Sponsors Link

16 Makanan Pasca Operas Polip yang Wajib di Hindari dan Dikonsumsi

Sponsors Link

Polip dalam istilah kesehatan berarti radang dengan ukuran sel-nya yang membesar. Polip sendiri terbagi atas dua jenis, diantaranya yaitu polip bertangkai yaitu polip yang menempel pada dinding organ sedangkan yang kedua adalah polip sessile yaitu polip yang tumbuh langsung dari dinding organ. Penyakit ini dapat muncul di bagian tubuh mana saja, seperti hidung, serviks, usus besar, perut, uterus bahkan pada telinga.

ads

Penyakit ini biasanya muncul secara tiba-tiba tergantung pada kondisi kekebalan tubuh Anda. Ini dapat disebabkan oleh asupan makanan yang tidak teratur. Termasuk saat polip datang menyerang, Anda tetap harus menjaga asupan makanan yang dapat membantu kesehatan tubuh Anda dan menghindari makanan yang justru dapat memperparah kondisi kesehatan Anda. Berikut beberapa jenis makanan pasca operasi polip yang baik dan tidak dianjurkan.

Makanan Yang Dianjurkan

Berikut ini beberapa makanan pasca operasi polip yang baik dan dianjurkan bagi penderitanya , sebagai berikut :

1. Makanan yang mengandung vitamin B

Ini dikarenakan vitamin B dapat melepaskan energi yang didapat dari karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Seperti Ayam, Ikan, Telur, dan sayuran hijau.

2. Makanan antioksidan

Makanan yang mengandung antioksidan dapat mengurangi, menghentikan bahkan cara mencegah faringitis kerusakan sel yang mungkin terjadi pada tubuh. Ini juga sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan bagi penderita polip. Makanan ini termasuk, daun bawang, mangga, wortel serta teh hijau.

3. Makanan yang mengandung kalsium tinggi

Kalsium membantu tubuh kita untuk tetap sehat dan terhindari dari berbagai penyakit. Ini dapat ditemukan pada susu, ikan sarden, ikan salmon, dan tahu. Makanan ini juga dapat membantu proses penyembuhan polip yang Anda alami.

4. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan khasiat. Maka dari itu selain sebagai bahan masakan, kunyit juga dapat digunakan sebagai obat anti septik dan mengurangi pembengkakan selaput lendir. Kunyit juga dapat menyembuhkan hidung yang terserang penyakit seperti tersumbat atau polip.

5. Madu

Madu memang terkenal dengan berbagai khasiatnya, mulai dari kecantikan hingga kesehatan. Bagi kesehatan, madu dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan memusnahkan bakteri dalam tubuh. Madu juga dapat mengurangi batuk bagi penderita polip hidung.

6. Bawang merah

Bawang merah ternyata memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Bawang merah juga mengandung antioksidan dan baik untuk jantung. Mengonsumsi bawang merah membantu melawan pertumbuhan tumor dan mendukung kerja hormon agar dapat menjaga tubuh kita tetap sehat. Ini juga bagus bagi penderita polip serviks. 


7. Tomat

Tomat ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama bagi penderita polip. Selain pada beberapa penyakit, tomat juga dapat mengurangi resiko kematian dan obesitas Anda secara keseluruhan. Tomat juga baik dikonsumsi bagi penderita polip di perut.

8. Lobak

Lobak juga makanan yang kaya akan khasiatnya, terutama pada lobak putih. Lobak putih menganduk zat besi dan kalsium serta vitamin B, serta dapat membantu pengobatan kanker dan penyembuhan polip di hidung. Lobak putih juga berperan sebagai penawar racun di dalam tubuh.

Pantangan yang Perlu di Hindari

Selain dari Makanan Pasca Operas Polip yang dianjurkan, ternyata penderita polip juga harus menghindari makanan ini untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah polip atau penyakit lain datang kembali.

1. Makanan Instan

Ini merupakan makanan yang patut dihindari bukan hanya bagi penderita polip tapi berbagai jenis penyakit. Makan makanan instan dapat menggangu sistem metabolisme tubuh. Karena didalamnya tedapat berbagai campuran zat kimia  dan rendah gizi. Oleh karena itu, mengurangi dan menghindari makan makanan instan dapat membuat tubuh Anda tetap sehat.

2. Makanan yang digoreng dan atau dibakar

Mengkonsumsi makanan yang digoreng atau di bakar terlalu berlebihan dapat meningkatkan resiko kanker pada tubuh, dan menyebabkan asam lambung naik. Ini juga dapat menghambat proses penyembuhan bagi penderita polip, khususnya polip pada perut dan usus.

3. Daging berkolestrol tinggi

Hal ini disebabkan kolesterol dapat meningkatkan tekanan darah dan menimbulkan komplikasi pada jantung. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi dapat menimbulkan penyakit baru dan bahkan memperlambat proses pemulihan pasca bahaya operasi sinusitis polip Anda. Makanan dengan tingkat kolesterol tinggi, yaitu kuning telur, hati ayam, butter, udang, dan keju.

4. Seafood

Mengapa demikian? Karena ternyata di dalam makanan yang cocok untuk sakit tenggorokan, makanan laut mengandung merkuri atau zat-zat yang berada di laut, dimana merkuri berasal dari limbah atau pembuangan bahan bakar dari kapal. Selain tingkat kolesterolnya yang tinggi pun, mengandung bakteri salmonella dan mengganggu kesehatan tubuh. Ini sangat tida dianjurkan jika Anda dalam proses pemulihan pasca proses operasi plastik hidung polip, untuk mencegah polip datang kembali.

5. Makanan atau Minuman dingin

Mengonsumsi makanan yang dilarang setelah operasi sinus dan minuman dingin tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebih, Hal ini dapat memperlambat proses penyembuhan Anda pasca operasi dan bahkan dapat menimbulkan beberapa gejala penyakit susulan seperti sakit kepala, pusing disertai mimisan, nyeri disekitar kepala dan memperlambat sistem metabolisme tubuh.

6. Olahan Kedelai

Disamping manfaat nya bagi tubuh, ternyata olahan kedelai juga memiliki efek samping infeksi telinga jika dikonsumsi secara berlebih, terkhusus jika Anda dalam proses penyembuhan pasca operasi polip. Seperti di dalam tempe, terdapat goitrogen yang dapat mengganggu fungsi tirodi, serta asam phytic yang dapat menghalangi penyerapan mineral dalam tubuh.

7. Hindari beberapa jenis sayuran

Sayuran yang dimaksud adalah sawi putih, kangkung, tauge dan bumbu yang menyengat. Ini dikarenakan sayuran tersebut dapat mengurangi kerja obat-obatan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, tauge mengandung zat yang dapat memicu perkembangan sel kanker. Oleh sebab itu, tidak mengonsumsi sayuran ini ketika Anda sedang dalam proses pemulihan.

8. Alkohol

Tidak hanya minuman, terdapat beberapa masakan yang dimasak menggunakan alkohol. Karena alkohol dapat membuka peluang bagi penyakit baru untuk masuk ke dalam tubuh Anda, seperti tekanan darah tinggi, denyut jantung abnormal, bahkan anemia. Dengan begitu, justru akan memperlambat proses pemulihan Anda dan menambah penyakit baru untuk datang.

Demikianlah beberapa Makanan Pasca Operas Polip yang perlu anda penuhi selama masa penyembuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan tetap jaga kesehatan Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan