Sponsors Link

7 Pantangan Makanan Radang Tenggorokan yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Bagi beberapa orang dengan pola makan yang tidak teratur, radang tenggorokan adalah salah satu gangguan tenggorokan yang pernah diderita. Tidak hanya disebabkan oleh pola dan jenis makanan yang dikonsumsi, radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh paparan bakteri dan udara berkualitas buruk yang terhirup.

ads

Radang tenggorokan bisa disembuhkan dengan mengonsumsi obat-obatan antiinflamasi. Namun, Anda tetap harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat. Jika Anda ingin cara menghilangkan radang tenggorokan dengan cepat, berhentilah mengonsumsi makanan-makanan yang bisa membuat peradangan di tenggorokan Anda semakin parah. Pantangan makanan radang tenggorokan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Sayuran Mentah

Sayuran memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh jika matang dan diolah dengan baik. Kendati banyak yang berpikir bahwa sayuran mentah lebih baik dari pada sayuran yang sudah melewati proses pengolahan, tapi kenyataannya tidak begitu. Apalagi untuk seseorang dengan kondisi tenggorokan yang meradang. Sayuran mentah dengan tekstur yang tidak selembut sayur olahan akan menambah kemungkinan peradangan yang terjadi. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menghindari sayuran mentah dan mengolahnya menjadi sup atau smoothies sebelum dikonsumsi.

  1. Saus Pedas dan Penuh Bumbu

Menghindari makanan pedas adalah salah satu kewajiban bagi penderita radang tenggorokan. Oleh karena itu, saus bercita rasa pedas dengan kombinasi bumbu yang mencolok adalah pantangan makanan bagi penderita radang tenggorokan. Ada pun saus-saus yang perlu Anda hindari adalah saus tomat, saus kecap, saus pizza, dan saus lainnya dengan cita rasa pedas dan asam.

Mengonsumsi jenis-jenis saus tersebut hanya akan membuat radang tenggorokan Anda semakin parah. Dampak radang tenggorokan yang Anda alami memiliki kemungkinan besar untuk membuat Anda demam dan sakit kepala hebat.

Jika Anda ingin menambahkan cita rasa pada makanan Anda, Anda bisa menaburkan garam, membuat mashed potatoes atau kuah kaldu dan bawang putih. Saus pedas dan bumbu mencolok adalah pantangan makanan radang tenggorokan yang harus Anda hindari.

  1. Makanan Pedas

Sebelas dua belas dengan saus, berbagai jenis makanan pedas juga sudah seharusnya Anda hindari. Baik makanan yang secara alami mengandung rasa pedas seperti cabai maupun makanan olahan dengan tambahan perisa pedas dan saus. Sama halnya dengan saus pedas, makanan pedas akan menambah peradangan yang terjadi pada tenggorokan Anda. Bahkan, Anda harus pintar-pintar memilih jenis rempah yang bisa Anda gunakan dalam masakan Anda. Makanan pedas adalah pantangan paling besar untuk penderita radang tenggorokan.

  1. Makanan Ringan Bertekstur Keras

Camilan atau makanan ringan adalah pengisi perut di sela-sela berkegiatan sebelum makan berat. Bagi penderita radang tenggorokan, mereka harus pandai memilih makanan ringan atau camilan. Jika Anda sudah rutin minum obat dan mengonsumsi makanan yang disarankan tetapi radang tenggorokan tidak sembuh-sembuh, barangkali Anda lupa tidak memasukkan camilan atau makanan ringan dengan tekstur yang keras ke dalam pantangan makanan radang tenggorokan.


Jenis-jenis makanan ringan yang harus Anda hindari adalah cracker, snak yang garing seperti keripik kentang dan popcorn. Makanan-makanan ringan tersebut selain penuh dengan bumbu juga bertekstur keras yang membuatnya sulit ditelan saat tenggorokan meradang. Malah, jenis makanan tersebut berkemungkinan untuk membuat tenggorokan Anda terluka.

  1. Buah dengan Rasa Masam

Selain rasa pedas, rasa masam atau asam adalah pantangan yang harus Anda hindari ketika mengalami radang tenggorokan. Sebab, rasa masam yang berasal dari acid akan membuat tenggorokan Anda yang meradang dan sensitif terasa sakit dan perih. Bahkan jika Anda mendapatkan rasa asam tersebut dari jus.

Oleh karena itu, Anda harus pandai memilih buah-buahan yang akan Anda konsumsi atau jadikan jus dan smoothie. Pilihlah buah-buahan dengan kadar asam yang rendah seperti pisang. Jangan mengonsumsi buah-buahan asam seperti jeruk, lemon, tomat dan anggur. Konsumsilah buah-buahan tersebut ketika kondisi tenggorokan Anda sudah pulih sepenuhnya karena umumnya mengandung vitamin C yang baik untuk sistem imun.

  1. Toast

Pantangan selanjutnya bagi penderita radang tenggorokan adalah toast atau jenis roti yang sudah diolah dengan cara dipanggang sehingga selain bertekstur keras juga sedikit gosong. Anda juga sebaiknya menghindari roti dengan kulit yang keras. Jika Anda masih tetap ingin memakannya, cobalah untuk melunakannya dengan bantuan susu atau madu. Roti lunak dengan tambahan susu baik untuk anak Anda yang mulai menunjukkan ciri radang tenggorokan pada anak.


Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi jenis-jenis roti yang lembut sehingga lebih mudah ditelan dan tidak menyakiti tenggorokan yang meradang. Dalam pengonsumsiannya, Anda juga bisa menikmati roti lembut dengan tambahan yoghurt tanpa rasa. Yoghurt diketahui baik untuk tenggorokan yang meradang selama tidak memiliki campuran buah dengan kadar asam yang tinggi seperti jeruk.

  1. Minuman Berperisa

Pada saat mengalami radang tenggorokan, tetap terhidrasi dengan rutin minum air putih adalah kewajiban Anda. Air putih yang Anda minum juga mampu memberikan efek mendinginkan tenggorokan Anda. Selama radang, hindari minuman dengan tambahan perisa seperti soda, kopi, dan alkohol. Tiga jenis makanan tersebut sangat buruk bagi peradangan yang terjadi.

Dengan menghindari pantangan makanan radang tenggorokan, Anda diharapkan mampu menjalani proses penyembuhan dengan lebih cepat. Jika Anda masih mengalami sakit di bagian tersebut, ketahui perbedaan amandel dengan radang tenggorokan karena bisa jadi Anda menderita amandel alih-alih radang tenggorokan.

, , , ,