Sponsors Link

10 Makanan yang Dihindari Saat Sakit Tenggorokan

Sponsors Link

Saat sakit tenggorokan, akan membuat kita susah untuk mengonsumsi apapun. Hal ini dikarenakan rasa nyeri dan gatal yang mengganggu juga sakit tenggorokan ini membuat nafsu makan menurun. Namun, hal tersebut sebenarnya perlu diperhatikan, karena saat sakit tenggorokan sistem imun akan ikut menurun dan kita akan kekurangan nutrisi.

ads

Ketika kita kekurangan nutrisi dari makanan bergizi, kurang asupan vitamin akan memperparah sakit yang kita alami. Akan tetapi, hal ini juga tidak membuat Anda harus mengonsumsi apa saja, karena bisa saja makanan tersebut justru memperparah sakit tenggorokan yang Anda alami. Seperti makanan yang dihindari saat sakit tenggorokan dibawah ini.

  1. Makanan pedas

Makanan yang dihindari sakit tenggorokan yang pertama ialah makanan pedas. Banyak yang berpikir bahwa dengan makanan pedas dapat meredakan rasa nyeri di tenggorokan. Namun, sebenarnya hal tersebut kurang tepat. Karena makanan pedas justru perlu dihindari saat Anda mengalami sakit tenggorokan.

Karena makanan pedas dapat memperparah rasa sakit, menyebabkan radang pada tenggorokan hingga mampu membuat tenggorokan Anda semakin terluka. Selain cabai – yang tentunya menghasilkan rasa pedas – juga perlu dihindari rempah-rempah yang dapat membuat tenggorokan Anda terasa pedas dan panas seperti cengkeh dan lada.

2. Makanan hingga minuman asam

Makanan selanjutnya yang sebaiknya dihindari ialah makanan yang mengandung rasa asam. Mengapa demikian? Karena rasa asam hanya akan membuat sakit tenggorokan Anda semakin parah dan menjadi radang tenggorokan.

Selain itu, akan membuat rasa sakitnya semakin parah dan akan membuat Anda sulit untuk menelan. Sebaiknya, seperti lemon, jus atau makanan apapun yang mengandung rasa asam dihindari untuk sementara waktu hingga sakit pada tenggorokan Anda mereda.

3. Makanan kering

Makanan kering juga sebaiknya dihindari bagi Anda yang sedang sakit tenggorokan. Walaupun makanan obat batuk kering banyak diminati, namun juga akan memperparah sakit tenggorokan Anda. Karena pada saat sakit tenggorokan, kondisi tenggorokan Anda sedang sensitif.

Makanan kering, yang sulit untuk ditelan justru akan memperparah keadaan tenggorokan Anda. Seperti gorengan, kerupuk, keripik, kacang-kacangan, biskuit hingga kue kering – sebaiknya dihindari hingga sakit di tenggorokan Anda mereda.

4. Makanan bersantan

Makanan bersantan bukanlah termasuk golongan makanan yang berkuah. Jadi, sebaiknya Anda dapat mengetahui perbedaannya. Makanan berkuah tentunya sangat bermanfaat dalam penyembuhan sakit tenggorokan Anda. Sebaliknya, makanan bersantan justru memperparah hal tersebut.

Makanan bersantan mengandung banyak santan dan lemak, dan kedua hal tersebut justru membuat kelenjar lendir Anda berproduksi lebih banyak. Hal tersebut juga membuat tenggorokan Anda semakin sakit dan gatal. Tidak hanya itu, lendir yang banyak akan menyusahkan Anda untuk bernapas dengan lega dan dapat mengganggu Anda.


5. Junkfood

Makanan jenis junkfood ini lebih banyak mengandung minyak, dan tentu saja kita bahkan tidak mengetahui jenis minyak apa yang digunakan. Namun, makanan junkfood apapun yang mengandung minyak perlu dihindari saat Anda sakit obat tenggorokan gatal.

Karena minyak justru akan membuat rasa sakit tersebut tambah parah dan meningkatkan tingkat produksi kelenjar lendir Anda. Hal tersebut tentulah selain memperparah sakit tenggorokan, akan menyumbat saluran pernapasan Anda. Jadi, untuk sementara junkfood dihindari atau sebaiknya tidak dikonsumsi untuk hidup sehat Anda.

6. Makanan berlemak

Makanan berlemak ini tidak hanya ditemukan di junkfood ataupun makanan yang di goreng. Namun, dapat juga ditemukan pada berbagai jenis daging. Makanan berlemak ini tidak hanya membuat kolestrok naik, namun juga dapat membuat sakit obat sirup radang tenggorokan anak Anda semakin buruk. Makanan yang menganduk lemak lebih banyak akan sangat sulit dicerna dan juga membuat sistem kekebalan tubuh kita menurun.

Saat sistem kekebalan tubuh kita menurun, akan ada kemungkinan untuk virus semakin berkembang di dalam tubuh kita. Makanan ini seperti daging merah – seperti daging sapi, kambing, domba, kerbau dan babi pada bagian tubuh tertentu – dan makanan laut – seperti kepiting, lobster, kerang.

7. Makanan dan minuman yang mengandung alkohol dan soda

Tidak hanya minuman beralkohol, namun juga terdapat beberapa makanan yang dimasak dengan menggunakan alkohol khusus. Makanan inilah biasanya banyak ditemukan di restaurant seperti western food. Makanan yang mengandung alkohol akan memperparah peradangan, meningkatkan produksi lendir, dan menghambat penyembuhan Anda.

Hal ini juga berlaku pada soda, karena soda justru sangat berpengaruh pada lambung dan cara cepat meredakan sakit tenggorokan yang dapat menurunkan tekanan pada katup dan menaikkan asam lambung Anda. Ketika asam lambung naik, tenggorokan Anda akan semakin gatal dan sakit.

8. Hindari kafein

Walaupu kafein banyak ditemukan pada minuman, terutama pada kopi – hal ini tentu saja sebaiknya dikurangi atau dihindari saat Anda sakit tenggorokan. Makanan yang mengandung kafein ini dapat Anda temukan pada cokelat. Karena kafein akan membuat tenggorokan Anda semakin gatal dan membuat pengobatan alami radang tenggorokan Anda semakin parah. Walaupun terasa manis, sebaiknya makanan atau minuman yang mengandung kafein dihindari untuk sementara waktu.

9. Makanan dan minuman yang mengandung susu

Makanan atau minuman yang memiliki kandungan susu lebih banyak juga sebaiknya dihindari. Walaupun susu sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi karena kalsiumnya, namun hal tersebut tidak berlaku ketika Anda mengalami sakit atau ciri radang tenggorokan pada anak.

Karena susu justru akan merangsang kelenjar lendir untuk berproduksi dua kali lebih banyak yang dapat memperparah sakit tenggorokan dan menambah penyakit baru. Pantangan Makanan radang tenggorokan ini banyak ditemukan seperti yogurt dan sebagainya.

10. Makanan dingin

Bagian terakhir ialah makanan dingin. Makanan dingin ini seperti mie dingin. nasi kering, ice cream dan lain sebagainya. Makanan dingin ini berpotensi meningkatkan produksi lendir dan akan membuat tenggorokan Anda terasa gatal. Seperti ice cream yang juga mengandung susu justru akan membuat kondisi cara mencegah radang tenggorokan Anda semakin parah. Mengonsumsi es batu juga termasuk pada hal ini dan sangat tidak baik bagi kesehatan Anda.

Dengan demikian, makanan yang dihindari saat sakit tenggorokan yang perlu Anda lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan tenggorokan Anda. Mulailah untuk mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga kestabilan sistem imun tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :