Sponsors Link

10 Makanan yang Baik Pasca Operasi Sinusitis Efektif Mempercepat Pemulihan

Sponsors Link

Ada beberapa makanan yang baik untuk pasca operasi sinusitis dapat dikonsumsi oleh pasien sinusitis. Di dalam dunia kedokteran sinusitis merupakan penyakit yang paling umum dan tingkat penyakit sinusits ini bisa mencapai tingkat yang sangat parah (tingkat kronis). Dimana untuk penyembuhan penyakit sinusitis tersebut ialah dengan melakukan tindakan operasi.

ads

Dalam melakukan operasi sinusitis ini para dokter menggunakan beberapa metode seperti FESS endoskopi, teknik killian, ataupun teknis yang lainnya untuk menjamin penyembuhan dalam menjalani operasi sinusitis agar memberikan hasil yang maksimal sesuai dengan harapan.

Setelah menjalani operasi sinusitis pasien harus melakukan beberapa kegiatan secara rutin seperti melatih pernafasan dengan cara berolahraga ringan dan jangan lupa untuk menggunakan masker ketika beraktivitas diluar ruangan.

Selain melakukan olahraga, banyak mengkonsumsi aneka buah dan sayur-sayuran yang telah diolah dengan benar untuk memenuhi nutrisi dan gizi. Disini akan dibahas tentang beberapa Makanan yang Baik Pasca Operasi Sinusitis agar penyembuhan dapat berlangsung dengan cepat.

  1. Brokoli

Sayuran yang memiliki senyawa quercetin, vitamin dan mineral juga kaya akan klorofil dan antioksida. Brokoli sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah peradangan yang diakibatkan oleh lingkungan yang tidak sehat. Menjaga dari beberapa penyakit seperti batuk, pilek dan demam yang mungkin akan timbul pasca menjalani operasi.

  1. Pear

Buah yang kaya akan tannin, flavonoid dan quercetin yang dapat mempercepat regenerasi sel sekaligus juga dapat meningkatkan produksi immunoglobulin. Dan membantu dalam mensterilkan sinus dari peradangan akibat bakteri atau virus yang terjadi selama proses pernafasan berlangsung. Dalam sehari konsumsi buah pear 2-3 yang setara dengan 200gram dan dikombinasikan dengan buah yang lainnya.

  1. Apel

Selain pear buah yang baik untuk dikonsumsi setelah melakukan operasi ialah buah apel karena banyak mengandung senyawa quercetin, tannin dan alkaloid. Makanlah buah apel 2 jam setelah makan dengan minimal mengkonsumsi 300gram buah apel dalam bentuk salad atau secara langsung dan banyak konsumsi air putih untuk melarutkan senyawa kedalam darah.

Senyawa yang ada dalam buah apel memiliki fungsi untuk membantu meredakan peradangan dan mempercepat pengeringan luka bekas operasi sinusitis yang biasa tidak mengering dengan sempurna dapat menyebabkan peradangan muncul kembali.

  1. Nanas

Kandungan buah nanas terdiri dari senyawa bromelain, vitamin C dan mineral yang berfungsi untuk meredakan reaksi alergi atau peradangan setelah operasi sinusitis. Selain meredakan peradanan senyawa yang terdapat pada buah nanas ini berfungsi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan juga meningkatkan upaya penyaringan bakteri yang masuk kedalam tubuh melalui sistem pernafasan. Dalam memaksimalkan kandungan yang ada dalam buah nanas, konsumsilah 2-3 buah setelah makan dengan rentang waktu 2 jam untuk menghindari naiknya asam lambung.


  1. Seledri

Seledri mempunya peran sebagai penyembuh pasca operasi sinusitis karena adanya antioksidan, quercetin, flavonoid, vitamin dan mineral yang membantu proses regenerasi sel sinu yang rusak serta dapat meredakan alergi yang dialami.

  1. Jeruk

Buah yang mengandung banyak vitamin C dan quercetin untuk membantu proses penyembuhan pasca operasi sinus dan juga cara alami mengobati polip hidung.  Jeruk ini dapat dikonsumsi secara langsung maupun dikombinasikan dengan buah lainnya dalam bentuk salad dan juga dapat diolah menjadi minuman pereda sakit tenggorokan. Akan lebih baik jika mengkonsumsi buah-buahan itu 2 jam setelah makan untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi yang akan diedarkan ke sistem pernafasan.

  1. Yogurt

Didalam yogurt terdapat asam amino yang menbantu dalam regenerasi sel yang rusak dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsilah yogurt setiap 2 hari sekali atau 50-100gram untuk membantu meredakan peradangan dan mematikan bakteri yang tertinggal didalam area sinus.

Selain itu yogurt manjadi cara mengobati tinnitus secara alami yang paling sempurna. Agar hasilnya maksimal sebaiknya cukup dengan mengkonsumsi plain yogurt, tidak perlu mengkonsumsi bahan makanan lain hasil dari fementasi. 


  1. Kecambah 

Makanan yang Baik Pasca Operasi Sinusitis selanjutnya yaitu Kecambah. Mengkonsumsi kecambah dapat membantu untuk membersihkan hidung dari lendir yang tersisa dengan ditambah dengan minyak zaitun yang merupakan cara mengobati radang telinga dan cara mengatasi telinga kemasukan air. Kecambah menambah pasokan asam amino untuk membantu dalam membentuk metabolisme sel dan juga pada proses pembentukan hormon.

  1. Kangkung

Tumbuhan yang menyediakan asupan nutrisi berupa antioksidan dan klorofil serta quercetin yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari polusi. Mengkonsumsi kangkung minimal 200-300gram per hari yang sudah diolah dengan cara yang baik, membuat stamina menjadi lebih cepat pulih  setelah menjalankan operasi.

  1. Bayam

Tumbahan yang mengandung antioksidan, mineral dan vitamin yang berfungsi dalam memproduksi enzim dan precursor hormon yang berhubungan dengan sitem pernafasan. Di dalam kandungan Bayam terdapat senyawa quercetin dan klorofil yang sangat berperan untuk meredakan reaksi nyeri yang muncil setelah melakukan operasi.

Demikian beberapa informasi tentang makanan yang baik pasca operasi sinusitis dalam membantu untuk mempercepat penyembuhan. Pada dasarnya buah-buahan merupakan makanan yang baik untuk tubuh serta makanan yang cocok untuk sakit tenggorokan.

Dan sebaiknya selalu minum air mineral sebayak 2 liter perharinya yang merupakan salah satunya cara mencegah radang tenggorokan, karena tubuh membutuhkan cairan setiap harinya agar tidak mengalami dehidrasi. Selain itu air mineral memiliki fungsi untuk membantu membersihkan sisa makanan yang mungkin masih menempel pada saluran pencernaan dan juga merupakan cara mudah mencegah polip di hidung.

, , , ,