Sponsors Link

8 Pengobatan Tinnitus Paling Efektif dan Cepat Sembuh

Sponsors Link

Tinnitus atau sensasi berdenging di dalam telinga bisa disebabkan karena berbagai hal seperti alergi makanan yang bisa menimbulkan migrain dan ruam seperti beberapa jenis makanan diantaranya alpukat, kedelai, pisang, junkfood dan makanan tinggi MSG, penyakit lyme yang juga menimbulkan gejala tinnitus dan masih banyak lagi penyebab lainnya. Tinnitus yakni satu dari macam macam penyakit telinga ini bisa terjadi karena dipicu beberapa penyebab seperti yang sudah kami sampaikan.

ads

Namun sebenarnya, tinnitus juga bisa diatasi dengan mudah baik dengan vitamin, herbal dan juga suplemen yang bisa mengurangi rasa mengganggu dari tinnitus. Berikut ini akan kami berikan beberapa pengobatan tinnitus yakni menggunakan bahan alami dan juga pengobatan medis yang bisa anda jadikan sebagai referensi penyembuhan tinnitus.

  1. Jahe

Jahe menjadi pengobatan tinnitus alami pertama yang sudah terbukti efektif untuk memperbaiki sirkulasi darah, menyingkirkan patogen dan juga melawan radikal bebas berbahaya. Selain itu, jahe juga memiliki sifat serupa seperti aspirin yang akan mengurangi rasa sakit dari tinnitus, cara mengatasi telinga bernanah dan cara mengobati telinga berdengung.

  • Tambahkan 1 1/2 sendok teh jahe parut dalam secangkir air panas.
  • Diamkan selama 10 menit lalu saring dan tambahkan sedikit madu.
  • Minum teh herbal ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari dalam beberapa hari untuk mengatasi gejala tinnitus.
  • Cara lainnya adalah dengan mengunyah jahe mentah untuk mengurangi tekanan pada telinga yang disebabkan tinnitus.
  1. Minyak Mustard

Minyak mustard menjadi salah satu pengobatan alami yang banyak digunakan untuk menyembuhkan tinnitus dan cara mengobati telinga tersumbat. Minyak mustard ini akan melancarkan sirkulasi sekaligus memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang akan mengobati infeksi telinga. Minyak mustard juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melindungi dari infeksi lanjutan serta menghilangkan kotoran yang ada di dalam telinga.

  • Panaskan sedikit minyak mustard dalam microwave lalu tuangkan beberapa tetes minyak tersebut ke dalam telinga selagi masih hangat.
  • Diamkan selama 5 hingga 10 menit dan miringkan kepala ke sisi berbeda supaya minyak bisa keluar dari telinga.
  • Ulangi cara ini 1 kali sehari dalam beberapa hari.
  1. Cuka Apel

Pengobatan tinnitus berikutnya adalah menggunakan cuka apel yang berperan sebagai agen anti jamur dan anti inflamasi sekaligus mengobati infeksi mendasar yang berhubungan dengan tinnitus dan juga cara mengobati telinga berair. Selain itu, cuka apel juga akan menyeimbangkan kadar alkalin dalam tubuh anda.

  • Campurkan 2 sendok teh cuka apel dengan sedikit madu dan 1 gelas air.
  • Minum larutan ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari sampai tinnitus bisa sembuh total.

  1. Bawang Merah

Dalam bawang merah memiliki sifat anti bakteri yang akan mengobati infeksi telinga penyebab tinnitus dan penyebab telinga sakit.

  • Potong menjadi dua bagian 1 siung bawang merah lalu panaskan dalam microwave selama 1 hingga 2 menit.
  • Diamkan sampai dingin dan saring jusnya.
  • Teteskan jus bawang merah tersebut pada telinga yang terinfeksi dan diamkan selama 5 menit.
  • Miringkan kepala kearah berlawanan untuk mengeluarkan jus dan lakukan sebanyak beberapa kali dalam seminggu untuk menyembuhkan tinnitus.
  1. Biofeedback

Biofeedbac merupakan terapi pengobatan penyakit tinnitus yang memakai stimulasi listrik ringan untuk meningkatkan kesadaran pasien pada perubahan fisik akibat stresor sekaligus mengurangi respons stres fisik yang mengganggu fungsi daun telinga. Apabila tinnitus yang di derita parah, maka harus menggunakan perangkat ini yang akan dipasang di belakang telinga oleh audiolog.

  1. Antibiotik

Antibiotik umumnya digunakan juga untuk pengobatan penyakit tinnitus sebaagi obat pada serangan pertama sekaligus untuk mengatasi infeksi telinga yang disebabkan dari tinnitus.


  1. Masking Device

masking device dan juga alat bantu dengar berguna untuk terapi suara untuk mengurangi intensitas suara yang tidak diinginkan atau meningkatkan volume suara supaya lebih lembut dan bisa menghilangkan suara tinnitus yang sangat mengganggu. Perangkat untuk pengobatan tinnitus ini dibagi menjadi beberapa jenis seperti:

  • White noise machines atau sleep machines
  • Masking device yang digunakan pada telinga seperti alat bantu dengar
  • Alat bantu pendengaran khusus yang direkomendasikan oleh dokter dan sebagainya.
  1. Pemeriksaan Audiolog

Banyak penderita tinnitus yang mengalami gangguan pendengaran karena kotoran dan juga lilin yang menumpuk di telinga penyebab telinga berdenging sebelah kanan. Asosiasi tinnitus Amerika menyarankan untuk berkunjung ke audiolog supaya telinga bisa diperiksa sebelum melakukan tindakan lebih lanjut. Apabila kotoran berlebih maka akan dihilangkan untuk mengurangi kebisingan yang ditimbulkan dari tinnitus.

Itulah beberapa Pengobatan Tinnitus Paling Efektif dan Cepat Sembuh yang dapat penulis sampaikan. Semoga bisa membantu menyembuhkan penyakit tinnitus yang sedang anda derita, Semoga bermanfaat!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan