Sponsors Link

Macam-Macam Barotrauma dan Cara Pencegahannya

Sponsors Link

Naik pesawat terbang memang membuat cepat sampai ke tujuan. Namun sayangnya, inilah penyebab munculnya macam-macam barotrauma termasuk gejala amandel membesar. Sebuah penyakit akibat ketakstabilan tekanan udara yang dialami oleh manusia.

ads

Gangguan ini sangat berbahaya. Bahkan salah satu jenisnya, bisa menimbulkan kematian. Atas dasar itu, kami rilis macam-macam barotrauma lengkap dengan pengertian, penyebab dan gejalanya. Sedangkan di akhir nanti kami sertakan cara mencegahnya.

1. Barotrauma Telinga

Pengertian Barotrauma Telinga

Barotrauma telinga adalah penyakit barotrauma akibat hidung mimisan yang paling sering terjadi. Bahkan, hampir semua orang pasti pernah mengalaminya sekalipun hanya satu kali. Sebuah gangguan telinga akibat tekanan udara yang tidak seimbang.

Penyebab Barotrauma Telinga

Barotrauma telinga disebabkan oleh tekanan udara saat naik pesawat. Gangguan ini sering terjadi pada saat lepas landas atau saat akan mendarat. Hal ini dikarenakan, tekanan udara di daratan dengan di dalam kabin pesawat, apalagi sedang berada di ketinggian, tentu tidak sama.

Artinya, semakin tinggi posisi pesawat, tekanan udara akan semakin rendah. Ini yang membuat telinga tidak nyaman.

Gejala Barotrauma Telinga

Barotrauma telinga penyebab amandel membengkak memiliki tanda-tanda tertentu. Gejala inilah yang harus diperhatikan supaya tidak salah ketika melakukan deteksi gangguan.

  • Rasa tidak nyaman pada kedua telinga
  • Nyeri telinga
  • Pendengaran berkurang
  • Pusing

Jika tidak segera dilakukan tindakan, maka gangguan akibat penyakit polip akan terjadi terus menerus. Bahkan gejalanya semakin meningkat dan efeknya lebih berbahaya.

  • Nyeri hebat di telinga
  • Telinga berdengung
  • Vertigo
  • Muntah
  • Perdarahan atau keluar cairan dari telinga
  • Hilangnya pendengaran

Gejala inilah yang membedakan barotrauma telinga dengan jenis yang lain. Sekalipun efek bahayanya sama besar jika tidak segera diobati.

2. Barotrauma Paru Paru

Barotrauma tidak hanya menyerang telinga. Tetapi juga melanda organ paru paru manusia. Ini yang perlu diwaspadai. Sebab, jika gejala radang hidung tidak segera diatasi, nyawa manusia bisa terancam.


Pengertian Barotrauma Paru Paru

Barotrauma paru paru ialah gangguan pernafasan karena perbedaan  tekanan udara di permukaan dan di dalam air. Akibatnya, jika masuk terlalu dalam, oksigen di dalam paru paru semakin berkurang. Jaringan paru paru akhirnya mati.

Ini yang mengakibatkan manusia tidak bisa berlama-lama di dalam air. Karena semakin lama, oksigen di dalam paru paru semakin habis. Jika dipaksa, kantung udara paru bisa pecah.

Penyebab Barotrauma Paru Paru

Ada banyak penyebab barotrauma paru paru dan ciri ciri radang tenggorokan. Namun, kasus yang sering terjadi disebabkan oleh dua hal saja. Ironinya, jika orang sudah mengalami gangguan ini, secara genetik itu bisa diwariskan ke generasi selanjutnya.

1. Karena Aktivitas Penyelaman

Penyebab yang pertama ialah karena aktivitas penyelaman.  Resiko ini bisa terjadi, jika si penyelam tidak berpengalaman atau tidak memiliki lisensi yang bagus. Sehingga, mereka tidak memahami berapa jarak kedalaman yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan untuk menyelam.

2. Penggunaan Alat Bantu Pernafasan

Alat medis yang berfungsi sebagai alat bantu pernafasan yang disebut ventilator, ternyata bisa menimbulkan barotrauma paru paru. Maka dari itu, jangan asal guna melainkan cek dulu kondisi paru paru pasien.


Gejala Barotrauma Paru paru

Gejala barotrauma paru paru atau tanda tanda amandel dengan barotrauma telinga berbeda. Yang jelas, kualitasnya lebih meningkat bahkan lebih berbahaya. Seperti sesak napas, nyeri di bagian dada serta suara serak.

Jika gejala ini tidak segera diatasi, komplikasi penyakit juga bisa menyerang. Karena ini efek dari kurangnya oksigen yang masuk ke dalam organ manusia. Karena itu, tindakan medis adalah cara yang tidak bisa ditawar.

3. Barotrauma Sistem Pencernaan

Macam-macam barotrauma dan bahaya kanker nasofaring yang terakhir ialah barotrauma sistem pencernaan. Ini bisa menyerang di lokasi manapun. Baik di jalur usus, tenggorokan, mulut hingga lambung.

Tips Pencegahan Seluruh Jenis Barotrauma

Apapun macam macam barotrauma dan gejala kanker nasofaring, pasien harus mencegahnya sejak dini. Supaya tidak terjadi kerusakan yang lebih parah pada organ telinga, paru paru dan saluran pencernaan.

Bahkan, ada beberapa gejala yang mengharuskan pasien segera dirujuk ke rumah sakit. Karena tanda-tanda tersebut merupakan bukti kalau penyakit sudah menyebar ke banyak organ tubuh.

  • Batuk darah
  • Sesak napas
  • Kehilangan keseimbangan
  • Kelumpuhan pada lengan atau tungkai
  • Kesadaran menurun

Cara pencegahan macam macam barotrauma dan bahaya kanker laring ialah, selalu melakukan tes medis sebelum aktivitas penyelaman, tidak naik pesawat saat tubuh sedang flu, menguap dan makan permen serta diberlakukan terapi oksigen hiperbarik.

, , , ,