Sponsors Link

Pengertian Rhinitis Ketahui Juga Penyebab, Gejala dan Pencegahan

Sponsors Link

Rhinitis merupakan salah satu masalah pada hidung dimana menimbulkan peradangan atau iritasi yang terjadi pada membran mukosa di dalam hidung. Macam macam rhinitis dibagi menjadi dua jenis yakni rhinitis alergi dan juga rhinitis non alergi. Untuk rhinitis alergi umumnya terjadi sebentar pada saat terpapar dengan alergen seperti debu atau serbuk bunga dan bulu dari hewan. Namun jika dalam kondisi parah, maka bisa mengganggu kualitas tidur dan aktivitas sehari hari. Untuk lebih jelas dari pengertian rhinitis bisa disimak dalam ulasan lengkap dari kami berikut ini.

ads

Penyebab Rhinitis

Peradangan yang terjadi di membran mukosa diakibatkan karena bakteri ataupun alergen yang menjadi penyebab alergi dan juga virus yang menimbulkan gejala rhinitis. Selain itu, beberapa penyebab lain dari rhinitis alergi diantaranya adalah sel kulit mati, bulu hewan, bahan kimia, tungau atau debu rumah dan juga serbuk sari serta spora. Sementara penyebab dari rhinitis non alergi disebabkan karena faktor lingkungan, rusaknya jaringan dalam hidung, pemakaian dekongestan hidung terlalu berlebihan dan juga infeksi.

Gejala Rhinitis

Sesudah mengetahui sekilas tentang pengertian rhinitis, ada baiknya anda juga mengetahui beberapa gejala rhinitis yang bisa dilihat dan dirasakan penderita. Beberapa gejala dari rhinitis jika dilihat hampir serupa dengan gejala dari pilek, seperti:

  • Bersin
  • Hidung tersumbat dan berair
  • Menurunnya tingkat sensitivitas indera penciuman
  • Timbul rasa tidak nyaman
  • Iritasi ringan yang terjadi di sekitar area hidung

Komplikasi Rhinitis

Seperti beberapa penyakit lainnya yang tidak segera mendapatkan penanganan serius, rhinitis juga bisa menyebabkan beberapa komplikasi seperti:

  1. Sinusitis

Sinusitis merupakan infeksi yang terjadi karena bakteri penyebab sinusitis yang membuat ingus tidak dapat mengalrr dari sinus melalui saluran kecil dan akhirnya menimbulkan pembengkakan serta radang pada rongga hidung. Gejala sinusitis yang bisa ditimbulkan diantaranya adalah demam, sakit gigi, hidung tersumbat dan berair dan rasa sakit di sekitar area mata.

  1. Infeksi Telinga Bagian Tengah

Komplikasi lanjutan yang bisa ditimbulkan dari rhinitis adalah infeksi yang terjadi pada bagian telinga lebih tepatnya di belakang gendang telinga yakni gangguan di tabung eustachian yang menjadi penyebab telinga sakit dan penyebab sakit tenggorokan sampai ke telinga. Tabung tersebut terletak di bagian belakang hidung yang menjadi penghubung bagian belakang hidung dan juga telinga bagian tengah yang bertugas untuk mengalirkan cairan. Cairan yang semakin lama semakin menumpuk di area telinga karena rhinitis, akhirnya terinfeksi dan mengakibatkan infeksi di bagian telinga tengah yang tentunya akan mengganggu fungsi daun telinga.


  1. Polip Hidung

Polip hidung merupakan jaringan yang tumbuh di dalam rongga hidung dan juga sinus yang bisa terjadi karena inflamasi atau peradangan di lapisan dinding rongga hidung. Ukuran dari polip hidung sendiri sangat beragam dan bisa berwarna kuning, merah muda atau abu abu. Apabila polip masih berukuran kecil, maka masih bisa diatasi dengan obat semprot hidung steroid agar tidak menghalangi hidung untuk mengatasi penyebab polip hidung ringan.

Diagnosa Rhinitis

Ada beberapa cara yang biasanya dilakukan dokter untuk mendiagnosa rhinitis khususnya rhinitis alergi seperti mengetahui lebih jelas tentang riwayat kesehatan pribadi dan juga keluarga. Selain itu, ada beberapa tes yang juga akan dilakukan oleh dokter yakni:

  • Tes Darah

Tes darah dilakukan untuk memeriksa antibodi yang di produksi sistem kekebalan tubuh pada saat mengalami alergen yakni imunoglobulin E.

  • Tes Tusuk Kulit

Dalam tes tusuk kulit ini, sebua jarum akan ditusuk ke kulit yang sudah diberikan unsur alergen untuk mengenalkan pada sistem kekebalan tubuh yang umumnya dilakukan pada area tangan. Bilur kecil nantinya akan timbul apabila anda memiliki alergen pada unsur alergen yang sudah diberikan pada jarum tersebut.


Pencegahan Rhinitis

Rhinitis sendiri sebenarnya bisa dicegah dengan cara menghindari pemicu yang menjadi penyebab gejala rhinitis seperti lingkungan yang tinggi akan polusi, terpapar asap rokok berlebihan, alergen tungau debu dan lain sebagainya yang juga menjadi penyebab sinusitis.

Selain itu, rhinitis juga bisa dicegah dengan cara menghindari beberapa alergen yang umum seperti tungau debu rumah, serbuk sari, spora kapang, sel kulit mati yang mengelupas, kotoran dan juga urin kering dari binatang peliharaan yang juga menjadi penyebab radang tenggorokan.

Demikian ulasan dari kami tentang pengertian rhinitis lengkap dengan penyebab, gejala, komplikasi dan cara pencegahan. Hindari beberapa faktor yang menjadi penyebab rhinitis untuk menghindari beberapa komplikasi yang bisa membahayakan.

, ,




Oleh :
Kategori : Rhinitis