Sponsors Link

7 Penyebab Nafas Dari Hidung Bau Tidak Sedap

Sponsors Link

Nafas bau yang timbul dari hidung ataupun mulut bisa terjadi karena berbagai penyebab. Namun biasanya terjadi karena kondisi gigi dan mulut tidak terjaga dengan baik atau penderita memiliki penyakit yang kronis di tenggorokan seperti gejala radang tenggorokan, hidung, pencernaan dan beberapa bagian tubuh lainnya. Selain itu, bau yang terjadi di hidung juga bisa terjadi karena infeksi pada rongga sinus.

ads

Apabila sinus mengalami infeksi yang disebut dengan penyebab sinusitis, maka salah satu gejala yang ditimbulkan adalah nafas dari hidung bau. Untuk lebih lengkapnya mengenai penyebab nafas dari hidung bau, silahkan simak ulasan dari kami berikut ini.

  1. Infeksi Amandel

Pada saluran pernafasan, udara akan keluar dan masuk lewat organ dalam leher. Dalam leher tersebut ada 2 organ yang melekat di bagian kanan dan kiri yaitu amandel. Tanda tanda amandel kambuh  yang mengalami infeksi akan menimbulkan bau busuk saat penderita sedang bernafas ataupun bicara. Infeksi amandel ini akan membuat amandel membengkak yang terjadi karena over protect terhadap bakteri dari luar malah menyebabkan amndel menyerang organ tersebut dengan sendirinya.

  1. Gangguan Pada Sistem Pencernaan

Selanjutnya, bau nafas yang keluar dari hidung juga tidak hanya terjadi karena hidung saja, namun juga bisa terjadi karena ada masalah pada saluran pencernaan. Pencernaan yang buruk juga menjadi penyebab dari bau nafas hidung yang tidak sedap. Perkembangbiakan bakteri dalam saluran cerna akan mengeluarkan gas yang bisa diuapkan lewat mulut dan juga hidung.

  1. Memiliki Penyakit Dalam

Selain masalah pencernaan, beberapa penyakit dalam seperti bronkitis, paru paru dan juga pneumonia dimana sering terjadi pada perokok berat juga akan menimbulkan bau nafas busuk dari hidung. Bronkus yang terdapat dalam organ paru paru bisa menimbulkan bau busuk apabila terjadi infeksi.

  1. Pengendapan Benda Asing

Bau tidak sedap yang terjadi pada hidung juga bisa terjadi karena benda asing dalam hidung yang mengendap dan tidak dapat dikeluarkan. Semakin lama, maka benda asing tersebut akan merangsang mukosa hidung yang kemudian akan mengeluarkan sekret atau ingus dan semakin menumpuk di dalam hidung. Ingus yang semakin menumpuk ini akan meningkatkan proses infeksi sehingga akhirnya timbul bau dari hidung.

  1. Pertumbuhan Massa Bertangkai

Pertumbuhan massa bertangkai pada bagian dalam hidung juga bisa menyebabkan penumpukan sekret atau ingus dalam hidung yang semakin lama akan semakin banyak dan akhirnya menimbulkan bau dari nafas hidung.


  1. Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung yang naik juga bisa menjadi salah satu penyebab dari bau tidak sedap yang keluar bersama nafas dari hidung. Penyakit asam lambung yang naik atau gastroesophaqeal reflux [GERD] merupakan kondisi dimana asam lambung akan mengalir kembali ke arah kerongkongan yang terjadi karena otot bagian bawah kerongkongan semakin lemah. Sedangkan, tugas dari otot bagian bawah kerongkongan tersebut adalah menahan aliran balik asam ke lambung dan inilah yang menjadi penyebab dari timbulnya nafas bau dari hidung.

  1. Kanker Gusi dan Lidah

Halitosis atau bau tidak sedap yang keluar bersama nafas dari hidung ini juga bisa terjadi karena pertumbuhan dan juga lapisan bakteri yang terus berkembang biak di bagian belakang lidah. Selain itu, bau nafas hidung juga dapat terjadi karena penyakit gusi dan lidah yang berbahaya yakni kanker.

Nafas dari hidung bau sebenarnya bisa terjadi karena berbagai masalah dan beberapa diantaranya seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Beberapa penyakit atau infeksi yang terjadi di area mulut, hidung, penyebab tenggorokan sakit saat bangun tidur dan juga pencernaan menjadi penyebab utama dari bau nafas hidung karena perkembangbiakan bakteri atau kuman yang mengendap.

, ,