Sponsors Link

Ketahui 7 Makanan yang Menyebabkan Amandel yang Wajib Dihindari

Sponsors Link

Setelah sebelumnya tim dokter darah telah membahas tentang amandel serta minuman yang dapat menyebabkan amandel. Kali ini kami akan menguraikan tentang makanan apa saja yang berpotensi memperburuk peradangan amandel?

ads

Rasa sakit dan tidak nyaman yang disebabkan oleh penyakit amandel mungkin tidak separah penyakit lain. Namun tetap saja anda harus memperhatikan bahaya amandel karena penyakit ini dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Terlebih rasa sakit dan tidak nyaman yang muncul setiap kita menelan makanan atau bahkan sekedar minum yang tidak bisa disepelekan.

Amandel dapat menyerang siapa saja, dapat terjadi kapan pun dan dapat pula kambuh. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita memahami serta mempelajari tentang faktor penyebab amandel serta makanan penyebab amandel.

Penyebab Utama Amandel

Penyebab utama amandel sendiri sudah jelas berasal dari bakteri, kuman, dan virus. Jika kondisi tubuh anda drop atau tidak fit, bakter, kuman, dan virus mudah untuk masuk ke tubuh kita. Jika menyerang kelenjar amandel (tonsil) dan terjadi peradangan maka timbulah amandel.

Ada beberapa makanan yang menyebabkan amandel bertambah parah. Bagi penderita wajib untuk mencatat daftar makanan ini agar penyakit amandel anda tidak bertambah parah:

1. Makanan Pedas

Yak, makanan pedas bagi penderita amandel adalah makanan yang menyebabkan amandel pertama yang harus dihindari. Jika anda menggemari makanan pedas, ada baiknya kurangi konsumsi secara perlahan. Atau jangan mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas. Karena konsumsi makanan tersebut dapat menyebabkan peradangan pada amandel. Peradangan tersebut bisa menyebabkan pembengkakan, peradangan, dan rasa sakit.

2. Makanan yang Berminyak

Makanan yang digoreng dan mengandung minyak juga merupakan salah satu penyebab amandel yang wajib dihindari oleh penderita amandel. Makanan ini tidak melulu hanya gorengan namun juga semua makanan yang dimasak dengan cara digoreng. Seperti ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng, maupun makanan yang digoreng lainnya.

Makanan yang digoreng memang tidak baik untuk kesehatan karena bisa menyebabkan kolesterol dan juga menyebabkan obesitas. Kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyebab berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, dan penyempitan pembuluh darah. Daripada makan makanan tersebut lebih baik anda konsumsi makanan yang lebih sehat.

3. Makanan yang Asin

Makanan yang asin juga menjadi penyebab amandel. Ketika amandel anda semakin parah sebaiknya anda tidak mengkonsumsi makanan asin sama sekali. Baru setelah peradangan anda mulai menyusut dan membaik anda dapat mengkonsumsi makanan asin meskipun dalam porsi yang kecil.


4. Makanan yang Mengandung Micin

Micin atau penyedap rasa juga berpotensi membuat peradangan pada amandel atau menyebabkan iritasi pada kelenjar amandel. Oleh karena itu sebaiknya anda menghindari makanan dengan penyedap rasa berlebihan untuk sementara waktu.

5. Makanan Kaleng

Tidak hanya minuman kaleng saja, namun penderita amandel wajib untuk menghindari konsumsi makanan kaleng yang berlebihan. Kenapa? Karena makanan kaleng sendiri disinyalir mengandung bahan pengawet, penyedap rasa, serta zat-zat kimia yang juga dapat memicu amandel kambuh dan bertambah

6. Makanan Yang Tidak Sehat

Makan makanan yang tidak sehat dan tidak lengkap gizinya tentu tidak baik bagi tubuh secara keseluruhan. Pastikan bahwa kandungan makanan yang anda konsumsi cukup gizi. Ada baiknya juga mengandung vitamin C karena vitamin tersebut dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 


Vitamin sendiri dapat anda temukan di sayuran dan buah-buahan. Tidak ada salahnya jika anda mulai saat ini mengkombinasikan makanan yang anda konsumsi agar gizinya terpenuhi.

7. Makanan yang Asam

Makanan yang asam selain berbahaya bagi perut dan lambung ternyata juga tidak baik bagi penderita amandel. Contohnya saja rujak maupun empek-empek yang memiliki cita rasa asam, sangat tidak baik untuk kesehatan kelenjar amandel anda.

Rasa asam pada makanan dapat menyebabkan gatal pada tenggorokan yang dapat menjalar ke kelenjar amandel. Jika amandel yang gatal tidak segera ditangani maka dapat menyebabkan peradangan.

Selain daftar makanan yang menyebabkan amandel di atas, perkaya pengetahuan anda tentang antibiotik untuk amandel kronis.

, , , ,