Sponsors Link

Wajib Tahu 8 Pantangan Amandel yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Amandel adalah salah satu pertahanan tubuh terhadap kuman dan bakteri atau serangan penyakit melalui tenggorokan atau rongga mulut. Amandel sendiri merupakan dua kelenjar kecil yang terdapat di dalam tenggorokan.

ads

Absennya kelenjar amandel sendiri menyebabkan tubuh rentan terkena penyakit yang mudah menyerang mulut, tenggorokan, paru-paru serta organ tubuh lain.

Kondisi tubuh yang menurun dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit termasuk radang amandel. Terdapat perbedaan amandel dan radang tenggorokan yang juga wajib kita ketahui, karena gejala keduanya hampir sama.

Parahnya penyakit ini bisa muncul pada setiap rentang usia dari bayi, anak-anak, remaja hingga dewasa yang ditandai dengan rasa gatal pada tenggorokan, pembengkakan serta gejala demam.

Pantangan Amandel Yang Harus Dijauhi Penderitanya

Bagi penderita radang amandel sendiri terdapat beberapa hal khususnya makanan yang masuk sebagai pantangan. Daftar makanan penyebab amandel serta makanan yang dapat memperburuk amandel di bawah ini harus dijauhi agar penyakit radang amandel tidak bertambah parah:

1. Menghindari Makanan Kasar atau Padat

Ketika menderita radang amandel, anda akan merasa kesulitan menelan sehingga sebaiknya menghindari makanan kasar serta padat. Anda dapat menjadikan rujukan makanan sehat darah tinggi dan makanan alami pengencer darah.

Carilah makanan yang bertekstur halus atau lunak sehingga memudahkan proses menelan makanan. Contohnya seperti makanan bubur, tim, sup, atau makanan tumbuk (kentang dan ubi).

2. Menghindari Makanan Pedas

Menghindari makanan pedas wajib dilakukan oleh penderita radang amandel. Karena makanan dengan rasa pedas dapat mengganggu anda karena akan terasa perih dan sakit jika bersinggungan dengan kelenjar amandel yang masih meradang. Ketika mengkonsumsi makanan pedas anda juga harus dapat mengenali tanda-tanda amandel kambuh agar dapat segera berhenti mengkonsumsi makanan tersebut.

3. Menghindari Makanan Berminyak

Seringkali kita tergiur dengan makanan yang berminyak contohnya gorengan. Nah, pantangan amandel yang satu ini harus benar-benar anda perhatikan. Karena makanan yang berminyak dapat membuat amandel dan juga tenggorokan anda semakin iritasi. 


4. Kurang Minum Air Putih

Konsumsi air putih diyakini memberikan banyak dampak positif terhadap tubuh kita. Salah satunya adalah bagi kelenjar amandel anda karena kondisi mulut dan tenggorokan yang kering dapat menyebabkan amandel anda menjadi perih. Pastikan anda untuk selalu mengkonsumsi air putih untuk menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi.

5. Hindari Makanan Saus

Saus sambal dan saus tomat memang paling sedap untuk dikombinasikan dengan berbagai makanan. Hidangan gorengan tentu sangat nikmat jika dikombinasikan dengan saus sambal atau saus tomat. Namun saus harus dihindari oleh penderita amandel. Karena dalam saus terdapat berbagai macam zat kimia yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Zat-zat kimia serta rasa pedas pada saus dapat menyebabkan beberapa bagian amandel kambuh atau semakin buruk. Sehingga saus merupakan salah satu pantangan amandel. Hati-hati juga terhada penyebab infeksi amandel yang juga dapat disebabkan oleh naiknya asam lambung dan reaksi alergi.


6. Garam dan Ikan

Garam merupakan salah satu pantangan amandel yang juga harus dihindari oleh penderitanya. Karena berpotensi akan membahayakan kelenjar amandel. Baik ikan air tawar maupun ikan asin sebaiknya konsumsinya dikurangi terlebih dahulu. Duri pada ikan juga dikhawatirkan akan terjebak ditenggorokan yang dapat menyebabkan amandel terluka.

7. Makanan Yang Terlalu Panas & Dingin

Selama menderita amandel disarankan untuk menghindari konsumsi makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin. Hal ini disebabkan kelenjar amandel akan sangat sensitif terhadap makanan yang terlalu panas dan dingin serta dapat menyebabkan iritasi.

8. Makanan Instan

Sebagian besar makanan instan mengandung bumbu dan penyedap rasa dengan kadar yang cukup tinggi. Termasuk zat-zat kimia yang tidak baik untuk kesehatan. Penderita amandel harus menghindari konsumsi makanan instan berlebihan.

Anda perlu mewaspadai bahaya amandel sama halnya dengan bahaya anemia kronis karena akan berdampak pada aktivitas anda setiap hari. Sehingga hindari daftar pantangan amandel di atas agar tubuh tetap sehat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Telinga