Sponsors Link

Wajib Catat 7 Penyebab Amandel Yang Sering Disepelekan

Sponsors Link

Terkadang kita seringkali lalai dalam menjaga asupan makanan termasuk menjaga pola hidup sehat. Karena tidak pernah sakit, atau cenderung jarang terkena penyakit kita jadi tidak mawas diri terhadap tubuh kita sendiri atau bahkan lingkungan sekitar kita.

ads

Salah satu penyakit yang harus diwaspadai adalah radang amandel. Penyakit satu ini cukup mengganggu serta tidak dapat diprediksi karena dapat menyerang siapa saja. Bahaya amandel sendiri perlu diperhatikan oleh setiap orang termasuk orang tua yang memiliki anak-anak.

Seringkali anak-anak tidak memperhatikan pantangan amandel dan makanan yang menyebabkan amandel sehingga mereka sering jajan sembarangan.

Kali ini kami akan membahas secara menyeluruh tentang apa saja penyebab amandel yang seringkali disepelekan. Hal tersebut wajib kita perhatikan agar terhindar dari radang amandel yang dapat membuat anda tidak nyaman.

1. Makanan yang tidak higienis

Makanan pinggir jalan atau disebut juga street food memang selalu menggiurkan untuk dicoba. Namun kadang kita lalai memperhatikan higienitas makanan tersebut. Makanan di pinggir jalan memang rentan terpapar kuman dan bakteri. Selalu pilih makanan yang terjaga secara baik dari kuman dan bakteri.

Hal ini dikarenakan penyebab amandel yang utama adalah kuman, bakteri serta paparan virus. Virus pilek, epstein-barr, cytomegalovirus serta bakteri group A merupakan penyebab umum radang amandel.

2. Minuman dingin

Anda pasti sering mendengar beberapa orang yang melarang kita mengkonsumsi minuman dingin atau es secara berlebihan. Hal ini memang tidak salah karena minuman dingin atau es merupakan penyebab amandel yang seringkali disepelekan orang-orang.

Es dapat memicu radang amandel khususnya bagi mereka yang mengalami hipersensitifit alergi khususnya pada sesuatu yang dingin. Es dapat menimbulkan peradangan berulang yang berkahir pada infeksi pada kelenjar amandel.

3. Makanan pedas

Makanan pedas memang selalu terasa nikmat jika disantap. Tapi sebaiknya mulai saat ini anda lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan pedas. Makanan pedas dapat memicu peradangan pada kelenjar amandel dan memperburuk jika kondisi tubuh sedang turun. Oleh karena itu anda perlu tahun makanan untuk penderita amandel yang tepat dikonsumsi.

4. Kelelahan

Faktor kondisi tubuh juga dapat menjadi penyebab amandel yang paling signifikan. Karena ketika kondisi tubuh menurun akibat kelelahan sistem imun tubuh akan tidak maksimal. Dampaknya adalah kuman dan bakteri menjadi lebih mudah masuk ke dalam tubuh.


5. Terpapar dari kontak tidak langsung

Penyebab amandel yang lain adalah terjadi kontak secara tidak langsung terhadap orang yang menderita amandel. Tak jarang ketika seseorang penderita amandel bersin atau batuk kita terpapar oleh bakteri yang terhirup melalui udara.

6. Terpapar dari kontak secara langsung

Bakteri juga dapat terpapar secara langsung dengan skema yang sama yakni melalui batuk atau bersin. Namun bedanya pada kontak langsung, bakteri tersebut terbawa melalui percikan ludah yang menempel pada suatu benda. Nah jika kita memegang benda tersebut maka bakteri penyebab amandel dapat masuk ke dalam tubuh.

7. Paparan zat kimia

Peradangan pada kelenjar amandel juga dapat disebabkan oleh paparan zat kimia yang terus menerus dan dalam jumlah banyak. Zat kimia ini banyak kita temukan pada makanan ringan atau snack. Selain itu kebiasaan merokok juga dapat membuat amandel membengkak serta terjadi peradangan jika tidak segera dibatasi.

Pada dasarnya radang amandel atau amandel membengkak disebabkan oleh virus dan bakteri ketika tubuh melemah atau sistem kekebalan tubuh tidak sempurna. Ketika amandel memburuk ada baiknya anda mempersiapkan antibiotik untuk amandel kronis.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Amandel