Sponsors Link

9 Obat Sirup Radang Tenggorokan Anak Aman Dikonsumsi

Sponsors Link

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang umum terjadi pada siapa saja. Termasuk pada anak-anak. Walaupun tergolong tidak berbahaya, jika dibiarkan begitu saja akan menyebabkan infeksi dan akan membahayakan si kecil. Untuk itu, Anda perlu memberikan pengobatan dan perawatan yang tepat pada si kecil terutama memperhatikan lingkungan bermain si kecil. Berikut ini beberapa obat sirup radang tenggorokan anak yang dapat Anda gunakan.

ads

Salah satu obat sirup radang tenggorokan anak yang dapat dikonsumsi adalah enkasari. Enkasari ini sangat banyak ditemukan di Apotek. Obat ini berjenis obat kumur – untuk mengatasi radang tenggorokan – yang aman pula untuk mengatasi sariawan.

Untuk pemakaian pada anak-anak terutama pada anak berusia di bawah 12 tahun, cukup berikan 2x sehari dalam 15ml. Saat dikonsumsi, pastikan anak Anda berkumur terlebih dahulu sebelum ditelan – atau Anda dapat memperhatikan aturan pakai pada kemasan obat tersebut.

2. Obat Madu Anak Antariksa

Selanjutnya ialah obat madu anak atariksa. Obat jenis ini sangat cocok untuk selera anak-anak saat mengalami radang tenggorokan, terutama karena rasa manis dari obat tersebut. Selain madu, dalam kandungan obat madu antariksa ini terdapat ekstra ikan gabus – yang mengandung zat albumin, temulawak atau curcumin dan gamat. Obat ini juga dapat dikonsumsi anak pada usia 1 – 12 tahun. Sebelum dikonsumsi, pastikan agar membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan obat.

3. Obat Hexadol Mint Gargle

Obat hexadol mint gargle merupakan obat sirup yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak. Selain radang tenggorokan, obat ini juga bekerja mengatasi infeksi pada mulut dan tenggorokan – seperti radang pada gusi atau disekitar gigi. Untuk penggunaan obat ini, hampir sama dengan enkasari, yaitu dengan berkumur.

Untuk lebih jelasnya mengenai dosis dari obat hexadol mint gargle ini, pastikan Anda memperhatikan aturan pakai yang tertera pada kemasan atau meminta Apoteker untuk memberikan penjelasan.

4. Bisolvon flu syr

Obat ini sangat cocok dan telah banyak dikonsumsi untuk radang tenggorokan anak. Tidak hanya radang tenggorokan, melainkan juga batuk berdahak, batuk kering hingga flu. Obat ini juga tersedia dalam beberapa dosis sepeerti untuk pada ana usia 2 – 6 tahun sebanyak 2 kali dalam 5 ml per hari.

Selain itu untuk anak usia 6-12 tahun sebanyak 3 kali dalam 5 ml per hari. Dan untuk anak usia 12 tahun ketas sebanyak 3 kali dalam 10 ml per hari ya.

Untuk mengonsumsi obat sirup ini, dianjurkan sesudah makan. Dan juga bisolvon ini banyak ditemukan di banyak Apotek terdekat.

5. OBH Combi Anak

Obat selanjutnya ialah OBH Combi anak rasa jeruk dalam kemasan 60 ml. Obat ini – selain digunakan untuk mengatasi obat radang tenggorokan – juga bagus digunakan untuk menurunkan demam karena flu atau batuk. Dosis penggunaannya, untuk anak usia 2-5 tahun disarankan mengonsumsi obat ini 3 kali sehari dengan 1 sendok takar (3×1). Sama dengan bisolvon, OBH combi ini diberikan pada anak setelah makan. Untuk lebih jelasnya, pastikan Anda memperhatikan aturan pakai yang tertera pada kemasan.


6. Obat Sirup Bodrexin

Obat sirup bodrexin juga dapat menjadi pilihan untuk cara mengatasi radang tenggorokan anak Anda. Selain itu, obat ini juga mengatasi demam, sakit kepala, dan batuk. Untuk dosis pada anak 6-12 tahun diberikan sebanyak 3 kali sheari dengan 3 sendok takar atau sendok makan. Untuk mengonsumsi obat ini, berikan saat anak sedang makan. Lebih lanjut, dapat Anda perhatikan pada kemasan obat sirup bodrexin. Dan juga untuk menaruh obat ini di tempat dengan suhu ruangan.

7. Fludexin sirup

Walau tidak banyak yang tahu, fludexin sirup ini cocok untuk mengatasi radang tenggorokan. Selain itu, obat ini juga ternyata manjur untuk cara mengobati polip pilek, rinitis hingga terapi sinusitis. Untuk anak-anak, pada usia 6 -12 tahun diberikan dosis 2 sendok takar atau sekitar 10 ml dalam 3 kali sehari ( 3×2). Untuk penyajiannya, sebaiknya diberikan saat anak Anda sedang makan. Lebih jelasnya, sebaiknya Anda membaca aturan pakai fludexin ini yang tertera pada kemasan.

8. Etaflusin sirup

Obat polip hidung tanpa operasi etaflusin ini mengandung paracetamol, glisenl guaiakolat, hingga natrium sitrat yang bekerja mengatasi radang tenggorokan. Tidak hanya itu, etaflusin ini juga mengatasi demam, hidung tersumbat, batuk berdahak dan bersin-bersin. Obat herbal polip ini sangat banyak ditemukan di Apotek terdekat dengan harga terjangkau.


Untuk pemakaiannya, pada anak usia 6-12 tahun diberikan 1 sendok dalam 3 kali sehari, dan pada usia 12 tahun keatas diberikan 3 sendok takar dalam 3 kali sehari.

9. Flutamol

Selanjutnya ialah flutamol sirup. Walau tak banyak yang tahu flutamol sirup ini dapat cara mengatasi telinga berdenging sebelah kiri radang tenggorokan, sakit kepala, flu hingga demam pada anak. Obat ini juga mengandung paracetamol, glyceryl guaiacolate, hingga chlorpheniramine.

Untuk dosisnya, pada anak dibawah di usia 7-12 tahun diberikan 3-4 kali dalam 2 sendok teh, sedangkan anak di usia 12 tahun ke atas sebanyak 3-4 kali dalam 4 sendok teh. Obat ini diminum setelah makan. Selebihnya dapat Anda lihat pada kemasan obat tersebut.

Itulah beberapa obat sirup radang tenggorokan anak yang ampuh dan manjur untuk mengatasi radang tenggorokan. Perhatikan pula efek samping yang kemungkinan dapat muncul ketika mengonsumsi obat diatas. Dan juga sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter THT. Tetap jaga kesehatan dan semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Medis