Sponsors Link

10 Obat Tradisional Sinusitis Alami Dan Sehat Untuk Dikonsumsi

Sponsors Link

Sinusitis merupakan penyakit yang terjadi di area sinus baik di hidung ataupun di sekitar hidung. Hal ini akan membuat cairan sinus berkembang dan menyumbat saluran pernapasan Anda. Selain itu, sinusitis juga akan sangat mengganggu karena intensitas munculnya gejala sinusitis yang terlalu sering.

ads

Oleh karena itu, sinusitis perlu untuk segera diatasi dengan baik. Seperti dengan melakukan operasi atau dengan menggunakan obat-obatan. Untuk memudahkan Anda, Anda dapat menggunakan obat-obatan tradisional yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut ini beberapa obat tradisional sinusitis yang alami dan menyehatkan.

1. Minum Jahe

Salah satu obat tradisional sinusitis ini ialah jahe. Alasannya, selain jahe sering digunakan untuk menghangatkan tubuh, pun jahe dapat mengatasi sinusitis secara alami. Jahe ini mampu meringankan infeksi dari sinusitis, dimana di dalam jahe terdapat antiradang yang membantu mengurangi pembengkakan pada selaput hidung Anda. Selain itu, jahe juga mampu mengobati sinus dengan menekan produksi lendir serta meringankan rasa pusing pada kepala Anda.

Untuk dapat mengonsumsi jahe, Anda dapat mencampurkan jahe dengan teh. Olahan teh jahe ini merupakan pilihan terbaik untuk meredakan rongga pernapasan yang disumbat oleh lendir sinus.

2. Menggunakan cuka sari apel

Obat tradisional selanjutnya ialah cuka sari apel. Karena di dalam cuka sari apel ini mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin A, E, B1, B12, kalsium dan magnesium. Nutrisi-nutrisi tersebutlah yang akan bekerja membersihkan rongga sinus yang tersumbat oleh lendir dan dapat mengobati gejala-gejala sinus sekaligus. Selain itu, cuka sari apel ini juga mampu mencegah pertumbuhan bakteri ke seluruh tubuh.

Untuk menggunakan cuka sari apel ini, Anda dapat mencampurkan sekitar dua atau tiga sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air hangat lalu tambahkan beberapa tetes madu atau lemon sesuai selera Anda. Konsumsi ini secara rutin hingga lendir Anda telah berubah warna menjadi jernih yang menandakan bahwa infeksi sinusitis Anda telah reda dan semakin membaik.

3. Dengan Bawang Putih

Tahukah Anda, bawang putih selain digunakan untuk memasak juga dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, termasuk sinusitis. Bawang putih ini bekerja untuk meredakan infeksi, serta mampu digunakan sebagai obat untuk mencegah sinusitis dari awal sehingga virus tidak akan mampu untuk berkembang dan menyebar.

Untuk menggunakan bawang putih ini, Anda dapat mengonsumsinya dengan jus tomat atau dengan jus lemon yang dipanaskan selama beberapa menit. Konsumsi ini selama dua kali dalam sehari secara rutin hingga infeksi dari sinus reda dan menghilang. Namun, tetap perhatikan dosis pemakaiannya, ya.

4. Menggunakan Minyak Oregano

Minyak oregano ini merupakan obat yang berasal dari bentuk daun yang sangat kecil dan telah dikeringkan. Kandungan-kandungan yang dimilikinya ternyata mampu untuk menyembuhkan antibiotik penyakit sinusitis. Kandungan tersebut ialah dua senyawa, carcavol dan timol yang memiliki sifat sebagai anti bakteri dan anti jamur yang cukup kuat. Selain itu juga minyak oregano ini bersifat sebagai anti inflamasi yang mampu mengurangi rasa sakit yang datang dari pembengkakan pada rongga hidung, hal tersebut-lah yang mampu membebaskan lendir di saluran pernapasan.


Untuk menggunakan minyak oregano ini dengan benar, Anda cukup menambahkan beberapa tetes minyak oregano ke dalam semangkuk air yang telah dididihkan sebelumnya. Hiruplah aroma nya sambil menutup mata. Lakukan lah hal tersebut dalam beberapa menit dan ulangi terus selama dua kali dalam sehari – yaitu setiap pagi dan malam hari. Lakukan terus secara rutin hingga gejala-gejala sinusitis mereda.

5. Mengonsumsi kunyit

Selain mudah ditemukan dan sering digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit juga sangat berkhasiat dalam mengobati penyakit, termasuk sinusitis. Senyawa kurkumin yang dikandung kunyit sangat efektif dalam melancarkan dan membersihkan saluran pernapasan dari virus, bakteri hingga infeksi. Kunyit juga ternyata mengandung antibiotik dan antivirus yang baik untuk kesehatan kita.

Untuk mengonsumsi kunyit, cukup dengan mencampurkan beberapa ruas kunyit dan jahe lalu seduh dengan air panas atau Anda dapat menggunakan teh panas. Campuran tersebut mampu menenangkan saluran hidung Anda yang tersumbat. Konsumsi lah beberapa kali sesehari sesuai kebutuhan Anda hingga Anda telah merasakan khasiatnya.

6. Menggunakan daun sambiloto

Daun sambiloto ini merupakan tumbuhan yang dapat kamu temukan dengan mudah. Daun sambiloto ini telah dipercaya telah menyembuhkan beberapa penyakit termasuk sinusitis. Untuk mengonsusmi daun sambiloto, cukup haluskan daun sambiloto sampai benar-benar halus.

Setelah itu, peras airnya lalu teteskan pada lubang hidung Anda yang terkena infeksi sinus. Walaupun air perasan tersebut akan terasa pahit ketika sampai di kerongkongan, namun itulah yang menjadi reaksi dari daun sambiloto tersebut. Rasa pahit itu akan mengobati sinusitis Anda. 

7. Khasiat Kulit Manggis

Obat telinga tersumbat karena flu selanjutnya ialah kulit manggis. Selain untuk kecantikan, juga kulit manggis bermanfaat untuk kesehatan terutama sinusitis. Anda dapat mengonsumsi kulit manggis dalam bentuk tablet. Atau Anda cukup dengan mengiris kulit manggis hingga menjadi potongan kecil dan tipis lalu jemur irisan tersebut hingga mengering. Kemudian, seduh irisan tersebut dengan menggunakan air hangat. Konsumsilah ini secara rutin hingga Anda tidak lagi merasakan gejala-gejala sinusitis.

8. Sereh

Sereh ternyata juga mampu cara menyembuhkan polip sinusitis dengan dijadikan sebagai ramuan obat radang tenggorokan tradisional. Cukup dengan menggunakan 5 batang sereh, 7 lembar daun sereh, 17 biji cengkeh, 3 buah jeruk nipis, dan 2 ruas jahe. Cuci bahan tersebut lalu rebus hingga mendidih. Setelah itu, Anda dapat meminumnya sebanyak 3 kali sehari secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya.

9. Lidah Buaya

Lidah buaya memang tumbuhan yang memiliki banyak khasiat. Lidah buaya mengandung senyawa aktif yang akan bekerja menyembuhkan terapi sinusitis. Cukup dengan merebus ruas daging lidah buaya dengan air secukupnya. Setelah itu, minumlah hasil rebusan tersebut selagi hangat. Namun, sisakan beberapa tetes untuk diteteskan ke lubang hidung Anda.

10. Air garam

Selain itu, air garam juga dapat membantu Anda untuk menyembuhkan sinusitis. Cukup larutgan garam ke dalam air hangat lalu bersihkan lubang cara mengatasi alergi hidung Anda. Larutan ini akan mengeluarkan bakteri di dalam cara menghentikan pendarahan di hidung akibat benturan. Anda juga dapat mencoba berkumur dengan menggunakan air garam hangat untuk meredakan gejala dari sinusitis yang mengganggu Anda.

Selain itu, terdapat beberapa obat polip hidung di apotek tradisional yang dapat langsung diminum atau dikonsumsi, seperti dibawah ini:

  1. Dekongestan
  2. teh hijau
  3. Esktrak dari jeruk bali
  4. Madu
  5. Dengan melakukan penguapan air panas
  6. Minyak kelapa
  7. Bawang besar dan lobak kuda
  8. Kayu Manis
  9. Bubuk Cayenne
  10. Minyak daun zaitun

Itulah beberapa obat tradisional sinusitis yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi sinusitis Anda secara keseluruhan, aman bagi kesehatan tubuh dan mudah untuk didapatkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan