Sponsors Link

11 Obat Herbal Polip Dapat Menyembuhkan Secara Total

Sponsors Link

Berbicara tentang penyakit dibagian sinus, umunya terjadi karena ulah dari mikroorganisme jahat yang membawa kuman, bakteri, dan virus kedalam tubuh. Mikroorganisme tersebut akan memberikan dampak buruk apabila dia hadir disaat sistem kekebalan tubuh anda menurun. Salah satu jenis penyakit yang terjadi didaerah bagian rongga hidung atau sinus adalah polip. Polip adalah penyakit yang ditandai dengan munculnya benjolan menyerupai selaput lendir berwarna bening didalam rongga hidung. Selaput tersebut berisi cairan yang dipenuhi dengan kuman, bakteri, dan jamur.

ads

Selaput tersebut akan semakin meradang atau membengkak apabila dibiarkan tanpa diberi penanganan khusus. Belum diketahui jelas jenis bakteri apa yang menjadi penyebab utama, namun penyakit polip dipercaya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti sering berada di lingkungan dengan udara yang tercemar polusi, lingkungan dan kebersihan diri yang tidak terjaga, dan lain lain. Penanganan polip haruslah segera di lakukan, karena pembengkakkan yang terjadi akan berakibat buruk bagi penderita. Penderita polip akan merasakan gejala hidung tersumbat, bengkak dan peradanagn di beberapa bagian wajah, susah bernafas, kehilangan indra penciumannya, dan masih banyak lagi.

Ada banyak cara yang bisa anda tempuh untuk mengobati penyakit ini, seperti dengan obat obat dari bahan herbal dibawah ini yang tidak sulit kamu dapatkan. Simak beberapa obat herbal yang direkomendasikan bagi penderita penyakit polip, antara lain adalah sebagai berkiut:

  1. Kunyit

Bagi setiap orang, tentunya para wanita pastinya sudah sangat jelas akan persediaan makanan di kulkas, kunyit salah satunya. Kunyit yang merupakan rempah rempah asli Insonesis ini ternyata memberikan efek yang luar biasa dalam pengomatan polip. Kunyit sendiri memiliki kandungan dengkongestan yang bertugas untuk mencegah kemungkinan terjadinya penumpukkan caira, di selaput lendir polip. Kunyit juga tergolong salah satu obat herbal yang memiliki kekuatan antiinflamasi, yaitu obat yang berkhasiat untuk mengurangi peradangan dan pembengkakkan.

Adapun cara menggunakan kunyit sebagai obat polip sangatlah mudah. Siapkan terlebih dahulu air hangat didalam  panci dan beberapa potong kunyit yang telah dicuci bersih. Rebuslah potongan kunyit tersbut didalam air mendidih dalam beberapa menit (sekitar 2 hingga 3 menit saja). Saringlah hasil rebusan larutan kunyit tersebut, dan diamkan sejenak hingga larutan mulai sedikit mendingin. Minumlah secara rutin larutan tersebut untuk mengobati polip. Sebaiknya minumlah diwaktu dimana tubuh merasa fresh, yaitu di pagi hari.

  1. Herbal Tea

Teh herbal bisa anda jadikan salah satu opsi untuk menyembuhkan polip. Mencari teh herbal pun sudah sangat mudah, sudah sangat banyak produk dengan berbagai bentuk kemasan yang menjual teh herbal. Bahkan, jika anda tidak berniat untuk membelinya, anda bisa membuat teh herbal sendiri dirumah sesuai dengan keinginan anda. Sebaiknya, untuk membuah teh herbal guna pengobatan polip dianjurkan menggunakan bahan herbal yang memiliki warna hijau, seperti daun dandelion atau larutan dari air selada.

  1. Bawang Putih

Seperti yang kita ketahui, bawang putih adalah salah satu pilihan yang tepat untuk menyembuhkan polip. Bawang putih mempunyai daya antioksidan dan antinflamasi yang tinggi. Sedhingga selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, juga dapat mengurangi atau meredakan peradangan dan pembengkakkan yang terjadi didalam rongga hidung anda akibat polip. Bawang putih juga berkhasiat untuk membunuh berbagai macam bakteri dan kuman yang menempel pada tubuh. Cara pengkonsumsiannya mungkin sedikit aneh bagi sebagian orang. Anda bisa mencincang terlebih dahulu bawang putih menjadi potongan yang kecil kecil. Kemudian makanlah secara utuh cincangan dari bawang putih tersebut.

Jika menurut anda cara tersebut susah untuk dipraktekkan, anda bisa mencoba dengan cara menghaluskan beberapa siung bawang putih. Kemudian mengoleskannya dibagian kulit hidung bagian luar. Biarkan olesan tersebut selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilaslah dengan handuk hangat dan jangan beri tekanan yang terlalu kuat pada saat membersihkan sisa olesan tersebut.


  1. Daun Dandelion

Dandelion adalah salah satu tanaman yang memiliki kadar vitamin C yang tinggi, selain itu nutrisi yang terdapat didalamnya pun memiliki khasiat yang luar biasa dalam meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri, kuman, dan virus yang sedang atau ingin menyerang. Dandelion bekerja menyembuhkan polip dengan cara mengurangi produksi lendri berlebih didalam selaput polip. Sehingga lama kelamaan, selaput akan mengecil dan berhenti membengkak. Pembengkakkan selaput lendir didalam rongga hidung akan mengganggu indra penciuman apabila tidak ditangani secara serius.

  1. Daun Sirih

Daun sirih juga merupakan bahan herbal yang bisa menjadi opsi selanjutnya. Daun sirih dipercaya mampu sebagai antibakteri untuk mengusir mikroorganisme jahat yang menjadi biang awal terjadinya polip di rongga hidung atau sinus anda. Menggunakan daun sirih sebagai obat pun dianggap salah satu cara yang efesien dan ramah kantong. Cara pembuatannya pun terbilang sangat gampang. Anda cukup merebus parutan daun sirih yang sebelumnya telah dicuci bersih terlebih dahulu. Biarkan setidakanya 8 hingga 10 menit waktu perebusan. Gunakan uap dari perebusan itu untuk dihirup dalam dalam melalui hidung. Cara ini akan memberikan hawa panas namun menyegarkan. Uap panas yang mengandung antibacterial tersebut akan membunuh dan mengusir kuman yang menempel didalam atau di sisi sisi dinding rongga hidung anda. Gunakanlah metode pengobatan ini setidaknya sehari sekali.

  1. Cabai Rawit

Berbahagialah wahai anda yang menyukai makanan pedas. Karena ternyata jika anda memasukkan cabai rawit pada menu makanan anda, hal itu bisa menjadi salah satu media pengobatan penyakit polip. Tahukah anda bahwa makanan yang pedas memiliki kandungan mineral yang baik untuk tubuh. Kandungannya antara lain seperti antioksidan, vitamin C, vitamin B6, Vitamin E, dan lain lain. Mineral tersebut berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh, karena kunci dari membunuh atau mematikan infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme jahat adalah diri anda harus mempunyai sistem kekebalan tubuh yang baik.

  1. Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang tidak perlu diragukan lagi khasiat dan kandungan mineral didalamnya. Brokoli adalah sayuran yang menjadi gudang dari senyawa sulforaphane, yaitu senyawa yang berpengaruh besar melindungi tubuh dan mencegah pertumbuhan selaput polip di rongga hidung atau  sinus. Dengan mengkonsumsi brokoli secara rutin, hal itu akan mampu membuat sel polip rusak dan tidak menginfeksi bagian sinus anda lagi. Selain itu, sebaiknya belilah sayuran brokoli ditempat yang bersih atau bisa juga sebelum menggunakannya cucilah dengan sangat bersih.

Terkait cara penggunaannya sebagai metode pengobatan herbal untuk polip sangatlah mudah. Anda bisa langsung mengkonsumsinya secara mentah setelah dipotong dengan ukuran yang kecil atau bisa juga dengan membuat jus brokoli untuk diminum di pagi dan malam hari. Disarankan, apabila anda memilih untuk membuat brokoli menjadi jus sebaiknya jangan ditambahkan dengan gula. Penambahan gula pada saat membuat jus brokoli akan dapat berimbas pada menurunnya kandungan mineral dan nutrisi yang terkandung didalamnya.

  1. Paprika Merah

Berbeda dengan brokoli yang mungkin sudah lebihs erring dikonsumsi sehari-hari, paprika merah mungkin sedikit jarang dikonsumsi oleh sebagian orang. Paprika merah memang sedikit lebih susah ditemukan apabila anda mencarinya di pasar tradisional. Paprika merah biasanya akan ditemukan apabila anda membelinya di supermarket atau swalayan. Paprika merah pun biasanya memiliki nilai harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan sayuran biasa lainnya. Namun, ternyata hal itu sebanding dengan kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat didalamnya. Didalam paprika merah, terdapat senyawa N-acetylcysteine atau NAC yang berkhasiat sebagai antikanker dan antinflamasi. Kandungan antinflamasi didalam paprika merah dapat meredakan pembengkakkan yang terjadi akibat selaput lendir polip.

Pengkonsumsiannya pun mudah, anda bisa mengolahnya dengan makanan sehari hari seperti biasa. Jika anda kesulitan mencari paprika merah, anda bisa juga menggunakan paprika hijau sebagai alternative lainnya. Kandungan paprika hijau dan paprika merah tidka jauh berbeda.


  1. Madu

Siapa yang tidak tahu tentang khasiat dari madu murni? Bahkan banyak yang berpendapat bahwa madu adalah obat dari segalam macam penyakit. Kandungan madu sangatlah baik, mulai dari antinflamasi, antioksidan, dan berbagai macam lainnya. Untuk menggunakan madu sebagai metode pengobatan polip anda bisa mengkonsumsinya dengan berbagai macam cara. Anda bisa mengkonsumsinya langsung, bisa mencampurnya sebagai selai saat memakan roti, bisa juga dengan dioles dibatang hidung, dan masih banyak lagi. Sebaiknya lakukan metode ini sesering mungkin. Karena semakin sering anda melakukannya, maka kemungkinan kuman dan bakteri polip menyerang dan menginfeksi akan semakin kecil.

  1. Daun Cemara

Cara menjadikan daun cemara sebagai obat herbal polip hampir sama dengan cara mengolah daun sirih. Gunakan uap hasil merebus daun cemara untuk memberikan efek relaksasi pada rongga hidung anda. Dalam melakukan metode penguapan, akan terjadi kemungkinan mengalirnya atau keluarnya lendir dari selaput polip. Jika hal itu terjadi, anda tidak perlu khawatir. Anda cukup menyeka dan melapnya saja dengan menggunakan handuk halus yang hangat secara perlahan. Sensasi dari kehangatan yang dirasakan oleh rongga hidung akan membunuh mikroorganisme jahat yang membawa bibit kuman dan bakteri polip.

Jangan lupa untuk pula untuk membersihkan hidung bagian luar terlebih dahulu sebelum melakukan penguapan. Karena apabila tidka dibersihkan terlebih dahulu, ada kemungkinan munculnya atau menempelnya kuman kuman baru lagi yang akan kembali menginfeksi anda.

  1. Jahe

Untuk anda yang ingin mencari metode pengobatan polip yang gampang dan murah, mungkin anda bisa mencoba hal yang satu ini, yaitu metode pengobatan herbal polip menggunakan jahe. Jahe selain berguna sebagai bumbu untuk memasak dikeseharian, nyatanya juga merupakan rempah rempah yang bisa digunakan sebagai obat segala macam penyakit. Kandungan antibacterial dan antinflamasi didalam jahe mampu mengatasi pembengkakkan selaput lendiri di rongga hidung atau sinus anda. Pengkonsumsiannya pun sangatlah mudah, anda bisa menggunakannya dnegan mengkombinasikannya dengan jeruk nipis, lemon, dan lain lain. Cukup peras terlebih dahulu air dari jeruk nipis atau lemon (bisa diganti dengan jenis buah buahan yang memiliki rasa masam), kemudian campurkan dengan beberapa potongan jahe yang sudahh dihaluskan. Anda tidak perlu merebusnya, anda hanya perlu mengaduknya sekitar 1 menit hingga larutan benar benar terlihat telah tercampur rata. Minumlah larutan tersebut setidaknya 1x sehari selama seminggu berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk menyembuhkan polip.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan