Sponsors Link

10 Obat Tradisional Telinga Tersumbat Paling Aman dan Ampuh

Sponsors Link

Telinga tersumbat merupakan hal yang cukup mengganggu. Menghilangkan sumbatan pada telinga merupakan hal yang penting. Selain menimbulkan ketidak nyamanan, sumbatan pada telinga dapat menyebabkan penyakit. Menghilangkan sumbatan pada telinga juga menjadi salah satu cara mengobati tuli campuran.

ads

Ada banyak cara mengobati telinga tersumbat. Misalnya, menguap adalah salah satu obat telinga tersumbat karena flu. Selain itu, anda juga dapat mengobati telinga tersumbat dengan berbagai cara alami lainnya. Cara merawat telinga secara alami untuk menghilangkan sumbatan telinga adalah dengan menggunakan obat tradisional. Berikut ini 10 obat tradisional telinga tersumbat yang dapat anda coba.

  1. Cuka Apel

Menggunakan cuka apel dapat anda lakukan jika mengalami telinga tersumbat yang disebabkan oleh bakteri atau mikroba.

Cara terbaik menggunakan cuka apel adalah dengan mencampurnya bersama alkohol. Campurkan keduanya dengan takaran yang sama. Jangan lupa untuk mengaduknya hingga merata.

Setelah mencampur kedua bahan, teteskan campuran tersebut ke bagian telinga yang mengalami penyumbatan. Setelah 15 menit akan terbentuk lilin di telinga anda. Bersihkan lilin-lilin ini dengan menggunakan cotton bud. Selain menghilangkan sumbatan telinga, cuka apel juga menjadi obat tradisional sinusitis.

  1. Minyak Pohon Teh

Anda dapat menggunakan minyak pohon teh atau tea tree oil yang telah dicampur ke dalam air hangat untuk mengobati telinga tersumbat. Caranya adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak pohon teh alami ke dalam sebaskom air hangat.

Sebelum memulai pengobatan, tutup kepada anda dengan menggunakan kain yang kering dan bersih. Cukup letakkan wajah di atas air tanpa memasukan wajah ke dalam air hangat.

Anda hanya perlu menghirup uap air hangat yang sudah dicampur dengan minyak teh. Cara ini juga dapat menjadi cara mengobati tuli konduktif dengan menghilangkan kotoran yang menyumbat telinga.

  1. Air Hangat dan Garam

Obat tradisional telinga tersumbat rumahan ini tentu yang paling mudah untuk anda dapatkan. Anda harus mencampurkan beberapa garam ke dalam air hangat.

Setelah itu, berkumurlah dengan menggunakan air garam ini. Air garam hangat mampu membersihkan bagian mulut anda dan membuka area pertemuan THT. Ini tentu akan membuat sumbatan di telinga anda lebih mudah untuk hilang. Air garam dan hangat juga salah satu cara mengobati tenggorokan perih.

  1. Makanan Pedas

Bagi anda yang suka makanan pedas, maka ini merupakan obat tradisional telinga tersumbat yang paling cocok untuk anda. Makanan yang banyak mengandung cabai atau merica dapat membantu mengobati telinga yang tersumbat.

Hal ini dikarenakan rasa pedas yang dihasilkan dapat melancarkan sirkulasi di daerah THT (Telinga, Hidung, dan Tenggorokan). Akan tetapi, pastikan anda tidak mengkonsumsi terlalu banyak. Hal ini bisa memberikan efek buruk pada kesehatan lambung anda. 


  1. Sup Hangat

Jika anda tidak menyukai makanan pedas, maka mengkonsumsi sup hangat dapat menjadi pilihan berikutnya. Sup memiliki uap dan rasa yang hangat sehingga bisa membantu mengurangi sumbatan pada telinga.

Salah satu pilihan sup terbaik adalah sup ayam karena selain membantu meredakan telinga tersumbat, sup ayam merupakan salah satu makanan pereda sakit tenggorokan.

  1. Air Hangat

Ini merupakan teknik pengobatan yang mudah dan murah untuk anda lakukan. Sediakan air hangat secukupnya untuk mengobati telinga tersumbat. Ingat, yang anda gunakan adalah air hangat, bukan air panas.

Anda hanya harus meneteskan beberapa tetes air hangat ke dalam telinga yang tersumbat. Setelah sumbatan telinga mencair, bersihkan dengan menggunakan cotton bud atau kain bersih.

  1. Uap Air Panas

Ini salah satu cara paling mudah untuk mengobati telinga yang tersumbat. Cara ini juga ampuh untuk mengobati hidung yang tersumbat.

Untuk melakukan pengobatan dengan menggunakan uap air panas anda hanya perlu menyediakan air panas satu baskom. Setelah itu, dekatkan wajah anda ke baskom tersebut hingga uap terasa. Hiruplah uap panas yang dihasilkan oleh air panas. 


  1. Uap Lavender

Uap minyak lavender dapat menjadi obat yang ampuh menghilangkan sumbatan pada telinga anda. Anda hanya membutuhkan beberapa tetes minyak lavender yang dicampurkan dengan sebaskom air panas. Aroma lavender yang menyegarkan dapat membantu uap panas bekerja lebih baik dalam menghilangkan sumbatan.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai cara mengobati telinga budek sebelah secara alami. Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun sebagai obat tradisional telinga tersumbat.

Anda cukup mengambil beberapa tetes minyak zaitun. Kemudian, teteskan minyak ini ke dalam telinga anda. Lalu tunggulah beberapa saat agar minyak dapat bekerja.

  1. Minyak Mustard dan Bawang Putih

Obat tradisional telinga tersumbat yang disarankan untuk anda adalah campuran antara bawang putih dengan minyak mustard. Cara membersihkan kotoran telinga dengan bawang putih pun sangat mudah. Anda cukup mengambil satu sendok minyak mustard. Kemudian, letakkan bawang putih beberapa siung yang sudah dikupas bersih ke dalam minyak mustard ini.

Lalu, panaskan kedua bahan ini secara bersamaan. Setelah beberapa saat, angkat dan saring campuran tersebut. Tunggu hingga minyak menjadi dingin. Terakhir, anda dapat meneteskan minyak ke bagian telinga yang tersumbat. Bawang putih juga cocok sebagai cara menyembuhkan alergi hidung.

, , ,