Sponsors Link

10 Penyebab Flu Di Pagi Hari Yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Pada saat pagi hari setelah bangun tidur adalah waktu yang ideal untuk memulai segala aktivitas. Namun, jika bangun di pagi hari hidung sakit saat flu seperti meler dan bersin-bersin bisa jadi adalah alergi atau yang biasa disebut rhinitis. Kondisi alergi ini biasanya disertai dengan hidung gatal, pilek, hidung merah hinga mata sembab dan berair. Pilek setiap bangun tidur ini tentunya akan sangat membuat Anda merasa tidak nyaman.

ads

Di sini perlu diperjelas bahwa flu dan pilek adalah dua kondisi yang berbeda. Flu disebabkan oleh virus influenza sedangkan pilek adalah gejala yang disebabkan oleh faktor selain virus seperti bakteri, jamur atau alergi. Gejala-gejala yang dialami pada saat flu diantaraya hidung tersumbat, demam, keluar cairan dari hidung, batuk, sakit kepala hingga badan lemas. Penyebab flu utama adalah virus sehingga daya tahan tubuh yang kurang kuat menjadi sasaran empuk bagi virus influenza untuk menyerang. Apabila keadaan ini dibiarkan begitu saja, maka dapat menjadi penyebab sinusitis dan gejala radang tenggorokan yang berbahaya. Berikut dijelaskan lebih lanjut penyebab flu di pagi hari yang perlu Anda waspadai.

  1. Kurang Minum atau Dehidrasi

Penyebab flu di pagi hari yang pertama adalah kurangnya minum atau dehidrasi tanpa disadari. Hal ini tentu saja fatal karena tubuh membutuhkan air dan cairan untuk proses metabolisme dan sirkulasi darah. Selain itu air juga diperlukan untuk proses sekresi yakni pembuangan racun dari dalam tubuh. Apabila tubuh kekurangan air maka racun dalam tubuh pun menjadi sulit dibuang. Oleh karena itulah sebaiknya penuhi asupan air dalam tubuh dengan mengonsumsi 8 gelas air per hari untuk kelancaran metabolisme. Jika Anda tidak memenuhi asupan air dengan cukup maka dapat menjadi penyebab tenggorokan sakit saat bangun tidur.

  1. Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan yang terlalu cepat dalam waktu singkat dapat berakibat buruk pada sistem kekebalan tubuh. Bahkan hal ini dapat mengganggu kinerja otak dan jantung. Jika sistem kekebalan tubuh terganggu maka dapat menciptakan inflamasi yang berakibat sistem imun perlu bekerja keras untuk melawan inflamasi tersebut. Akibatnya jika ada virus influenza mencoba masuk maka sangat mudah sehingga flu pun tidak dapat terhindarkan.

  1. Stres atau Depresi

Stres atau depresi yang Anda alami dapat mengganggu kesehatan serta melemahkan sistem kekebalan tubuh. Jika sistem imun melemah maka respons virus influenza yang masuk menjadi lebih lama sehingga flu pun dapat terjadi dengan mudah.

  1. Terlalu Keras Bekerja

Jika Anda bekerja terlalu keras juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Biasanya orang yang bekerja terlalu keras ini mempunyai tubuh yang cepat lelah karena tidak memperhatikan asupan nutrisi dalam makanan. Hal inilah yang dapat memperburuk kondisi tubuh sehingga sistem kekebalan pun menjadi lemah. Akibatnya virus influenza pun mudah menyerang yang kemudian diikuti dengan flu di pagi hari.

  1. Konsumsi Gula Berlebihan

Selain dapat menyebabkan diabetes, gula yang dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan penurunann daya tahan tubuh. Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa 100 gram gula yang dikonsumsi dapat menurunkan kemampuan sel darah putih membunuh bakteri dan virus.


  1. Tinggal di Lingkungan Berpolusi Virus

Penyebab flu di pagi hari berikutnya adalah tinggal di lingkungann berpolusi virus. Hal ini tentu saja dipengaruhi keadaan lingkungan yang tidak bersih dan tercemar. Tentu saja peluang orang yang tinggal di lingkungan berpolusi lebih besar terkena flu daripada orang yang tinggal di lingkungan sehat.

  1. Kurang Berolahraga

Kurang berolahraga juga dapat menyebabkan flu di pagi hari. Biasanya orang yang tidak rutin berolahraga mempunyai pola hidup buruk sehingga virus pun menjadi lebih mudah masuk. Oleh karena itu, biasakanlah untuk berolahraga dengan rutin setiap hari seperti berlari, bersepeda maupun senam yang dapat menjaga kebugaran  tubuh.

  1. Istirahat Tidak Teratur

Istirahat teratur juga diperlukan untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit terutama flu. Orang yang tidak beristirahat secara teratur dapat memperlemah sistem kekebalan tubuhnnya. Jika sistem kekebalan tubuh sudah lemah maka penyakit apa saja dapat menyerang dengan cepat.


  1. Nutrisi Seimbang yang Kurang

Nutrisi diperlukan tubuh untuk memperlancar metabolisme. Apabila nutrisi yang masuk dalam tubuh dalam jumlah seimbang maka segala organ tubuh juga dapat menjalankan fungsinya. Begitu juga dengan sistem kekebalan tubuh yang dapat bekerja dengan baik jika nutrisi seimbang terpenuhi. Namun jika nutrisi yang diperlukan tubuh tidak terpenuhi maka tubuh pun menjadi kehilangan kemampuan melawan virus penyebab flu.

  1. Sedang Terserang Penyakit Lain

Jika seseorang sedang terserang penyakit lain seperti kanker atau HIV maka berpotensi besar untuk terserang flu juga. Hal ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuhnya memang sedang lemah atau terganggu.

Itulah 10 penyebab flu di pagi hari yang perlu Anda waspadai. Anda perlu menerapkan pola hidup sehat, istirahat dan olahraga teratur untuk menjauhkan agar tubuh pun menjadi sehat dan bugar. Jika tubuh sehat maka sistem kekebalan tubuh pun dapat berfungsi sebagaimana mestinya yakni menghalangi segala virus yang menyerang.  Dengan demikian gejala penyebab polip maupun penyebab sakit tenggorokan sampai ke telinga pun dapat terhindari.

, , ,