Sponsors Link

8 Makanan Untuk Penderita Amandel yang Aman dan Menyehatkan

Sponsors Link

Apa yang kita konsumsi tentu akan memberikan dampak pada kesehatan tubuh kita di kemudian hari. Jika kita konsumsi makanan yang sehat dengan diimbangi pola hidup sehat, maka dampaknya adalah kita akan mendapatkan tubuh yang sehat.

ads

Begitu pula sebaliknya, jika kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, berlemak, berkolesterol, dan juga tidak mengandung gizi sempurna maka dampaknya kita akan rentan terserang penyakit.

Bagi penderita amandel sendiri, selain perlu memperhatikan antibiotik untuk amandel kronis juga perlu menjaga asupan makanan dan minuman setiap hari. Karena alih-alih tubuh semakin sehat, jika salah makan, amandel dapat kambuh sehingga terjadi peradangan. Padahal bahaya amandel sendiri dapat mengintai siapapun. Tentu anda tidak mau bukan jika terganggu dengan rasa sakit amandel yang meradang?

Kali ini kita akan mulai untuk mendiskusikan tentang makanan untuk penderita amandel. Setidaknya dengan mengkonsumsi makanan berikut, penderita dapat pulih lebih cepat atau terhindar dari peradangan kelenjar amandel.

  • Bubur

Kenapa bubur tepat untuk penderita amandel? Hal ini disebabkan oleh tekstur dari bubur yang cenderung halus, memudahkan kita dalam menelannya. Ketika amandel meradang, kesulitan menelan dan rasa sakit ditenggorokan akan sangat menggangu. Oleh karena itu konsumsi makanan bertekstur halus sangat dibutuhkan untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

  • Bayam

Sayuran bayam dipercaya dapat menyembuhkan tenggorokan yang sakit dan gatal serta infeksi. Selain itu sayur bayam juga baik untuk kesehatan dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Kentang

Kentang yang dikukus lalu ditumbuk halus juga baik untuk penderita amandel. Selain lebih mudah ditelan dibandingkan dengan nasi, tekstur, rasa serta kemudahan memasak kentang juga menjadi nilai tambah.

Selain itu kentang juga baik untuk kesehatan penderita diabetes karena kandungan gulanya yang lebih rendah. Serta kentang membuat kenyang lebih lama, cocok bagi anda yang sedang diet.

  • Jahe

Kandungan pada jahe juga membantu penyembuhan pada peradangan amandel. Selain itu jahe juga dipercaya mampu meredakan sakit pada tenggorokan termasuk radang pada tenggorokan.

  • Madu

Selain baik untuk kekebalan tubuh, ternyata madu juga dapat digunakan untuk mengurangi sakit akibat peradangan amandel. Mencampur madu dengan air hangat dan sedikit lada dapat membantu mengurangi sakit radang amandel.


  • Makanan Hangat

Selain makanan bertekstur lembut dan mudah ditelan, makanan yang hangat juga meredakan sakit yang muncul pada tenggorokan dan area mulut ketika amandel meradang. Tidak ada salahnya mengkonsumsi minuman atau makanan hangat ketika penyakit anda kambuh. Asalkan tidak terlalu panas saja, sehingga anda harus memastikan suhunya dengan tepat.

  • Buah-buahan

Segala macam buah-buahan khususnya yang mengandung vitamin C sangat baik bagi penderita amandel. Jeruk serta pepaya merupakan makanan untuk penderita amandel yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga membantu proses pemulihan. Anda juga dapat mengkonsumsi berry, pepaya, nanas, atau buah-buahan yang menyegarkan lainnya.

  • Sayur-sayuran

Selain buah-buahan, sayuran juga diketahui merupakan makanan untuk penderita amandel terbaik. Karena sayuran sangat baik untuk meningkatkan kesehatan serta imunitas tubuh. Mengkonsumsi sayuran secara rutin akan memberi asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh untuk segera pulih dari peradangan amandel.

Selain mengetahui tentang makanan yang baik untuk penderita amandel, anda yang saat ini masih sehat juga perlu tahu tentang faktor penyebab amandel dan makanan penyebab amandel.

, , ,