Sponsors Link

6 Makanan Yang Cocok Untuk Sakit Tenggorokan Aman Dikonsumsi

Sponsors Link

Seperti yang sudah sering kami bahas sebelumnya bahwa sakit tenggorokan merupakan sakit ringan namun cukup berbahaya kalau tersur menerus dibiarkan terjadi. Sakit tenggorokan juga bisa mengindikasikan adanya penyakit lain yang lebih parah seperti kanker atau tumor pada daerah leher. Karena itu, walaupun kelihatannya tidak terlalu membahayakan tidak ada salahnya kita mengenal lebih jauh mengenai sakit tenggorokan. Seperti mengetahui beberapa Penyebab Sakit Tenggorokan Sampai Ke Telinga yang sering dialami. Selain itu, sakit tenggorokan juga sering disebut dengan radang tenggorokan memiliki beberpa Gejala Radang Tenggorokan dan Obat Radang Tenggorokan yang perlu diketahui untuk tidakan awal pengatasi sakit tenggorokan. Hal itu bertujuan agar sakit tenggorokan tidak semakin parah dan berdampak menimbulkan penyakit lainnya.

ads

Sakit tenggorokan pada umumnya terjadi karena adanya infeksi oleh bakteri dan virus. Sedangkan rasa sakit yang ditimbulkan terjadi akibat adanya iritasi atau luka pada bagian tenggorokan yang menyebabkan peradangan. Jika sakit tenggorokan akibat infeksi virus biasanya akan sembuh seiring dengan matinya virus di dalam tubuh kita. Namun yang lebih membahayakan atau sulit disembuhkan yaitu jika sakit tenggorokan dikarenakan oleh bakteri. Bakteri baru akan mati jika kita minum obat seperti antibiotic. Untuk dosis mengkonsumsi antibiotic setiap orang berbeda-beda sehingga ada baiknya anda konsultasi dulu sebelum meminum obat antibiotic.

Untuk anda yang sedang atau sering mengalami sakit tenggorokan, pasti sudah paham betul gimana sakitnya  saat menelan jika sedang sakit tenggorokan. Karena itu juga orang yang sakit tenggorokan cenderung enggan mengkonsumsi makanan yang akhirnya malah memperburuk daya tahan tubuhnya dan mengakibatkan terkena penyakit lain seperti demam dan flu. Untuk itu anda harus memilih makanan yang tepat untuk mengembalikan nafsu makan anda sekaligus tidak memperparah sakit tenggorokan anda.  Berikut kami akan memberikan beberapa makanan yang cocok untuk sakit tenggorokan.

  1. Bubur Nasi hangat

Untuk menghindari rasa sakit saat menelan makanan yang keras biasanya dokter akan menganjurkan anda untuk makan bubur saat sakit tenggorokan. Bubur nasi juga dapat dibuat dengan mudah. Jika anda tidak suka bubur polos anda bisa tambahkan kuah atau kaldu dengan sedikit kecap untuk penambah cita rasa manis. Tapi hindari penambahan bahan lain seperti kerupuk atau goreng-gorengan lainnya yang justru akan memperparah sakit tenggorokan anda. Bubur bisa menjadi alternative sarapan sebelum minum obat sakit tenggorokan.

  1. Bubur Sumsum

Bubur sumsum yang terbuat dari tepung beras juga dapat disantap tanpa takut tenggorokan sakit. Rasa bubur sumsum yang gurih biasanya ditambah dengan gula aren cair agar lebih nikmat. Namun saat sakit tenggorokan disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis karena dapat membuat peradangan lebih parah dan menyebabkan rasa sakit yang berkelanjutan.

  1. Sop ayam

Sop ayam menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dimakan saat sakit tenggorokan. Anda bisa menambahan jahe  saat membuat sop ayam untuk memberikan efek hangat pada tenggorokan. Jahe juga dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan lebih cepat. Sop ayam dikenal memiliki khaisat yang baik untuk tubuh yang sedang sakit dan membantu mengembalikan energy serta sistem imun kita. Buatlah sop ayam dengan cara sederhanya atau tanpa menggunakan penyedap makanan seperti micin. Beberapa penyebap makanan justru akan memperparah kondisi tenggorokan anda.

  1. Sayur Wortel

Sayuran merupakan bahan makanan yang memiliki banyak nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan. Selain menjaga tubuh anda dari serangan penyakit, sayuran juga dapat membantu proses penyembuhan agar lebih cepat. Salah satu sayuran yang memiliki nutrisi untuk tubuh adalah wortel. Wortel mengandung berbagai macam vitamin, serat, dan potassium. Wortel biasa ditemui sebagai campuran masakan sop, namun jika anda bosan anda bisa membaut olahan lain dari wortel seperti dikukus atau di jus untuk menghindari rasa sakit saat menelan wortel.

  1. Buah

Buah memiliki fungsi yang hampir sama dengan sayuran yaitu menyediakan sebagian besar serat dan vitamin untuk tubuh setiap harinya. Namun tidak semua buah cocok dimakan saat sakit tenggorokan. Buah yang cocok untuk sakit tenggorokan adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan dapat  membantu proses penyembuhan sakit tenggorokan itu sendiri. Seperti buah belimbing dan pisang. Buah belimbing bisa anda jus untuk menghindari rasa sakit saat menelan buah belimbing, namun untuk buah pisang dapat langsung anda makan dengan catatan dikunyah lebih lama sehingga teksturnya lebih lembut dan tidak membahayakan tenggorokan.

  1. Oatmeal

Makanan yang cocok untuk sakit tenggorokan selanjutnya adalah oatmeal. Tekstur oatmeal yang anda makan bisa diatur sendiri oleh anda. Semakin banyak air yang ditambahkan saat membuat oatmeal maka akan menghasilkan oatmeal yang lebih encer dan sebaliknya. Oatmeal juga mengandung protein dan serat yang tinggi sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu anda tidak perlu repot-repot makan makanan lain saat sakit tenggorokan.

, ,
Oleh :