Sponsors Link

11 Makanan yang Dilarang Setelah Operasi Sinus Pantang DiKonsumsi

Sponsors Link

Sebagaimana yang telah kita ketahui, sinus adalah peradangan pada dinding sinus di rongga berisi udara yang berada pada belakang tulang dahi dan pipi. Bagi penderita sinus, waktu setelah operasi atau pasca operasi merupakan waktu yang tidak kalah penting untuk mempercepat kesembuhan.

ads

Bagaimana tidak, salah – salah, malah bisa mengakibatkan lebih lama untuk pulih dan efek fatal lainnya, dampak hidung terbentur. Tentunya, ada Bahaya Operasi Sinusitis. Berikut beberapa makanan yang dilarang setelah operasi sinus.

  1. Makanan pedas

Ketika mengonsumsi makanan pedas, maka akan timbul lendir pada rongga hidung, sehingga tubuh cenderung mengeluarkan lendir tersebut, sehinga dapat memperburuk kondisi pasien (hidung tertekan terlalu keras akibat seringnya mengeluarkan lendir) (Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Hidung Berair)

  1. Alkohol

Minuman beralkohol seperti wine, bir, tuak, sake, dan lain – lain dapat mengurangi kandungan air dalam tubuh sehingga efeknya dapat memicu dehidrasi.

  1. Es atau makanan dingin

Makanan yang dingin juga dapat berarti makanan yang bersuhu hingga beku seperti ice cream. Makanan dingin dapat menyebabkan pusing, memicu flu yang menyebabkan muncul lendir dan penumpukan lendir pada hidung. (Artikel lainnya: Cara Menyembuhkan Hidung Meler)

  1. Susu

Biasanya susu dianggap sebagai minuman yang menyehatkan, namun hal ini tidak berlaku untuk pengobatan sinus. Saat peradangan terjadi, susu justru dapat memperburuk peradangan tersebut (sakit yang luar biasa karena ketidak cocokan tubuh dengan kandungan gluten pada susu). Selain itu, produk olahan susu seperti yogurt, keju, dan mentega juga sebaiknya jangan dikonsumsi karena dampaknya bisa menyebabkan penebalan dahak yang membuat tubuh tidak nyaman.

  1. Makanan atau minuman berkafein (contohnya seperti kopi, coklat)

Hampir sama dengan alkohol, mengomsumsi kafein dapat memicu dehidrasi dan mengentalnya lendir pada rongga hidung dapat memicu dehidrasi yang berakibat menyumbat hidung. Berikut Tips Menghilangkan Hidung Mampet.

  1. Makanan yang kurang sehat

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi pasca operasi sinus adalah buah-buahan dan sayur. Buah dan sayur mengandung vitamin dan nilai gizi yang cukup untuk proses pemulihan pasca operasi, terdapat Makanan yang Baik Pasca Operasi Sinusitis. 


  1. Makanan yang berminyak (gorengan)

Gorengan dapat memperparah peradangan pada rongga sinus. Cara Mengobati Radang Hidung.

  1. Makanan dengan bau yang menyengat ( jahe, pala, cabai, merica, lada)

Bumbu atau rempah tersebut memang menambah rasa lezat pada masakan, namun bagi penderita sinus, bumbu – bumbu atau rempah tersebut bisa berdampak buruk. Penyebab Sakit Dalam Rongga Hidung.

  1. Makanan hasil fermentasi

Bahan makanan hasil fermentasi seperti mayonais dan mustard dapat menyebabkan PH tubuh menjadi tidak seimbang.


10. Makanan, minuman, dan obat yang menyebabkan alergi

Alergi sangat buruk bagi penderita sinus. Oleh sebab itu, hal- hal seperti ini termasuk Makanan yang Dilarang Setelah Operasi Sinus.

11. Minuman bersoda

Selain minuman yang mengandung soda, minuman penambah energi, dan minuman berkarbonasi juga patut dihindari dan tidak dikonsumsi. Minuman tersebut dapat menyebabkan dehidrasi.

Setelah operasi sinus yang dapat menyebabkan pendarahan, nyeri sekitar hidung, lemas, timbul cairan kuning yang berbau, demam tinggi, hingga sistem imun atau sistem kekebalan tubuh kita terganggu, sebaiknya dilarang mengonsumsi makanan yang dilarang setelah operasi sinus yang sudah disebutkan diatas dan dapat mengonsumsi Antibiotik Penyakit Sinusitis  dan juga mencoba Terapi Sinusitis.

, , , , , ,
Oleh :