Sponsors Link

10 Jenis Makanan untuk Penderita Radang Tenggorokan yang Baik

Sponsors Link

Radang tenggorokan tidak hanya menimbulkan permasalahan pada tenggorokan saja. Inflamasi yang terjadi pada tenggorokan kadang merembet pada keluhan demam, lemas, dan tidak memiliki nafsu makan karena sakit saat menelan. Akan tetapi, tidak memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda justru akan memperlambat proses penyembuhan. Dengan begitu, dampak radang tenggorokan yang buruk bisa saja bertambah parah.

ads

Oleh karena itu, Anda harus memaksakan diri untuk makan. Sebagai permulaan, Anda bisa memilih 10 jenis makanan untuk penderita radang tenggorokan yang baik dan tidak akan menimbulkan rasa perih dan sakit seperti berikut ini.

  1. Pasta Hangat (Makaroni Lembut dan Keju)

Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia, akan tetapi tekstur nasi yang keras dan kebiasaan mengunyah yang tidak baik akan membuatnya susah ditelan. Sebagai motivasi agar cepat sembuh, tidak ada salahnya Anda mencoba pasta hangat yang terbuat dari makaroni serta keju. Tentu saja pasta yang dibuat tidak boleh ditambah dengan saus atau bumbu yang menusuk. Keju saja sudah cukup sebagai perisa.

  1. Oatmeal dan Sereal Hangat

Selain pasta, mengonsumsi oatmeal atau sereal selagi hangat juga cukup ampuh untuk mengatasi tenggorokan yang membuat Anda sakit saat menelan. Oatmeal cenderung memiliki tekstur yang lembut apalagi jika ditambah dengan susu, menjadikannya makanan untuk penderita radang tenggorokan yang ideal. Selain itu, mengonsumsi oatmeal akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga proses menelan makanan bisa dilakukan sejarang mungkin.

  1. Agar-Agar

Pilihan lain untuk mendapatkan nutrisi ketika Anda sulit menelan karena radang tenggorokan adalah agar-agar. Agar-agar memiliki tekstru yang lembut dan mudah ditelan tanpa usaha. Beberapa jenis agar-agar malah bisa langsung pecah ketika masuk ke dalam mulut Anda. Agar-agar juga baik disajikan bagi anak Anda yang mulai menunjukkan ciri radang tenggorokan pada anak.

  1. Yoghurt

Yoghurt bisa menjadi pengganti agar-agar bagi penderita radang tenggorokan dewasa. Akan tetapi, pintar-pintarlah dalam memilih yoghurt. Disarankan bagi Anda untuk memilih yoghurt tanpa rasa atau plain. Jangan sekali-kali mengonsumsi yoghurt dengan perisa buah yang asam karena akan membuat radang tenggorokan Anda semakin parah.

  1. Olahan Sayur

Agar tubuh Anda tetap mendapatkan nurtisi yang cukup dan beragam hingga mampu mengatasi radang tenggorokan yang tidak sembuh-sembuh, cobalah untuk mengonsumsi sayuran yang diolah. Anda bisa membuatnya menjadi sayur dengan proporsi kuah yang banyak dan membuat teksturnya lembut tanpa matang berlebihan. Dengan begitu, sayur yang masuk ke dalam kategori makanan untuk penderita radang tenggorokan yang baik akan lebih mudah ditelan.


  1. Smoothies

Cara lain untuk menikmati sayur adalah dengan menjadikannya smoothies. Tekstur smoothies tentu lebih mudah ditelan tanpa menghilangkan banyak nutrisi dari sayur di dalamnya. Anda bisa mengganti lauk makan Anda dengan smoothie sayur dalam beberapa kesempatan. Selain sayur, Anda juga bisa mengolah buah-buahan segar untuk dijadikan smoothies. Akan tetapi jangan menggunakan buah dengan kadar asam yang tinggi seperti jeruk. Pilihlah buah pisang, anggur, atau apel.

  1. Mashed Potatoes

Memenuhi kebutuhan terhadap karbohidrat tanpa mengonsumsi nasi bisa Anda penuhi dengan mengonsumsi mashed potatoes atau kentang tumbuh. Kentang tumbuh adalah jenis makanan populer yang selain nikmat juga memiliki tekstur yang lembut dan mudah ditelan. Beberapa varian kentang tumbuk menggunakan campuran telur agar nutrisi di dalamnya semakin kaya.

Taburkanlah garam atau merica agar semakin tasty dan bisa dengan mudah dinikmati oleh penderita radang tenggorokan ataupun amandel. Kenali perbedaan amandel dan radang tenggorokan agar Anda bisa menentukan penanganan yang tepat terhadap keduanya.

  1. Sup Kaldu dan Krim

Sup kaldu hangat dengan campuran bawang putih dan rempah sangat bagus untuk kesehatan tenggorokan Anda. Selain bisa memberikan efek bilasan untuk menarik bakteri dari tenggorokan Anda yang meradang, banyak mikronutrisi dalam cairan kaldu atau krim yang baik untuk kesehatan tenggorokan Anda. Dalam bawang putih atau jahe dan kunyit misalnya, terdapat senyawa antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan, serta antibakteri yang dapat membunuh bakteri dan kuman.


  1. Susu dan Madu

Tidak ada yang menyangkal manfaat besar dari susu dan madu. Salah satu manfaat dari dua jenis bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai menu ini bagus untuk kesehatan tenggorokan yang tengah meradang. susu dan Madu memanglah makanan untuk penderita radang tenggorokan yang bernutrisi. Selain bagus setelah dicerna, madu bisa menyembuhkan dan meredakan peradangan baik yang terletak di luar sistem tubuh maupun di bagian dalam seperti radang tenggorokan.

  1. Telur Rebus

Protein adalah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh ketika Anda mengalami radang tenggorokan. Anda bisa memenuhi kebutuhan tubuh Anda terhadap protein dengan mengonsumsi telur. Disarankan untuk mengonsumsi telur rebus karena diolah tanpa minyak dan hasil yang lembut. Dengan begitu, telur akan lebih mudah ditelan.

Radang tenggorokan memang bisa membuat penderitanya tersiksa, akan tetapi terlalu berlebihan jika sampai membuat Anda putus asa. Anda bisa menemukan banyak cara menghilangkan radang tenggorokan dengan cepat. Hal yang perlu Anda cermati adalah ketika beberapa keluhan lain muncul seperti benjolan, sulit bernapas, hingga sakit telinga, dan darah dalam air liur. Maka, Anda harus segera melakukan pemeriksaan.

, ,