Sponsors Link

Orang Tua Wajib Tau 7 Pantangan Amandel Untuk Anak!

Sponsors Link

Hi moms & dads, pernahkah anda mengalami kesulitan ketika si kecil sedang sakit? Anak-anak apalagi balita atau anak berumur 10 tahun ke bawah memang tak jarang akan sangat rewel ketika mengalami sakit. Mereka biasanya akan lebih sering merengek, mudah marah, tantrum atau yang paling menakutkan ketika mereka mulai tidak nafsu makan. Hal yang paling membuat orangtua biasanya merasa sedih ketika si kecil sakit adalah anak jadi sulit untuk makan (nafsu makan menghilang).

ads

Penyakit yang cenderung menyerang anak salah satunya adalah amandel. Pasti sudah familiar kan dengan penyakit ini? Penyakit amandel yang menyerang tonsil dan menyebabkan nyeri, perih, panas, serta sakit yang menjalar pada tenggorokan ini memang sangat menyebalkan.

Kali ini tim akan mengulas tentang pantangan amandel untuk anak, yang penting untuk menjadi perhatian dan catatan bagi orangtua. Pantangan ini wajib di monitor oleh orang tua agar sakit si kecil tidak bertambah parah.

1. Makanan Mengandung Micin

Pantangan amandel untuk anak pertama kali yang harus diperhatikan adalah makanan mereka. Anak-anak cenderung menyukai makanan yang mengandung micin atau penyedap rasa. Sebagai orang tua kita perlu mengawasi makanan yang mereka makan, khususnya jika mereka sedang di sekolah.

Terkadang kita tidak bisa mengontrol apa yang mereka makan ketika di sekolah. Tanamkan pada mereka untuk tidak jajan sembarangan. Karena salah satu faktor penyebab amandel adalah makanan yang tidak steril.

2. Minuman Dingin

Ya minuman dingin memang terasa nikmat dikonsumsi apalagi disiang hari yang terik. Namun, anak-anak harus membatasi konsumsi minuman dingin. Terlebih sistem imun pada anak-anak biasanya belum sempurna, sehingga minuman dingin dapat memicu atau memperburuk amandel.

3. Kurang Istirahat

Anak-anak sangat perlu istirahat yang cukup, mereka disarankan memiliki waktu istirahat yang lebih lama dibandingkan orang dewasa. Belum lagi mereka juga berkegiatan di sekolah atau bermain yang dapat menguras energi. Kurang istirahat merupakan pantangan amandel pada anak yang wajib diperhatikan oleh orang tua.

4. Kurang Minum Air Putih

Terdengar sepele, masalah kurangnya kosumsi air putih seringkali dialami oleh anak-anak. Pastikan bahwa mereka tidak kekurangan air putih, karena jika area sekitar kelenjar amandel tidak terjaga kelembapannya dan kering maka akan berpotensi memicu radang amandel.


5. Makanan Pedas

Sudah tau dong kalo makanan pedas sendiri masuk dalam makanan yang menyebabkan amandel. Tak jarang rasa pedas bercampur dengan bumbu penyedap yang biasa ditemukan pada snack anak-anak memang mengundang rasa penasaran. Sehingga kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas pada anak-anak cukup sulit diatasi.

6. Kelelahan

Faktor kelelahan juga merupakan pantangan amandel untuk anak. Selain menjaga waktu istirahat memberikan pengertian kepada anak untuk tidak beraktivitas secara berlebihan juga sangat penting.

Jika tubuh kelelahan maka bisa dipastikan sistem imun akan menurun, hal tersebut menyebabkan tubuh rentan terjangkit penyakit. Anda juga harus mengetahui tanda-tanda amandel kambuh sebagai peringatan awal.

7. Kurang Nutrisi

Apakah anak anda termasuk yang sering pilih-pilih makanan? Nah mulai saat ini anda harus membiasakan anak anda untuk konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan nutrisi yang cukup.

Kekurangan nutrisi selain memperlemah kondisi tubuh juga membuatnya rentan terserang penyakit termasuk radang amandel. Memperbanyak konsumsi sayuran dan buah dengan kandungan vitamin C akan menghindarikan anak anda dari bahaya amandel.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Amandel