Sponsors Link

7 Pengobatan Alternatif Tinnitus Paling Manjur

Sponsors Link

Tinnitus bukanlah sebuah penyakit dan jarang menjadi gejala dari masalah medis yang serius. Akan tetapi, tinnitus ini akan sangat mengganggu penderita dengan timbulnya suara mendengung secara terus menerus atau bahkan menderu sehingga mengganggu fungsi daun telinga. Tinnitus menjadi salah satu masalah telinga yang sering dialami banyak orang dimana 10% orang dewasa bisa mengalami tinnitus spontan secara berkepanjangan yakni sekitar 5 menit sampai dalam kasus yang berat dan tidak bisa hilang.

ads

Banyak dokter yang menyarankan untuk melakukan beberapa jenis terapi untuk menyembuhkan tinnitus tersebut. Akan tetapi, masih banyak pengobatan alternatif tinnitus yang bisa dilakukan khususnya bagi anda yang takut dengan perawatan medis di rumah sakit.

  1. Akupuntur

Dari beberapa penelitian memperlihatkan jika akupuntur bisa digunakan sebagai pengobatan tinnitus salah satu dari macam macam penyakit telinga. Hal yang harus dipastikan adalah memilih ahli akupuntur yang sudah berlisensi dari China ataupun Jepang. Ahli akupuntur umumnya sudah memiliki pelatihan dimana pengobatan China ini sudah menjadi pilihan banyak orang untuk menyembuhkan tinnitus. Menyembuhkan tinnitus dengan cara akupuntur umumnya membutuhkan 10 hingga 15 sesi yang dilakukan dengan menusukkan jarum pada beberapa titik yang sudah ditentukan.

  1. Drainase Tabung Eustachius

Ini merupakan teknik naturopati yang digunakan untuk pengobatan tinnitus untuk mengatasi hambatan pada tabung di bagian belakang gendang telinga dengan cara mengalirkan cairan dari telinga. Cara ini bisa digunakan untuk mengatasi tinnitus dan mempercepat proses penyembuhan infeksi telinga ringan sekaligus membuka telinga yang tertutup akibat menyelam atau terbang menggunakan pesawat dan mengatasi penyebab telinga berdengung.

  1. Suplemen

Seng dan juga vitamin B12 dalam bentuk picolinate sebanyak 90 hingga 150 mg bisa dikonsumsi selama 3 hingga 6 bulan untuk pengobatan alternatif tinnitus. Beberapa jenis suplemen tersebut sangat membantu untuk menyembuhkan tinnitus terkait usia dan juga gangguan pendengaran. Suntikan intramuskular vitamin B12 sebanyak 1000 mcg per minggu akan mengurangi tingkat keparahan tinnitus.

  1. Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba sudah menjadi salah satu pengobatan alternatif tinnitus dengan cara meningkatkan sirkulasi darah kemudian memperbaiki fungsi dari telinga dan mengurangi sensasi telinga berdering atau berdengung. Ginkgo biloba juga mengandung anti bakteri dan juga anti jamur yang sangat baik untuk mengobati infeksi mendasar dari tinnitus, cara mengobati telinga bernanah dan juga mengatasi penyebab telinga berdarah.

  • Konsumsi ekstrak ginkgo biloba yang bisa dibeli di toko herbal sebanyak 120 hingga 240 mg ekstrak yang mengandung 24 hingga 32% flavonoid dan juga 6 hingga 12% terpenoid.
  • Konsumsi setiap hari dengan 3 atau 4 dosis yang dibagi selama 6 minggu untuk hasil yang memuaskan.
  • Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebab ramuan ini bisa berinteraksi dengan beberapa jenis obat tertentu dan hindari untuk diberikan pada anak anak.
  1. Saline

Saline atau larutan air garam sangat baik untuk mengobati tinnitus yang disebabkan karena penyumbatan saluran hidung atau cairan berlebih pada sinus penyebab sinusitis.

  • Campur 1 sendok teh garam dengan gliserin dan 2 cangkir air hangat.
  • Gunakan botol semprot hidung untuk menyumtikkan larutan tersebut pada setiap lubang hidung sampai mengalir ke belakang tenggorokan.
  • Semprotkan juga larutan tersebut pada tenggorokan dan lakukan 3 kali sehari sampai tinnitus bisa disembuhkan.

  1. Suplemen Melatonin

Umumnya, melatonin bukan dijadikan sebagai suplemen untuk tinnitus atau masalah gangguan pendengaran lainnya. Melatonin merupakan hormon kuat yang di produksi secara alami oleh tubuh dan juga bisa didapatkan dalam bentuk pil untuk mengatasi masalah telinga berdengung atau tinnitus dan juga menyembuhkan penyebab telinga sakit. Melatonin ini sangat baik untuk membantu penderita tinnitus agar bisa tidur lebih nyenyak sekaligus menyembuhkan tinnitus secara cepat.

  1. Alat Bantu Dengar

Umumnya, penderita tinnitus akan mengalami gejala yang berkembang dimana gangguan pendengaran akan terjadi. Kehilangan pendengaran akan membuat otak mengalami perubahan memproses frekuensi suara dan alat bantu dengar yang merupakan peralatan elektronik ini sangat baik untuk meningkatkan volume suara eksternal atau yang berasal dari luar. Alat ini bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif tinnitus untuk meredakan perubahan neuroplastik yakni kemampuan otak untuk memproses suara dan bisa digunakan juga untuk mengatasi telinga berdenging sebelah kiri.

Pengobatan alternatif tinnitus bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari pengobatan tradisional sampai menggunakan beberapa bahan alami untuk mengatasi gangguan pada telinga. Pengobatan alternatif ini sekarang juga lebih digandrungi khususnya bagi penderita yang tidak ingin berobat ke dokter.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan