Sponsors Link

5 Penyebab Bayi Mimisan Wajib Diwaspadai Setiap Orang Tua

Sponsors Link

Mimisan adalah perdarahan dari bagian dalam hidung. Mimisan bisa terjadi pada semua usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Saat seseorang mimisan, itu adalah karena faktor gangguan kecil yang terjadi, sehingga hidung mengeluarkan cairan darah yang tidak bisa di tahan. Berikut kita akan lihat penyebab anak atau bayi bisa mimisan:

ads

1. Sering mengorek lubang hidung

Penyebab mimisan pada anak, bayi, atau balita adalah sering mengorek hidung. Balita atau anak-anak yang memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap benda-benda di sekitar mereka bukan tidak mungkin akan mencari tahu bahkan secara ekstrim.

Itu alasanya, jika mulai ada pendarahan kecil yang terdapat pada hidung bayi, atau anak-anak itu artinya mereka sudah mengorek lubang hidungnya. Mungkin juga, ketika mereka memasukkan benda tumpul ke dalam lubang hidung yang menjadi penyebab mimisan pada anak.

Kebiasaan sering mengorek lubang hidung apalagi terlalu kuat akan mampu memicu timbulnya mimisan. Anda juga bisa cari tahu penyebab anak mimisan mendadak yang belum banyak orang ketahui yang bagus juga untuk kita pelajari.

2. Hidung terbentur atau terpukul benda keras

Penyebab mimisan pada anak atau bayi, bisa juga karena hidung yang terbentur keras dengan benda keras. Mengingat anak-anak memiliki pembuluh darah yang lemah, khususnya di area hidung, orang dewasa juga yang memiliki pembuluh darah yang di area hidung normal pun, bisa beresiko mengalami mimisan ketika terjadi benturan maupun mendapat pukulan yang cukup keras.

Pembuluh darah di hidung menjadi pecah dan akhirnya darah keluar melalui lubang hidung. Anda juga bisa lihat penyebab mimisan setiap hari yang berbahaya yang menarik juga untuk kita pelajari.

3. Alergi

Penyebab umum mimisan pada bayi termasuk pilek, alergi, dan infeksi sinus, baik itu akibat kelembapan udara yang rendah maupun trauma, seperti akibat terpukul karena adanya benda asing di hidung.

Kadang-kadang mimisan juga bisa di sebabkan masalah anatomi seperti struktur abnormal atau adanya pertumbuhan di dalam hidung yang dapat menyebabkan pendarahan, misalnya karena penggunaan obat-obatan tertentu.

4. Kelelahan

Mimisan yang terjadi pada anak anda, bisa terjadi karena penyebabnya yaitu kelelahan, karena pembuluh darah yang relatif lemah. Ketika buah hati anda mengalami kelelahan, pembuluh darah yang lemah ini, mudah sekali tegang lalu akhirnya pecah. Akibatnya mimisan tidak bisa terhindari.


Itu sebabnya, orang tua juga perlu berhati-hati, jika anak-anak mimisan karena penyebab yang satu ini. Anda bisa dapatkan banyak informasi tambahan juga dengan melihat penyebab mimisan pada anak yang penting diketahui yang juga bermanfaat bagi anda.

5. Suhu udara ekstrim

Perubahan cuaca yang tidak menentu juga menjadi salah satu alasan bayi, atau anak – anak bisa mimisan. Jika memiliki daya tahan tubuh yang relatif rendah, suhu udara yang cepat berubah dari panas ke dingin atau sebaliknya juga bisa memicu mimisan terjadi pada balita dan anak-anak.

Anda bisa juga lihat pusing disertai mimisan yang bisa kita ketahui juga. Jadi, perubahan cuaca yang ekstrim bisa menimbulkan flu yang kemudian membuat balita atau bayi anda menyeka hidungnya.

Ketika sekaan yang terlalu kuat, sudah di pastikan anak anda akan mengalami mimisan. Karena seperti yang kita tahu, anak- anak memiliki pembuluh darah di bagian hidung, yang relatif lemah, dan bahkan lebih lemah daripada orang dewasa.

, , , ,
Oleh :
Kategori : mimisan