Sponsors Link

10 Makanan Pereda Sakit Tenggorokan Yang Aman di Konsumsi

Sponsors Link

Saat sakit tenggorokan melanda, Kita sering kali merasa sulit untuk menelan dan akhirnya membuat kita untuk susah makan. Ketika kekurangan asupan makanan bergizi, akan berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh kita yang semakin menurun. Hal tersebut dapat berpotensi menimbulkan penyakit lainnya untuk datang.

ads

Untuk itu, walaupun sakit tenggorokan menyerang, sebaiknya kita tetap mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan. Termasuk makanan yang dapat membantu kita meredakan sakit tenggorokan.

Lalu, makanan seperti apa yang dapat membantu penyembuhan tenggorokan? Berikut ini makanan pereda sakit tenggorokan yang dapat kita konsumsi untuk mencegah virus semakin menyebar.

  1. Dengan Pisang

Makanan pereda sakit tenggorokan yang dapat dikonsumsi yaitu pisang. Pisang merupakan buah yang tidak terasa asam – karena rasa asam akan membuat tenggorokan semakin parah – dan sangat lembut untuk tenggorokan Anda. Pisang juga akan memudahkan Anda untuk menelan karena teksturnya yang lembut. Hal ini juga didukung oleh kandungan pisang seperti vitamin B6, kalium dan vitamin C.

2. Sup Ayam

Makanan yang dilarang setelah operasi sinus selanjutnya yang dapat Anda konsumsi adalah sup ayam. Sup ayam yang pada umumnya sangat memudahkan kita untuk makan terutama saat sakit tenggorokan. Sup ayam yang tentunya masih dalam keadaan panas atau hangat sangat efektif meredakan sakit tenggorokan karena sifatnya sebagai anti inflamasi. Selain itu, sup ayam juga mampu mengencerkan lendir dan melegakan hidung tersumbat.

Anda dapat membuat sup ayam yang berisi kentang, wortel, seledri, lobak dan atau bawang putih yang akan membantu mengencerkan lendir dan meredakan rasa sakit dan gatal pada tenggorokan Anda.

3. Jus Lemon Dan Madu

Campuran jus lemon dan madu juga dapat Anda konsumsi untuk meredakan sakit tenggorokan Anda. Karena madu dapat membantu mengencerkan lendir, melegakan pernapasan dan juga mengurangi rasa asam pada lemon. Hal ini juga disebabkan oleh madu yang berguna sebagai anti inflamasi dan anti peradangan. Anda dapat mengonsumsi jus lemon dan menambahkan beberapa tetes madu sesuai selera. Sebaiknya dikonsumsi seperlunya hingga sakit tenggorokan Anda mereda.

4. Putih Telur

Belum banyak yang mengetahui bahwa ternyata putih telur dapat membantu Anda meredakan sakit tenggorokan. Putih telur utuh ini dapat mencegah peradangan dan mencegah virus dan bakteri semakin menyebar. Sebaiknya, saat mengonsumsi putih telur tidak mencampurkan dengan berbagai macam bumbu. Anda dapat mengonsumsi putih telur yang direbus, dan jangan mengonsumsi putih telur yang di goreng. Karena makanan yang mengandung minyak akan mendorong kelenjar lendir berproduksi semakin banyak.

5. Jahe

Jahe juga membantu meredakan sakit obat tenggorokan gatal Anda. Sifatnya hampir sama dengan yang lain yaitu sebagai anti inflamasi. Anda dapat merebus jahe dan meminumnya selagi hangat, ini akan membantu melegakan pernapasan Anda dan meredakan rasa sakit pada tenggorokan Anda. Atau Anda dapat mencampurkan jahe pada segelah teh panas jika menginginkan rasa manis.


6. Teh Madu

Teh madu ini khasiatnya hampir sama dengan teh jahe. Namun, jika Anda tidak dapat mengonsumsi jahe – Anda dapat menggunakan teh madu hangat sebagai pilihannya. Cukup tambahkan beberapa tetes madu pada teh panas, dan sebaiknya mengurangi konsumsi gula pada teh madu karena madu telah memiliki rasa manis. Anda dapat mengonsumsi teh madu saat pagi hari ataupun malam hari sebelum tidur.

7. Oatmeal

Makanan selanjutnya adalah oatmeal. Oatmeal ini merupakan makanan yang tingkat seratnya sangat tinggi. Namun, sangat baik dikonsumsi untuk meredakan sakit pengobatan alami radang tenggorokan yang Anda alami. Selain itu, oatmeal ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga nutrisi Anda dapat terpenuhi walau dalam keadaan sakit. Anda dapat membuat oatmeal dengan pisang atau madu yang memiliki khasiat mengatasi radang tenggorokan. Konsumsi ini di pagi hari untuk mendapatkan rasa yang lebih hangat.

8. Rebusan Wortel

Wortel juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan cara mengobati tenggorokan perih Anda. Namun, untuk mendapatkan khasiatnya Anda perlu merebus terlebih dahulu wortel tersebut atau dikukus. Karena saat wortel direbus Anda akan merasakan khasiat dari vitamin A, vitamin K, vitamin C, potasium dan serat yang akan meredakan peradangan. Sebaiknya, jangan mengonsumsi wortel dalam keadaan mentah, karena akan memperparah peradangan tenggorokan. 


9. Bawang Putih

Bawang putih juga sangat ampuh dalam mengatasi peradangan atau sakit tenggorokan. Hal ini didukung oleh sifat bawang putih yaitu anti bakteri dan anti virus yang dapat mencegah penyebaran virus dan bakteri. Bawang putih juga sebagai antibiotik alami yang tidak hanya digunakan pada makanan yang cocok untuk sakit tenggorokan, namun juga berlaku pada sinusitis. Anda dapat mengonsumsi bawang putih pada sup atau dengan mengunyahnya begitu saja. Konsumsi bawang putih hingga rasa sakit tersebut mereda dan jangan mengonsumsi terlalu banyak.

10. Jamur

Jika Anda sangat menyukai jamur, maka ini dapat menjadi pilihan tepat ketika Anda mengalami sakit tenggorokan. Tidak hanya rasanya yang enak, jamur juga dapat menyembuhkan rasa gatal dan sakit pada pantangan makanan radang tenggorokan. Sebaiknya, jamur dikonsumsi bersama dengan sup ayam atau Anda dapat membuat sup jamur hangat.

Dengan demikian, itulah makanan pereda sakit tenggorokan yang dapat Anda konsumsi dirumah secara alami dan juga mampu menjaga nutrisi dalam tubuh Anda. Mulailah untuk hidup sehat dan mengonsumsi makanan untuk penderita radang tenggorokan yang sehat pula. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :