Sponsors Link

Jangan Berkecil Hati, Ada 10 Pengobatan Alternatif Gangguan Pendengaran

Sponsors Link

Saat salah satu indra kita mengalami gangguan, kita pasti pernah mengalami ketakutan. Apalagi banyak efek samping infeksi telinga. Khawatir akan biaya operasi gendang telinga, khawatir jika fungsi indra tersebut mengalami gangguan yang cukup lama atau bahkan kehilangan fungsi untuk selamanya. Namun, jangan khawatir, Berikut 10 pengobatan alternatif gangguan pendengaran. Ada juga cara mengobati radang telinga dan cara menjaga kesehatan telinga secara alami.

ads
  1. Terapi Pijat

Terapi pijat memang terapi yang paling umum dicari ketika mengalami gangguan pendengaran. Tetapi, kita harus tetap waspada kepada terapis – terapis yang menawarkan terapi pijat. Sebab bagian tubuh yang dipijat adalah kepala dan leher yang merupakan bagian vital pada tubuh.

  1. Terapi Suara

Terapi ini dapat anda lakukan jika anda terbiasa di lingkungan dengan tingkat polusi suara tinggi atau bising. Terapi ini dilakukan dengan mendengarkan suara yang memberi efek tenang, seperti suara angina yang lembut, hujan, pegunungan, dan sumber suara lembut  lainnya.

  1. Terapi Stemcell

Pengobatan ini termasuk pengobatan yang termasuk memerlukan biaya yang cukup. Sebab terapi ini memerlukan sel punca yang ditanamkan dalam telinga untuk menggantikan sel dalam telinga yang rusak dan menimbulkan gangguan pendengaran.

  1. Terapi Syaraf

Gangguan syaraf pendengaran merupakan salah satu penyebab gangguan pendengaran yang umum dialami. Untuk itu disarankan melakukan terapi ini kepada terapis yang memadai dan resmi untuk mencegah malpraktek yang merugikan pasien sendiri.

  1. Akupuntur Telinga

Tubuh manusia terdiri dari banyak syaraf. Begitu pula dengan telinga kita. Telinga juga terdiri dari banyak syaraf. Akupuntur telinga menggunakan jarum untuk melancarkan peredaran darah di telinga. Sehingga jika peredaran darah lancar tidak ada sumbatan, maka gangguan pendengaran akan hilang.

  1. Aromaterapi

Memang tidak serta – merta memasukkan aromaterapi ke dalam telinga. Berbagai wewangian memberikan efek yang berbeda beda kepada tubuh kita. Ada yang menyegarkan, mengurangi stres, lembut, menenangkan. Intinya untuk merelaksasi tubuh sehingga peredaran darah lancar, maksimalkan fungsi tubuh, serta  syaraf yang kencang dikendurkan. Selain mencium aroma, penggunaan aromaterapi ini juga dapat melalui penggosokan di bagian leher agar lebih rileks.


  1. Penggunaan Alat Bantu Dengar

Penggunaan alat ini bisa digunakan jika gangguan pendengaran yang dialami adalah suara yang masuk terlalu pelan atau bahkan tidak dengar sama sekali.

  1. Membersihkan Telinga

Jangan meremehkan dalam hal membersihkan telinga. Membersihkan telinga termasuk hal yang sangat berpengaruh dalam pengobatan alternatif gangguan pendengaran yang diakibatkan kotoran telinga yang menumpuk.

Kotoran telinga yang menumpuk dan menggumpal di saluran telinga akan mengakibatkan gangguan pendengaran. Untuk itu usahakan membersihkan telinga secara rutin (rutin yang dimaksud disini adalah tidak terlalu sering, seperlunya saja, misal beberapa bulan sekali di dokter THT untuk membersihkan kotoran telinga.


  1. Mengonsumsi Obat dan Suplemen Herbal

Pengobatan memang tidak bisa lepas dari obat. Namun yang perlu diperhatikan adalah tidak semua obat adalah solusi untuk penyakit kita. Demikian pula dengan obat dan suplemen herbal yang beredar di pasaran untuk telinga.
Tidak semuanya bisa menyebutkan. Salah – salah dapat menimbulkan keracunan dan efek alergi lainnya. Unutk itu perlu dicermati obat dan suplemen mana yang cocok untuk gangguan pendengaran yang kita alami.

  1. Menggunakan Penyumbat Telinga

Telinga juga perlu istirahat. Mendengarkan musik terlalu lama apalagi menggunakan headset terus menerus juga memicu gangguan pendengaran. Untuk itu, menggunakan penyumbat telinga yang bertujuan supaya telinga tidak mendengarkan suara yang terlalu keras dan tidak kemasukan air ketika aktivitas air merupakan salah satu cara mengistirahatkan telinga untuk menyembuhkan gangguan pendengaran,

Langkah yang tepat dalam pengobatan untuk gangguan pendengaran dibutuhkan agar hal yang fatal tidak terjadi. Kesalahan pengobatan dapat menyebabkan penderita kehilangan pendengarannya secara permanen. Untuk itu, pentingnya informasi mengenai pengobatan alternatif gangguan pendengaran dan cara merawat telinga agar tidak tuli, sangat penting untuk diketahui dan disebarkan kepada yang membutuhkan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Telinga