Sponsors Link

7 Minuman Pereda Sakit Tenggorokan Mudah Dibuat

Sponsors Link

Sakit tenggorokan merupakan salah satu penyakit THT yang dapat meyerang semua kalangan usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Itu karena sakit tengorokan disebabkan oleh infeksi dan virus yang masuk ke dalam tubuh seseorang. Sakit tenggorokan juga sering disebut dengan radang tenggorokan. Gejala Radang Tenggorokan antara lain adalah rasa sakit pada bagain tengorokan akibat peradangan. Untuk meredakan rasa sakit tenggorokan kita bisa mengkonsumsi beberapa Obat Radang Tenggorokan dari dokter atau obat-obatan tradisional. Beberapa obat tradisional untuk mengurangi rasa sakit pada radang tenggorokan merupakan obat minum. Itu karena saat mengalami radang tenggorokan sebagian banyak orang mengalami kesulitan untuk menelan akibat rasa sakit yang dirasakan.

ads

Untuk menghindari rasa sakit pada tenggorokan biasanya penderita radang tenggorokan juga akan memilih makanan dan minumannya. Makanan Yang Cocok Untuk Sakit Tenggorokan sudah kami bahas sebelumnya. Sekarang kami akan memberikan beberapa contoh minuman yang aman dikonsumsi saat radang tenggorokan sekaligus dapat menjadi minuman pereda sakit tenggorokan.

Minuman Pereda Sakit Tenggorokan Akibat Radang Tenggorokan

pada intinya seseorang yang sedang mengalami sakit tenggorokan harus menghindari minuman yang terlalu panas, bersoda, dan minuman lain yang dapat memperparah sakit tenggorokannya. Berikut minuman pereda sakit tenggorokan yang aman diminum:

  1. Es krim

Siapa yang tidak suka es krim? Minuman yang satu itu memang menjadi minuman favorit banyak orang. Rasanya yang manis dan sensasi dingin saat sampai tenggorokan sangat nikmat dan cocok dikonsumsi saat udara sedang panas. Nah, rasa dingin yang diberikan itulah yang membuat es krim juga baik dan aman dikonsumsi saat radang tenggorokan. Sensasi rasa dingin pada es krim akan membuat peradangan pada tenggorokan kembali normal sehingga mengurangi rasa sakit tenggorokan juga. Para dokter juga sering menganjurkan untuk minum minuman dingin seperti es krim atau es batu kepada pasiennya yang telah melakukan operasi amandel.

  1. Teh

Selain minuman yang dingin, minuman hangat juga dapat mengurangi rasa sakit akibat sakit tenggorokan. Namun anda harus benar-benar memastikan bahwa air teh tersebut hangat tidak panas. Karena air yang terlalu panas akan mengakibatkan tenggorokan kaget dan radang tenggorokan semakin parah. Anda juga dapat memilih teh herbal yang khusus untuk mengobati atau mengurangi rasa sakit akibat sakit tenggorokan. Saat ini teh herbal sudah banyak dijual di apotek atau toko-toko obat herbal lainnya.

  1. Madu

Madu menjadi minuman pereda tenggorokan yang selanjutnya. Madu memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti mengembalikan energy dan menjaga sistem imun kita. Oleh karena itu jugalah madu cocok dikonsumsi saat sakit termasuk sakit tenggrokan. Virus atau bakteri penyebab sakit tenggorokan dapat dibasmi oleh madu yang kita konsumsi secara teratur. Anda bisa mengkonsumsi madu 1 sampai 2 sendok sehari. Jika anda tidak terlalu suka dengan rasa manis yang terlalu kuat saat mengkonsumsi madu langsung, anda bisa mencampurkan madu ke dalam air dengan perbandingan satu gelas air dengan satu sendok makan madu.

  1. Air jahe

Selain teh hangat anda juga bisa meminum air jahe hangat untuk meredakan sakit tenggorokan. Air jahe dapat anda buat sendiri dengan mudah di rumah. Siapkan satu ruas jahe yang sudah dicuci bersih lalu geprek jahe hingga pipih. Setelah itu masukkan jahe yang sudah digeprek ke dalam air sebanyak dua gelas. Rebus air tersebut hingga mendidih lalu air jahe siap dikonsumsi saat sudah hangat. Anda juga bisa menambahkan gula atau madu untuk manambahkan cita rasa manis. Air jahe hangat dapat diminum sebanyak satu hingga dua gelas setiap hari.


  1. Air lemon

Air lemon menjadi salah satu resep herbal untuk menyembuhkan sakit tenggorokan sejak dulu. Anda juga dapat menambahkan air lemon dengan madu untuk menetralisir rasa asamnya. Caranya peras air lemon hingga sebanyak kurang lebih 5 ml lalu tambahkan satu sendok madu dan aduk hingga tercampur rata. Ramuan ini akan mengencerkan lendir dalam tenggorokan dan meredakan tenggorokan yang terasa sakit.

  1. Air daun mint

Daun mint menjadi salah satu daun yang memiliki sensasi rasa dingin saat dikonsumsi. Rasa dingin itu jugalah yang membuatnya cocok dikonsumsi saat sakit tenggorokan. Daun mint dapat dikonsumsi dengan cara dicampurkan dengan air lemon. Berikut cara buat air daun min dengan campuran jeruk lemon:

  • Siapkan satu gelas air dingin
  • Campurkan dengan perasan satu buah air lemon
  • Campurkan 4 hingga 5 helai daun mint yang sebelumnya sudah diremas.
  • Lalu minum air daun mint siap dikonsumsi

Sebaiknya anda meminum air daun mint itu sebanyak satu hingga dau kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan sakit tenggorokan.

  1. Susu hangat

Minuman pereda sakit tenggorokan yang terakhir adalah susu hangat. Susu hangat yang anda konsumsi juga dapat dicampur dengan kayu manis atau rempah lainnya untuk menambah rasa hangat di tenggorokan.

Itulah beberapa minuman pereda sakit tenggorokan yang dapat anda buat sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan