Sponsors Link

7 Penyebab Anak Mimisan Mendadak yang Belum Banyak Orang Ketahui

Sponsors Link

Mimisan memang dapat terjadi pada siapapun dengan rentang usia berapapun. Umumnya mimisan timbul sebagai dampak dari kelelahan atau bisa jadi merupakan tanda-tanda penyakit serius. Perhatikan pula penyebab mimisan setiap hari.

ads

Pada kasus anak-anak, mimisan dapat terjadi karena mereka memang memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna seperti orang dewasa. Penyebab dari mimisan pada anak-anak yang cukup beragam perlu kita waspadai.

Kenapa? Mungkin pada awalnya tidak akan mengganggu tapi jika terus menerus terjadi anda patut curiga bahwa hal tersebut bisa saja karena penyakit kelainan darah serius seperti hemofilia dan leukimia.

Penyebab Anak Mimisan Mendadak

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang apa saja sih yang bisa menjadi trigger atau pemicu mimisan pada anak. Simak daftar penyebab mimisan pada anak di bawah ini:

1. Kecapekan

Yup, kecapekan mungkin merupakan alasan yang wajar atau menjadi penyebab yang paling sering terjadi sehingga memicu mimisan pada anak. Sebaiknya anda tidak membebani anak anda dengan aktivitas yang terlalu berat setiap harinya.

Seperti kita ketahui bahwa anak-anak zaman sekarang banyak yang menghabiskan waktu di sekolah, les, atau kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang menyita banyak waktu dan tenaga. Mulai saat ini sebagai orang tua, sebaiknya anda membatas kegiatan anak anda agar mereka cukup istirahat.

2. Cuaca ekstrim

Imunitas pada anak memang cenderung belum sempurna. Udara kering ternyata dapat memicu munculnya mimisan pada anak. Cuaca ekstrim lainnya seperti panas juga membuat anak-anak rentan terkena penyakit.

Apalagi jika terjadi perubahan suhu yang signifikan dari panas ke dingin atau sebaliknya. Anak akan mudah mengalami mimisan. Perhatikan pula akibat mimisan berlebihan pada anak.

3. Flu

Penyakit flu sendiri juga dapat menjadi penyebab anak mimisan. Hal ini dapat terjadi karena ketika mengalami flu atau pilek anak akan cenderung menghembuskan nafas dengan kencang. Ketika anak menghembuskan nafas dengan kencang dan menyeka hidungnya maka dapat terjadi mimisan. Hati-hati juga jika mengalami pusing disertai mimisan.

4. Kebiasaan mengorek hidung

Penyebab anak mimisan lainnya adalah kebiasaan anak-anak untuk mengorek hidung. Ujung-ujungnya hidung dapat terluka dan hal itulah yang memicu mimisan pada anak. Perhatikan selalu kebiasaan anak anda, jangan sampai kebiasaan sepele malah berakibat buruk bagi kesehatannya.

Belum lagi bahaya kuman dan bakteri yang mungkin masuk melalui saluran pernafasan jika tangan yang digunakan tidak bersih.

5. Hidung terbentur

Pembuluh darah pada hidung memang relatif lebih tipis jika dibandingkan dengan bagian lain pada tubuh. Sehingga memang lebih rentan untuk mengalami pecah jika terkena benturan. Baik pada anak-anak maupun dewasa pembuluh darah pada hidung ini perlu diperhatikan.

Hidung mimisan karena benturan sering terjadi baik pada anak-anak maupun dewasa. Sebaiknya sebagai orangtua kita patut untuk selalu melakukan pengawasan jika anak sedang melakukan aktivitas bermain.


6. Stress

Selain kelelahan ternyata stress dan beban pikiran yang berlebihan dapat menjadi penyebab mimisan pada anak loh. Stress dan beban pikiran yang berlebihan dapat memicu melemahnya pembuluh darah pada hidung sehingga dapat memicu mimisan.

Sekali lagi selalu perhatikan kondisi emosi dan juga pikiran dari anak anda. Jangan terlalu memaksakan sesuatu atau hindarkan mereka dari hal-hal yang dapat memicu stres.

7. Kelainan bentuk hidung

Jika anak mengalami kelainan hidung bengkok (septum deviasi) dia akan mudah terserang mimisan. Anda dapat memeriksakan hal ini kepada dokter untuk memastikan apakah kelainan tersebut ada atau tidak.

Nah itu dia Penyebab Anak Mimisan Mendadak yang wajib para orang ketahui agar suatu saat apabila anak anda mengalami mimisan dapat ditangani dengan baik dan benar.

, , , ,
Oleh :
Kategori : mimisan