Sponsors Link

Waspadai 7 Minuman Penyebab Amandel yang Wajib Kamu Hindari

Sponsors Link

Radang amandel atau tonsilitis yang merupakan peradangan pada amandel (tonsil). Peradangan pada kelenjar amandel biasanya menyebabkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, kesulitan menelan, sakit kepala, bahkan demam.

ads

Amandel sendiri bisa disebabkan oleh bakteri streptococcus pyogenes, namun juga bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri yang lainnya. Ada banyak faktor penyebab amandel yang perlu kita waspadai.

Pada kesempatan kali ini, tim dokterdarah sendiri akan membahas terkait minuman penyebab amandel. Pada dasarnya minuman ini bukanlah penyebab awal dari amandel, namun dapat memicu serta memperparah penyakit amandel. Ingat sekali lagi, bahaya amandel dapat menyerang siapa saja, kapan, dan dimana saja.

Oleh karena itu perlu dihindari agar penyakit amandel anda tidak semakin bertambah parah. Menjaga kesehatan tentu lebih baik dibandingkan anda harus mengeluarkan tenaga dan biaya jika sakit bukan?

Minuman Penyebab Amandel

Perlu kita ketahui bahwa terdapat beberapa makanan penyebab amandel dan minuman penyebab amandel yang mempermudah masuknya kuman-kuman serta bakteri penyebab radang amandel.

1. Minuman Dingin

Minuman dingin sudah dikenal sebagai penyebab amandel selama bertahun-tahun. Namun lebih dari itu minuman dingin atau es terbukti menurunkan kekebalan tubuh serta mempermudah masuknya kuman serta bakteri.

Minuman dingin atau es merupakan pencetus radang amandel yang bersifat iritatif serta memudahkan masuknya kuman. Minuman dingin serta es juga mempersulit kita dalam menelan makanan. Dibandingkan konsumsi makanan dan minuman sembarangan sebaiknya anda mulai konsumsi makanan dan minuman yang sehat seperti sayuran dan buah.

2. Minuman Kaleng

Minuman ini disinyalir mengandung banyak zat kimia termasuk zat pengawet yang berbahaya bagi tubuh. Zat pengawet tersebut juga menjadikan minuman kaleng termasuk ke dalam minuman penyebab amandel yang perlu kita hindari.

Zat pengawet menyebabkan amandel mudah meradang. Selain itu minuman kaleng juga menjadi pemicu gejala penyakit stroke, jantung, diabeter, dan banyak penyakit lainnya.

3. Minuman Panas

Amandel yang mengalami peradangan biasanya sangat sensitif dan rentan terhadap iritasi. Salah satuya jika terkena minuman yang terlalu panas. Jika terkena suhu yang terlalu panas amandel akan mudah mengalami iritasi, nyeri, atau bahkan terasa perih.

4. Minuman yang Terlalu Asam

Minuman atau makanan yang asam biasanya memiliki penggemar sendiri. Rasanya yang asam dan biasanya bercampur rasa manis memang sedap di lidah. Namun tahukah anda bahwa minuman yang terlalu asam tidak baik untuk penderita amandel? Minuman dengan rasa asam dapat menyebabkan rasa gatal di tenggorokan yang dapat menjalar ke amandel.

Dan jika tidak di atasi dapat menyebabkan peradangan pada amandel. Oleh karena itu hindarilah minuman yang terlalu asam.


5. Minuman Tidak Higienis

Banyak minuman yang dijual di pinggir jalan-jalan tidak sehat dan tidak higienis. Anda harus menghindari minuman tersebut karena minuman yang tidak bersih mengandung banyak kuman dan bakteri. Semua kuman dan bakteri tersebut dapat menyebabkan amandel anda menjadi meradang.

Selain minuman tidak higienis tersebut dapat menyebabkan peradangan amandel, dapat juga menyebabkan sakit diare serta sakit perut atau penyakit berbahaya lainnya.

6. Minuman Manis

Gula merupakan salah satu pantangan amandel dan harus dihindari. Pada dasarnya minuman yang mengandung gula atau minuman manis dapat menurunkan kekebalan tubuh yang dapat memicu peradangan amandel.

Maka sebaiknya kurangi konsumsi minuman manis jika menderita amandel. Anda juga perlu mengenali penyebab infeksi amandel serta ciri-ciri amandel kronis agar dapat terhindar dari penyakit tersebut.

7. Minuman Dengan Rasa Kuat

Sama halnya dengan minuman yang terlalu panas, minuman yang terlalu dingin, minuman dengan perasa yang terlalu kuat juga kurang baik bagi penderita amandel. Ingat bahwa penderita amandel akan sensitif terhadap rasa serta suhu ekstrem.

Lebih baik anda mencegah datangnya penyakit dengan mengurangi asupan minuman di atas dibandingkan jika nanti anda terkena penyakit tersebut. Pengobatan lebih mahal daripada pencegahan bukan?

, , , ,