Sponsors Link

14 Pengobatan Alami Radang Tenggorokan Aman Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang bersifat tidak begitu berbahaya – dikarenakan oleh virus ataupun bakteri. Namun, ketika dibiarkan begitu saja, dapat memicu terjadinya infeksi pada cara mencegah radang tenggorokan. Ketika itu terjadi, maka kemungkinan komplikasi penyakit lainnya juga dapat muncul.

ads

Anda tentu saja tidak boleh membiarkan hal tersebut terjadi. Maka, Anda perlu segera melakukan pengobatan. Baik berobat pada dokter atau pun dengan pengobatan alami. Pengobatan alami merupakan metode pengobatan yang cukup terkenal karena alami dan tanpa efek samping sehingga aman dikonsumsi. Berikut ini beberapa pengobatan alami radang tenggorokan.

1. Berkumur dengan menggunakan air garam

Salah satu pengobatan alami radang tenggorokan yang dapat Anda coba ialah dengan berkumur menggunakan air garam. Air garam ini sangat efektif tak hanya saat flu, pilek ataupun sinusitis – tetapi juga efektif untuk radang tenggorokan. Karena air garam dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran pernapasan Anda di bagian atas – yaiut tenggorokan. Yang sewaktu-waktu dapat menyebar hingga ke paru-paru.

Anda cukup mencampurkan satu sendok teh garam dengan 240 ml air hangat – lalu aduk hingga tercampur. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur saja – pastikan saat itu posisi kepala Anda berada pada posisi mengadah untuk memudahkan cairan air garam menjangkau saluran pernapasan Anda di bagian atas.

Lakukan hal tersebut hingga Anda merasa perbedaan amandel dan radang tenggorokan yang Anda alami sudah mereda. Pastikan Anda tidak menggunakannya secara berlebihan.

2. Dengan menggunakan bawang putih

Bagaimana bisa bawang putih? Ternyata bawang putih berkhasiat meredakan iritasi cara menghilangkan radang tenggorokan dengan cepat Anda. Hal tersebut didukung oleh kandungan bawang putih yaitu antiseptik. Untuk dapat merasakan khasiat bawang putih ini, Anda hanya perlu mengunyahnya terlebih dahulu.

Saat bawang putih hancur, bawang putih tersebut akan melepaskan senyawa di dalamnya yang bersifat antibakteri, antivirus dan antijamur yang sama-sama bekerja mengatasi radang tenggorokan yang sedang mengganggu Anda. Anda hanya perlu mengunyahnya sebanyak 1 siung saja.

Selain dikunyah, bawang putih juga dapat dihisap selama 15 menit. Namun, jika Anda tidak dapat melakukan keduanya, Anda juga dapat mencampurkannya dengan madu, minyak zaitun, atau mencampurkannya dengan jus. Hanya saja sebagai rekomendasi agar kerja bawang putih dapat Anda rasakan dengan cepat, yaitu dengan mengunyahnya.

3. Dengan Sup Ayam

Jika Anda tidak dapat mengunyah bawang putih, maka alternatif lainnya ialah sup ayam. Sup ayam yang masih hangat dapat membantu melegakan ciri-ciri infeksi tenggorokan Anda serta mencegah terjadinya iritasi. Sup ayam juga merupakan alternatif yang baik ketika Anda kesulitan untuk makan karena rasa sakit yang muncul saat menelan – karena sup ayam ini dapat Anda telan secara langsung.

Sup ayam juga akan tetap memberikan Anda nutrisi dan menjaganya selama Anda sakit yang mana nutrisi tersebut dapat mencegah infeksi menyebar.


4. Minum Teh

Selain sup ayam, teh juga dapat menjadi pilihan saat radang tenggorokan menyerang Anda. Teh jenis apapun baik herba ataupun nonherba, teh hijau ataupun teh buatan tangan – sangat baik untuk menyembuhkan peradangan. Hal itu juga didukung oleh antioksidan pada teh, yang mana dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi agar tidak menyebar.

Anda dapat menambahkan satu sendok teh madu – jika Anda menyukainya. Tidak perlu khawatir, karena madu juga akan membantu sistem kerja teh dalam mengatasi peradangan – karena di dalam madu mengandung antibakteri yang dapat membuat radang tenggorokan kering dan sakit untuk menelan Anda sembuh dengan cepat.

Anda dapat mengonsumsinya di malam hari atau pagi hari, namun pada malam hari akan sangat membantu Anda tidur dengan nyenyak karena dapat mencegah batuk.

5. Permen pelega tenggorokan

Permen pelega tenggorokan atau lozonge ini dapat kamu temukan dimana saja. Sebagian besar permen ini mengandung menthol, mint atau eucalyptus yang akan memberi efek sejuk serta mati rasa pada jaringan tenggorokan agar tidak terasa sakit.

Permen pelega radang tenggorokan tidak sembuh-sembuh ini juga sangat efektif karena selain banyak rasa juga mengandung antiperadangan, antibakteri, dan antivirus sehingga cocok untuk Anda konsumsi saat radang tenggorokan. Permen ini juga akan menjaga tenggorokan Anda tetap basah, mengatasi rasa gatal dan sangat efektif di saat-saat darurat serta mudah dibawah kemana saja.


Selain hal-hal diatas, adapun beberapa gaya hidup yang perlu Anda perhatikan untuk mengobati radang tenggorokan Anda dengan mudah dan alami, seperti dibawah ini:

  1. Berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol
  2. Berolahraga
  3. Minum air putih yang cukup
  4. Berkumur dengan campuran kunyit dan air hangat.
  5. Kumur dengan cuka apel dan garam
  6. Mengonsumsi air perasan lemon, cukup  1 sendok teh saja dengan air hangat.
  7. Mengunyah bawang putih
  8. Mandi dengan menggunakan air hangat.
  9. Dan istirahat yang cukup

Dengan demikian artikel pengobatan alami radang tenggorokan yang dapat Anda gunakan dan konsumsi dirumah. Pengobatan yang direkomendasikan diatas, cukup efektif dan ampuh serta tidak akan menyebabkan ketergantungan. Anda juga tidak perlu khawatir, karena pengobatan tersebut alami dan tidak menimbulkan efek samping.

Namun, ketika ciri radang tenggorokan pada anak yang Anda alami sudah semakin parah – segeralah periksakan ke dokter THT untuk mendapatkan perawatan. Tetap jaga kesehatan Anda dan perhatikan lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit yang dapat memperparah radang tenggorokan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan