Sponsors Link

22 Obat Radang Tenggorokan Paling Manjur dan Cepat Sembuh

Sponsors Link

Radang tenggorokan pada dasarnya bukanlah penyakit yang berbahaya. Namun demikian rasa tidak nyaman yang ditimbulkan oleh radang tenggorokan membuat penderita cukup terganggu. Penanganan radang tenggorokan dapat berbeda – beda sesuai penyebabnya. Jika radang disebabkan oleh bakteri, penanganan dengan antibiotik atau obat-obatan anti bakteri biasanya cukup efektif untuk mengatasi kondisi tersebut. Jika penyebabnya adalah virus, anda disarankan untuk minum banyak air putih, banyak beristirahat, dan mengonsumsi suplemen vitamin C untuk memperkuat daya tahan tubuh. Sementara itu jika radang tenggorokan disebabkan oleh alergi biasanya diobati dengan konsumsi antihistamin dan menghindari faktor – faktor pemicu alergi. Apapun penyebabnya, anda dapat mempertimbangkan 22 obat obat radang tenggorokan alami dan farmasi berikut ini untuk mempercepat proses pemulihan anda. Berikut penjelasannya:

ads
  1. Larutan Air Garam

Garam sangat ampuh untuk menyembuhkan sakit tenggorokan karena sifat antiseptiknya. Berkumur dengan air garam hangat beberapa kali dalam sehari dapat meredakan pembengkakan atau radang tenggorokan, melarutkan lendir dan membuang dahak yang tersangkut di tenggorokan, menyembuhkan iritasi, dan membunuh bakteri penyebab radang.  Cara mengobati radang tenggorokan dengan air garam:

  • Sediakan air putih dengan suhu normal atau hangat, 1 gelas atau kira –kira 250 ml.
  • Tambahkan 1 sampai 2 sendok garam yang sudah dilarutkan.
  • Gunakan garam untuk berkumur selama 30 hingga 60 detik. Posisi kumur kumur adalah kepala menengadah keatas dan lakukan kumur  kumur dengan menggunakan tenaga dari tenggorokan. Maka berhati-hatilah ketika  hendak berkumur agar tidak tersedak.
  • Lakukan setidaknya tiga kali dalam sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.

Bila anda tidak tahan dengan larutan garam yang terlalu asin, Anda juga bisa berkumur dengan larutan cuka apel. Cara kerjanya mirip dengan air garam. Gunakan satu atau dua sendok cuka apel ke dalam satu gelas air dan berkumurlah dengan metode yang sama. 

  1. Teh Chamomile

Teh hangat setidaknya dapat meredakan rasa tak nyaman akibat radang tenggorokan. Kandungan  antioksidan yang tinggi dalam teh berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membantu melawan infeksi. Anda dapat menggunakan teh biasa maupun teh Chamomile. Seduh satu gelas teh Chamomile. Dapat juga dengan merendamlangsung  1 sendok makan bunga Chamomile kering di dalam 1 – 2 cangkir air mendidih dan biarkan beberapa saat. Teh tersebut boleh dicampur dengan lemon dan madu. Semua bahan tersebut juga bagus untuk mengobati radang tenggorokan.

  1. Sup Ayam

Ketika sedang mengalami radang tenggorokan biasanya kita akan kesulitan untuk menelan makanan, karena itu makanan cair seperti sup ayam ini akan memudahkan kita untuk makan dan memenuhi asupan gizi yang kita perlukan. Disamping itu kaldu dalam sup ayam mengandung natrium yang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi radang tenggorokan. Konsumsi lah sup ayam yang tidak pedas agar tidak membuat radang tenggoorkan semakin menyakitkan.

  1. Madu

Madu sudah digunakan selama berabad tahun lamanya untuk mengatasi penyakit apapun. Sifat madu antara lain antibakteri, antivirus, dan antijamur. Sebagai obat radang, campurkan satu sendok makan madu dalam air hangat kemudian diminum selagi hangat. Madu yang kita konsumsi  akan melapisi tennggorokan  dan menghancurkan bakeri yang tersembunyi. Setidaknya ada rasa nyaman saat mengkonsumsi madu tersebut. Namun perlu diperhatikan, madu tidak baik diberikan pada anak-anak dengan usia di bawah usia 1 tahun karena madu mengandung bakteri yang belum bisa diproses oleh tubuh anak-anak.


  1. Bawang putih

Senyawa allicin dalam bawang putih dapat membantu membunuh bakteri dan mengurangi peradangan. Allicin pada dasarnya merupakan senyawa aktif yang terdapat dalam bawang putih yang sifatnya tidak stabil namun cukup berkhasiat membunuh mikroba, seperti kuman-kuman penyebab infeksi pada flu, gastroenteritis dan demam. Ada beberapa cara untuk memanfaatkan bawang putih sebagai obat radang tenggorokan :

  • Cara pertama : Dengan dikumur – kumur. Kunyah satu potong bawang putih yang masih mentah sampai halus. Ambil air putih (suhu normal) dan gunakan untuk berkumur-kumur. Untuk menghilangkan rasa tak enak akibat kumur – kumur minumlah madu.
  • Cara kedua : Buatlah teh bawang putih. Potong-potong bawang putih segar dengan irisan sedang. Masukkan potongan bawang putih ke dalam segelas air putih. Masukkan cangkir ke dalam microwave. Didihkan selama 2 menit. Atau dapat langsung dicampurkan dengan air panas. Selagi masih panas, buang potongan bawang putih. Kemudian masukkan kantong teh celup kesukaan Anda  misalnya teh rasa vanili atau Chamomile. Tambahkan sedikit madu untuk membuat the lebih nikmat. Anda boleh minum teh ini sebanyak yang Anda inginkan.
  1. Buah pisang

Mengkonsumsi buah pisang saat mengalami radang tenggorokan sangat membantu. Ketika radang tenggorokan membuat kita sulit makan, jadikan pisang sebagai pengganti makanan keras.  Selain memiliki tekstur daging yang lembut untuk memudahkannya ditelan, buah pisang juga memiliki kandungan potasium tinggi yang terbukti mampu mengurangi peradangan, menangkal radikal bebas, dan bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Jeruk Lemon

Jeruk lemon adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C dan bioflavonoid sehingga sangat bermanfaat melindungi tubuh dari serangan penyakit flu, pilek, batuk dan penyakit imunitas lainnya. Jeruk lemon yang  dicampur dengan madu dan air hangat memudahkan tubuh untuk menyerap lebih banyak zat besi, yang khasiatnya meningkatkan kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Pada lemon hangat juga terdapat kandungan saponin yang memiliki sifat antimikroba. Manfaat jeruk lemon yang sangat banyak, mulai sebagai antioksidan, mengobati gangguan asam lambung, mencegah sesak nafas, juga bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami. Kandungan yang dinamakan astringen dalam setiap perasan jeruk lemonlah yang meredakan dan mengobati sakit yang terjadi pada tenggorokan.  Cara menggunakan lemon untuk meredakan sakit tenggorokan cukup mudah, campurkan saja 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam setengah gelas air matang. Dengan meminum dengan teratur akan membantu mengeluarkan dahak yang tersumbat pada tenggorokan.

  1. Cengkeh

Minyak cengkeh mengandung flavanoid yang memiliki sifat anti inflamasi. Cengkeh juga bisa digunakan sebagai ekspektoran untuk mencegah peradangan serta memperbaiki saluran pernapasan. Cengkeh sangat efektif melawan berbagai macam bakteri baik itu yang bersarang pada perut maupun bakteri yang bersarang pada mulut sehingga dapat digunakan sebagai salah satu obat herbal untuk menyelesaikan masalah sakit tenggorokan.  Cengkeh memiliki zat eugenol yang bersifat anti fungi (anti jamur).  Anda hanya perlu menggunakan 1-3 sendok teh cengkeh bubuk halus dan segelas air matang. Campurkan dari kedua bahan tersebut kemudian dipakai untuk berkumur – kumur. Anda dapat menemukan Cengkeh bubuk di pasar tradisional maupun toko obat – obatan tradisional. Anda juga dapat menghaluskan sendiri cengkeh utuh apabila anda kesulitan untuk menemukan versi bubuk halusnya. 

  1. Tomat

Tomat bagus sekali dikonsumsi saat kita sedang flu maupun menderita radang tenggorokan.  Kandungan antioksidannya sangat diperlukan tubuh untuk melawan bakteri maupun virus yang berusaha menyerang tubuh selama masa inkubasi penyakit. Jus tomat dengan sedikit campuran garam apabila dikonsumsi secara rutin dua kali dalam satu hari akan memberikan efek yang baik untuk memulihkan sakit tenggorokan.  Selain itu campuran buah tomat, gula pasir dan air hangat juga efektif meredakan sakit tenggorokan.Untuk cara penyajiannya : Potong halus buah tomat menjadi beberapa bagian agak tipis. Taruh di dalam gelas,  tambahkan gula sesuai selera, beri air panas atau hangat hingga memenuhi gelas. Kemudian aduk rata dan konsumsi selagi hangat. Anda dapat mengganti gula dengan madu untuk menghindari pemakaian gula terlalu banyak.

  1. Air Putih

Orang yang mengalami radang tenggorokan sangat rentan kekurangan cairan sehingga berpeluang terserang bahaya dehidrasi. Melawan radang tenggorokan yang disertai dengan demam sebaiknya dilengkapi dengan konsumsi  air putih yang cukup supaya badan kita tetap terhidrasi dan terpenuhi kebutuhan cairannya. Suhu tubuh yg tinggi saat demam perlu diwaspadai karena dapat mengakibatkan kejang-kejang. Dengan mengkonsumsi air putih yang banyak, selaput mukosa yang ada pada tenggorokan akan terjaga kelembababnnya.  Pastikan anda mengkonsumsi air yang cukup dengan memperhatikan air kencing anda apakah berwarna jernih atau tidak.

  1. Wedang jahe

Rempah tradisional yang satu ini memang cukup popular untuk mengatasi berbagai penyakit – penyakit ringan . Tak heran, itu karena jahe mengandung vitamin A, C, E, B, magnesium, kalium, fosfor, sodium, kalsium, seng, dan beta-karoten. Tak ketinggalan kandungan senyawa zingiberin yang dapat melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan racun (detoksifikasi), dan tentunya mengatasi peradangan. Untuk memanfaatkan jahe sebagai obat radang tenggorokan sangat mudah sekali, caranya antara lain:

  • Siapkan beberapa potong jahe segar sesuia kebutuhan
  • Kupas dan bersihkan jahe, tumbuk hingga memar, kemudian seduh dengan air panas
  • Tambahkan beberapa madu alami untuk memperbaiki rasa minuman.
  • Minum wedang jahe beberapa gelas dalam sehari untuk melawan radang tenggorokan dan memberi efek lega pada tenggorokan.
  • Minuman jahe tersebut juga bisa dikombinasikan dengan lemon untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan radang tenggorokan.
  1. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit tenggorokan dengan melakukan terapi steaming atau uap. Steaming adalah tehknik penyembuhan yang dilakukan menggunakan uap untuk memperlancar pperedaran darah, meringankan rasa sakit kepala, meredakan gejala radang, hingga membantu melepaskan rasa stress. Bagaimana menggunakan minyak kayu putih dengan steaming ? Tidak susah kok. Ini yang perlu anda lakukan : Siapkan satu baskom air panas yang masih menguap. Campurkan air panas dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Lebih banyak minyak kayu putih lebih baik supaya aroma terapi dan efek hangatnya lebih terasa. Ambil pernafasan dengan uap panas tersebut dan rasakan kehangatannya yang masuk ke dalam saluran pernapasan dan tenggorokan. Gunakan handuk kering sebagai penutup di atas kepala untuk menjaga agar uap dari air panas tidak melebar kemana – mana. Lakukan terapi ini berulang kali sampai peradangan membaik.

  1. Uap Panas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya terapi uap panas dengan minyak kayu putih sangat membantu meredakan radang tenggorokan. Selain denngan metode tersebut, itu anda juga dapat memperoleh steaming dengan  mandi air panas, berdiri di dekat ketel air mendidih hingga menggunakan humidifier. Humidifier merupakan alat pelembab untuk meningkatkan jumlah uap di udara pada sebuah ruangan sehingga terhindar dari udara kering yang menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan.  Menghirup uap akan meredakan rasa sakit tenggorokan.

  1. Cooling 5

Obat radang tenggorokan dari berbagai merek farmasi juga dapat kita gunakan untuk meredakan sakit tenggorokan. Salah satunya dikemas dalam bentuk semprotan. Contoh merek emprotan tenggorokan yang berfungsi sebagai obat radang adalah Cooling 5. Dengan kandungan fenol 1,4%, obat ini berfungsi sebagai antiseptik dan anestetik. Peran antiseptiknya dengan melenyapakan mikroorganisme yang terdapat pada tenggorokan contohnya virus atau bakteri. Sedangkan peran anestetiknya bekerja meredakan sakit atau nyeri pada area mulut dan tenggorokan.  Satu botol Cooling 5 dapat digunakan hingga 100 kali semprotan. Semprotkan 2 hingga 3 kali pada mulut maupun tenggorokan setiap 3 jam sekali. Agar efeknya maksimal, setelah disemprotkan ke dalam mulut, uap fenol ditahan dulu sekitar 15 detik sebelum bernafas seperti biasa.  Efek samping dari penggunaan Cooling 5 antara lain adalah sensasi  kesemutan pada pipi, lidah, atau mulut. Selain itu, pada beberapa orang dapat terjadi reaksi alergi berupa biduran, sulit bernapas, bengkak mulut, wajah, bibir, atau lidah. Selain itu dapat timbul demam, mual, muntah, dan napas terasa pendek.

  1. FG Troches

F.G. Troches adalah obat yang digunakan untuk mengurangi infeksi yang disebabkan adanya radang pada bagian mulut, gigi dan tenggorokan. Meskipun obat ini lumayan efektif untuk mengatasi masalah mulut namun dapat menyebabkan avitaminosis atau kekurangan vitamin pada pengguna lanjut usia. Selebihnya obat ini terbilang aman dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya. Efek samping yang mungkin terjadi adalah timbul kemerahan pada rongga mulut, lidah berwarna kehitaman beberapa saat, nafsu makan berkurang, mual, atau gangguan pencernaan ringan. Sebaiknya obat ini jangan dikonsumsi secara terus menerus apalagi hingga lebih dari 7 hari dengan dosis tinggi dapat merusak sel – sel pada saraf, pendengaran dan ginjal.

  1. Degirol

Degirol merupakan obat dalam bentuk permen hisap rasa lemon yang memiliki kandungan senyawa aktif Dequalinium Chloride yang efektif dalam membunuh berbagai jenis bakteri baik gram positif maupun gram negatif, dan bakteri yang sudah resisten terhadap antibiotik. Konsumsi setiap 3 – 4 jam per tablet, namun sebaiknya jangan dikonsumsi untuk pemakaian jangka panjang dan saat mengonsumsinya tidak boleh lebih dari 8 tablet sehari. Umumnya Degirol ditoleransi dengan baik dan jarang menimbulkan efek samping. Efek samping ringan yang mungkin saja muncul hanya berupa sensasi panas atau sakit pada lidah. Apabila terjadi gatal dan reaksi alergi lainnya sebaiknya hentikan pemakaian.

  1. Efisol Lozenges

Efisol Lozenges digunakan sebagai obat sariawan yang dapat melawan kuman serta jamur yang terdapat pada tenggorokan dan rongga mulut. Selain itu, obat ini juga ampuh digunakan untuk radang dan infeksi gusi. Bersifat antiseptik dan tidak mengandung anestesi sehingga tidak menyebabkan kebas pada lidah maupun iritasi pada mulut dan lambung. Obat ini juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Obat ini tidak sulit ditemukan di apotik maupun store karena peredarannya cukup bebas, harga nya pun tidak mahal. Obat ini aman dikonsumsi dan tidak memiliki efek samping baik bagi anak kecil maupun orang dewasa. Aturan pakai  setiap 3 jam sekali dengan dosis tidak lebih dari 8 tablet per hari.

  1. Lemocin

Lemocin digunakan sebagai obat antiinfeksi lokal yang bertujuan  meredakan nyeri pada tenggorokan, rongga mulut, gusi, pangkal tenggorokan dan akar gigi yang mengalami radang. Aturan konsumsi 6 kali sehari 1 lozenges dihisap perlahan. Namun tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jangka panjang karena dapat menyebabkan iritasi lokal pada tenggorokan dan area sekitarnya. Penggunaan Lemocin yang tidak dikontrol dalam dosis yang berlebihan ketika lambung yang kosong dapat menyebabkan mual dan muntah (nausea).


  1. Beta – Laktam, Cefolosporin, Makrolida

Ketiga nama diatas adalah golongan antibiotik yang biasa digunakan sebagai obat radang. Tentu kita tidak asing dengan kata penicilin maupun amoksilin, nah kedua nama tersebut merupakan turunan dari antibiotik Beta – lactam yang sangat umum digunakan untuk mengobati radang tenggorokan.  Sebenarnya penggunaan antibiotik ini cukup efektif  namun masih memiliki kelemahan, pertama, tidak semua orang dapat menggunakannyanya karena ada beberapa orang yang alergi terhadap penisilin dan kerabatnya. Kedua, efek samping bila mengkonsumsi  Makrolida berdampak bagi lambung. Meski demikian efek samping tersebut masih dianggap masih dapat ditolerir mengingat  manfaatnya yang besar yaitu membunuh bakteri streptokokus penyebab radang tenggorokan.

  1. Strepsils

Permen strepsils merupakan salah produk komersil pelega tenggorokan yang tidak sulit untuk ditemukan. Strepsils sangat berguna untuk mengatasi bakteri yang memicu munculnya masalah tenggorokan seperti tenggorokan gatal. Walaupun strepsils sangat aman dikonsumsi dan enak karena memiliki beberapa varian rasa, namun mengkonsumsinya tidak boleh berlebihan. Jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi dalam sehari adalah tidak melebihi 12 tablet dengan rentang waktu konsumsi maksimal satu tablet per tiga jamnya.  Jangan juga telan permen secara langsung maupun mengunyah. Tunggu sampai permen habis di mulut.

  1. Dexamethasone

Dexamethasone adalah obat golongan kortikosteroid yang  digunakan untuk mengatasi radang golongan apapun. Dari penyakit asma, radang tenggorokan hingga radang usus dapat menggunakan obat ini. Namun, penggunaan obat ini harus hati-hati, karena dapat menyebabkan iritasi lambung, euforia atau depresi.

  1. Permen Mint

Terdapat berbagai merek permen mint yang bertujuan untuk melegakan tenggorokan. Rasa mint segar dalam permen yang berasal dari daun mint akan memberikan sensasi lega bagi tenggorokan. Daun mint dapat begitu efektif untuk masalah radang tenggorokan karena mengandung vitamin C dan pro Vitamin A.  Selain itu daun mint juga bersifat analgesik pada tenggorokan sehingga dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan. Pemen mint praktis untuk di konsumsi kapan saja dan dimana saja.

Demikian 22 obat radang tenggorokan yang efektif untuk di coba. Apabila radang tenggorokan yang anda alami tak kunjung sembuh dan muncul berulang kali, sebaiknya menemui ahli THT (telinga, hidung dan tenggorokan), yang juga dikenal dengan sebutan otolaringolog, untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan