Sponsors Link

9 Obat Telinga Tersumbat Karena Flu Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Apakah kalian pernah merasakan telinga tersumbat? Tersumbatnya telinga akan berdampak pada ketidak nyaman kita dalam masalah pendengaran bahkan mengakibatkan menurunnya pendengaran atau budeg. Telinga merupakan salah satu dari lima alat indera manusia yang sangat penting. Sehingga jika terjadi masalah di dalam indera tersebut secara tidak langsung akan ikut berdampak  pada alat indera lainnya seperti mulut dan hidung. Tersumbatnya telinga sebenarnya dapat terjadi karena dampak dari penyakit sebelumnya seperti Faktor Penyebab Sinusitis, flu, atau alergi. Namun beberapa orang juga sering mengalami telinga tersumbat karena telinga yang kotor, kemasukan benda-benda asing atau sedang berada diketinggian seperti naik pesawat.

ads

Saat merasa telinga tidak nyaman atau tersumbat biasanya orang akan cenderung memasukkan benda asing untuk membersihkannya. Padahal menurut sebagian dokter telinga atau ahli THT, menasukkan benda asing ke dalam telinga adalah hal yang sangat dilarang. Walaupun tujuan kita untuk membersihkan lubang telinga dengan cara memasukkan cotton bud atau korek kuping. Itu karena, dikhawatirkan kotoran yang terdapat di dalam telinga akan  semakin terdorong lebih masuk ke dalam. Sehingga menyebabkan masalah kesehatan pada organ dalam telinga yang lebih berbahaya.  Untuk Cara Mengobati Telinga Tersumbat sebenarnya kita harus mengetahui terlebih dulu apa penyebabnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, telinga yang tersumbat dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Penyebab yang berbeda akan memerlukan obat atau penanganan yang berbeda pula.

Sekarang kami akan memcoba memberikan beberapa cara dan obat telinga tersumbat karena flu. Saat awal flu biasanya kita belum merasakan telinga tersumbat melainkan hanya hidung yang tersumbat. Namun lambat laun jika flu semakin menjadi penyumbatan pada telinga juga akan semakin terasa dan mengganggu. Penyumbatan pada telinga diawali dengan penyumbatan pada hidung saat flu. Itu karena proses peradangan pada saluran pernafasan atau bisa juga disebabkan karena lendir pada hidung yang terlalu banyak sehingga masuk ke saluran eustachis. Saluran eustachis merupakan saluran yang menyambungan antara telinga dan hidung. Telinga tersumbat saat flu sejatinya bisa hilang bersamaan dengan sembuhnya sakit flu kita. Namun jika anda merasa sangat terganggu dengan telinga yang tersumbat anda bisa melakukan beberapa cara dan obat telinga tersumbat karena flu berikut ini:

  1. Minum air putih

Air putih merupakan obat yang paling ampuh untuk banyak masalah penyakit. Itu karena banyaknya mineral alami yang terkandung di dalam air bening itu. Minum air putih yang banyak saat flu akan membantu kita untuk menaikkan sistem imun sekaligus  dapat menyembuhkan penyumbatan pada telinga. Dengan minum satu gelas air putih secara langsung atau tanpa jeda diharapkan saluran telinga dan mulut yang menyambung bisa bergerak dan membuat sumbatan ditelinga hilang.

  1. Menelan

Menelan secara ilmiah didefinisaikans ebagai proses atau reflek dalam tubuh manusia yang membuat sesuatu melewati mulut melalui esofagu.  Dengan kegiatan menelan ini pergerakan esophagus atau kerongkongan yang berhubungan dengan telinga akan bergerak dan membantu meredakan sumbatan pada telinga. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat menelan untuk menyembuhkan sumbatan adalah makanan yang bertekstur lembut seperti nasi putih hangat.

  1. Menguap

Menguap membantu anda untuk membuka mulut dan menggerakkan bagian dalam telinga sehingga sumbatan juga dapat diatasi. Jika anda tidak ingin menguap anda bisa dengan sengaja membuka dan menutup mulut beberapa kali dalam rentang waktu yang tidak terlalu jauh.

  1. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet juga bisa menjadi obat atau cara menyembuhkan telinga tersumbat karena flu. Mengunyah permen karet memiliki fungsi yang hampir sama dengan menelan yaitu menggerakkan bagian mulut sehingga bagian telinga yang tersumbat juga ikut bergerak.

  1. Keluarkan udara

Mengeluarkan udara dari hidung dapat dilakukan dengan cara mengambil napas dalam-dalam. Lalu keluarkan udara dari kedua lubang hidung yang sebelumnya dijepit dengan jari tangan dan dengan mulut tertutup. Dengan begitu udara akan keluar melalui telinga dan mambantu menyembuhkan sumbatan yang terjadi. Cara itu dapat berhasil jika anda mendengar suara ‘plop’ dari dalam bagain kepala.


  1. Kompres anduk hangat

Saat anda flu biasnaya saluran eustachius akan tersumbat. Anda bisa menggunakan handung hangat untuk mengompres bagian belakang telinga sehingga dapat membantu membuka saluran telinga yang terhambat tadi.

  1. Uap bagain hidung dan telinga

Saat flu berat biasanya lendir dapat terjebak di dalam saluran telinga sehingga menyebabkan telinga tersumbat.  Dengan uap air atau inhalasi diharapkan dapat membantu menghilangkan lendir dan membuka saluran telinga yang tertutup lendir.

  1. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun berfungsi sebagai pelunak kotoran yang menyumbat telinga kita. Namun memasukkan minyak zaitun pada telinga harus dengan hati-hati. Masukkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam lubang telinga lalu biarkan hingga kotoran melunak dan biasanya keluar dengan sendirinya. Jika tidak anda bisa membersihkan dengan kapas.

  1. Minum obat untuk telinga tersumbat

Jika beberapa cara diatas belum berhasil juga. Cara terkhir adalah minum obat untuk menghilangkan telinga tersumbat. Beberapa obat itu adalah dekongestan dan steroid hidung tropkal. Namun sebelum menggunakan obat itu disarankan anda berkonsumtasi terlebih dahulu ke dokter THT untuk menghindari dampak buruk konsumsi obat.

Berikut 9 cara untuk mengatasi telinga tersumbat karena flu yang mudah dilakukan. Selamat mencoba.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan