Sponsors Link

Jangan Sembarangan ! Ketahuilah 10 Pantangan Setelah Operasi Sinusitis Ini

Sponsors Link

Perasaan lega setelah operasi adalah hal yang wajar, sebab satu tahap pengobatan telah  terlewati. Namun, jangan salah, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Penyakit tidak untuk ditakuti, namun juga tidak bisa sembarangan. Salah perlakuan dapat memicu Penyebab sinusitis sering kambuh.

ads

Operasi tidak perlu ditakuti, ada  tahapan operasi sinusitis yang patut dicermati supaya tidak menyebabkan bahaya operasi. Seperti halnya dimana ada perintah , pasti ada juga larangan. Berikut, informasi mengenai  pantangan setelah operasi sinusitis.

  1. Berenang

Olahraga air ini merupakan olahraga yang bisa berefek positif dan negatif bagi pernapasan. Satu sisi dapat melatih dan melegakan pernapasan. Namun di sisi lain dapat membahayakan jika dilakukan setelah operasi sinusitis, sebab jika kondisi belum stabil dapat mengalami pendarahan, nyeri, penyumbatan, iritasi mukosa, rongga hidung, dan efek samping lainnya. Jika ingin sekali berenang usahakan pada air yang tidak berklorin.

  1. Buang ingus dan Tertawa

Aktivitas  yang dimaksud adalah yang terlalu keras sehingga menyebabkan hidung sakit saat flu, pendarahan, meingkatkan tekanan pembuluh darah ke otak sehingga mengalami migrain dan bahkan hipertensi.

  1. Stres

Pikiran mempengaruhi kesehatan tubuh. Pikiran yang stress, menyebabkan fungsi tubuh terganggu. Hal ini juga berdampak terhadap kesembuhan setelah operasi sinus.

  1. Angin

Angin yang dipantang disini adalah angin yang terlalu keras yang bisa menyebabkan nyeri pada rongga sinus, dan memperparah penyumbatan rongga.

  1. Bau Menyengat dan Asap

Bau menyengat dan asap bukan benda yang remeh. Bau – bauan yang menyengat dan asap (polusi) harus dijauhi untuk menghindari iritasi pada sinus.

  1. Begadang

Istirahat yang cukup adalah kunci dari kesehatan seseorang. Demikian juga setelah operasi sinusitis. Pusing disertai mimisan juga bisa terjadi akibat kelelahan.

  1. Makanan dan Minuman yang Memperparah Sinusitis

Makanan yang dilarang setelah operasi sinus , Makanan dan minuman tersebut diantaranya adalah makanan pedas, soda, makanan dingin (eskrim), produk susu dll. Makanan yang baik pasca operasi sinusitis dan makanan yang wajib dikonsumsi adalah sayur dan buah.


  1. Bersikeras Melanggar Pantangan

Seringkali setelah operasi adalah waktunya untuk “bebas”. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Melanggar pantangan setelah operasi sinus merupakan hal yang konyol. Efeknya bisa memperparah keadaan sinus pasien hingga menyebabkan operasi harus dilakukan lagi.

  1. Naik Pesawat dan Suhu Ekstrim

Perbedaan tekanan dapat menyebabkan hidung nyeri. Nyeri tersebut bida bertambah jika setelah operasi masih keadaan rongga sinus belum pulih. Perubahan suhu yang tiba – tiba dapat menaikkan tingkat nyeri pada sinusitis.


  1. Aktivitas Atau Olahraga Ekstrim

Salah satu contohnya adalah menyelam. Menyelam dapat menyebabkan air dipaksa masuk ke rongga sinus melalui rongga hidung. Selain itu,  olahraga ekstrim dapat menyebabkan hidup terbentur dan hidung keluar darah. (Baca Juga: dampak hidung terbentur)

Selain hal – hal yang tersebut diatas, gaya hidup bersih juga penting. Kuman, virus, dan bekteri memegang peranan utama penyebab penyakit tidak terkecuali sinusitis. Untuk memperoleh kesembuhan, tidak hanya pasien atau penderita itu saja yang berjuang.

Yang lebih penting lagi adalah bagaimana lingkungan di sekitarnya berpengaruh dan membantu orang tersebut memperoleh kesembuhan secara cepat dan pemulihan tidak  terganggu. Sebab tak jarang setelah operasi, malah terjadi sesuatu yang dapat memperparah keadaan penyakit tersebut, sehingga perlu dilakukan operasi ulang atau masa penyembuhan yang bertambah. Jika pantangan setelah operasi sinusitis ini dihindari maka niscaya akan cepat sembuh.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup