Sponsors Link

Waspada 4 Macam Penyakit Penyebab Mimisan yang Harus Dihindari!

Sponsors Link

Hidung mimisan karena benturan ataupun penyebab mimisan setiap hari dapat dipicu karena berbagai hal. Diantaranya adalah faktor kelelahan, stress, dan juga cuaca ekstrim. Ada banyak akibat mimisan berlebihan yang mungkin terjadi salah satunya pingsan dan kesulitan bernafas.

ads

Justru yang patut kita hindari dan waspadai adalah jika mimisan terjadi disebabkan oleh penyakit. Pada artikel kali ini kami akan mengulas tentang beberapa penyakit penyebab mimisan setelah sebelumnya membahas tentang penyebab mimisan pada anak. Karena beberapa penyakit ini sangat berbahaya dan perlu dilakukan perawatan yang intensif untuk menyembuhkannya.

1. Hemofilia

Hemofilia sendiri ada penyakit penyebab mimisan yang seringkali disepelekan. Penyakit ini merupakan suatu kondisi dimana tubuh mengalami defisit protein yang sangat berfungsi bagi sistem pembekuan darah. Protein yang berperan dalam pembekuan darah ini disebut juga dengan faktor pembekuan atau koagulan.

Pada orang normal pendarahan ringan dapat sembuh dengan cepat. Protein biasanya akan membentuk jaringan yang berfungsi untuk mencegah darah terus mengalir. Sedangkan pada penderita hemofilia hal tersebut tidak terjadi.

Darah akan sulit berhenti mengalir sehingga jika hidung mimisan karena terbentur darah akan sulit untuk berhenti. Sehingga mimisan yang terjadi bisa lebih lama dari biasanya.

2. Karsinoma Nasofaring

Ini adalah jenis kanker yang terjadi pada Nasofaring atau bagian yang terletak di rongga atas faring (tenggorokan) di bagian hidung. Squosmous cell carcinoma (SCC) adalah jenis kanker yang paling sering terjadi disini. Pada penderita mimisan merupakan gejala dari penyakit tersebut dan seringkali jika keluar ingus dari hidung akan diikuti dengan bercak darah.

Mimisan yang terjadi biasanya terjadi di salah satu bagian hidung. Sedangkan tanda-tandanya cukup sulit untuk di deteksi karena seperti mimisan pada umumnya. Anda juga harus berhati-hati jika mengalami pusing disertai mimisan. Ada baiknya anda rutin memeriksakan diri jika memang sering mengalami mimisan.

3. Leukimia

Pasti anda sudah cukup familiar mendengar penyakit penyebab mimisan berikut ini. Penyakit yang saat ini sedang diidap oleh mantan Ibu Negara Indonesia dan juga anak salah seorang artis ternama ini memang mematikan. Leukimia adalah kanker pada sel darah putih yang menyebabkan produksi sel darah putih normal terganggu.

Hal ini menyebabkan sel darah putih tidak dapat dengan optimal melawan infeksi yang terjadi pada tubuh.

Orang yang menderita penyakit leukimia cenderung sering mengalami memar dan juga mengalami pendarahan. Leukimia juga dapat menjadi penyebab mimisan setiap hari. Selain itu pendarahan yang terjadi pada penderita leukimia akan sulit dihentikan meskipun tergolong pendarahan ringan.


4. Limfoma

Limfoma juga merupakan sejenis kanker yang menyerang sel darah putih limfosit. Akibatnya hampir sama dengan leukimia dimana limfosit yang diproduksi tidak normal dan meningkatkan risiko kekebalan tubuh menurun drastis.

Limfoma dapat muncul di hampir seluruh bagian tubuh. Termasuk pada bagian rongga hidung (sinus). Pertumbuhan jaringan limfoid di hidung dapat mengikis bagian dalam pembuluh darah sehingga menyebabkan mimisan.

Demikian 4 macam penyakit penyebab mimisan yang harus kita hindari. Ingat untuk selalu memeriksakan diri secara berkala ke dokter atau klinik agar anda dapat mendeteksi penyakit yang ada dalam tubuh sedini mungkin.

, , ,
Oleh :
Kategori : mimisan