gejala sinusitis yang biasanya terjadi adalah demam, sakit gigi, hidung berair dan tersumbat serta rasa sakit di sekitar area mata, pipi dan juga dahi. Apabila sinusitis yang terjadi dikarenakan bakteri penyebab sinusitis, maka mengkonsumsi antibiotik sangat disarankan dengan mengikuti resep dari dokter.

Pastikan juga untuk selalu membaca petunjuk dalam kemasan sebelum mengkonsumsi beberapa jenis obat antibiotik sebab tidak semua orang bisa cocok atau diperbolehkan mengkonsumsi obat ini. Sebagai contoh, seseorang yang menderita asma atau tukak lambung tidak diperbolehkan mengkonsumsi aspirin atau ibuprofen dan juga tidak boleh dikonsumsi oleh anak yang berusia dibawah 16 tahun. Apabila sinusitis yang terjadi sangat kronis, maka operasi kemungkinan dilakukan untuk memperbaiki aliran sinus.

  1. Infeksi Telinga Bagian Tengah

Komplikasi rhinitis alergi selanjutnya juga bisa menjadi penyebab dari infeksi telinga bagian tengah atau dikenal dengan nama otitis media yakni gangguan yang terjadi pada tabung eustachian. Tabung eustachian tersebut ada di bagian belakang hidung yang menghubungkan bagian belakang hidung dengan telinga bagian tengah dan bertugas untuk mengalirkan cairan dna akhirnya menyebabkan gangguan fungsi daun telinga. Apabila cairan menumpuk dalam telinga bagian tengah yang disebabkan karena rhinitis alergi, maka akan berubah menjadi infeksi di telinga bagian tengah tersebut.

Infeksi telinga bagian tengah akan menimbulkan macam macam penyakit telinga dan gejala seperti penyebab telinga sakit dan terasa nyeri, hilangnya keseimbangan, demam tinggi, sakit kepala, penyebab telinga berdengung bahkan bisa menyebabkan hilangnya pendengaran. Saat ini terjadi, ibuprofen atau parasetamol bisa digunakan untuk meredakan gejala seperti demam dan nyeri. Kebanyakan infeksi telinga ini memang akan sembuh dalam beberapa hari, akan tetapi jika gejala yang dialami semakin parah dan berlangsung lama, maka segera temui dokter untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

  1. Polip Hidung

Polip hidung juga menjadi komplikasi rhinitis alergi dimana terjadi pembengkakan yang tumbuh dalam hidung dan bisa mengakibatkan radang selaput hidung. Ukuran dari polip hidung juga bervariasi dan bisa berwarna merah, abu abu atau kuning. Jika polip yang terjadi ukurannya besar, maka cara mengobati polip yakni operasi kemungkinan akan dilakukan, akan tetapi jika polip masih berukuran kecil, maka bisa diatasi dengan menggunakan obat semprot hidung steroid untuk melegakan hidung.


Polip ini tentunya akan mengganggu pernapasan, menghambat saluran sinus dan mengurangi kemampuan penciuman seseorang. Selain itu, jika penyebab polip hidung terus tumbuh secara berkelompok dan cukup besar, maka bisa menyebabkan terjadinya sinusitis.

  1. Disfungsi Tuba

Disfungsi tuba juga menjadi komplikasi rhinitis alergi yang disebabkan karena penyumbatan tuba. Sumbatan tersebut akan menyebabkan drainase, proteksi dan ventilasi atau aeresi telinga bagian tengah atau kavum timpani menjadi terganggu. Pada saat gangguan ini terjadi, maka akan menimbulkan beberapa kelainan pada telinga bagian tengah tergantung dari seberapa lama dan seberapa berat rhinitis alergi terjadi dan beberapa faktor lainnya.

Selain beberapa komplikasi rhinitis alergi yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa komplikasi lain yang bisa terjadi saat seseorang menderita rhinitis alergi seperti penyakit lain di pernafasan mulut khususnya pada anak anak dan asma bronkial.

, , ,
Oleh :
Kategori : Rhinitis