Sponsors Link

11 Penyebab Hidung Gatal dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Sponsors Link

Penyebab hidung gatal dan cara mengatasinya sangat penting untuk diketahui sehingga bisa diatasi sesegera mungkin. Hidung yang terasa gatal umumnya juga akan diikuti dengan gejala bersin yang menjadi gejala umum dari flu dan juga alergi. Flu dan juga alergi memiliki gejala yang hampir serupa sehingga penderita terkadang sulit untuk membedakannya. Hidung gatal sendiri sebenarnya bisa disebabkan karena berbagai hal dan juga jenis penyakit seperti penyebab hidung gatal dan cara mengatasinya yang akan kami ulas berikut ini.

ads
  1. Rhinitis Alergi

Rhinitis merupakan iritasi yang diikuti juga dengan peradangan pada membran mukosa dengan dua jenis yakni rhinitis alergi dan juga rhinitis non alergi. Untuk rhinitis alergi, beberapa gejala yang ditimbulkan diantaranya adalah hidung yang terasa gatal, iritasi yang terjadi di sekitar area hidung, sensitivitas indra penciuman mengalami penurunan, bersin dan lain sebagainya.

Rhinitis alergi umumnya terjadi disaat sistem imun tubuh sedang menurun sehingga tubuh tidak bisa melawan alergi yang akhirnya menimbulkan rasa gatal di sekitar area hidung.

  1. Rhinitis Non Alergi

Rhinitis non alergi yang merupakan salah satu dari macam macam rhinitis ini bisa menyebabkan rasa gatal yang terjadi di area hidung namun tidak disebabkan senyawa atau bahan alergen. Rhinitis non alergi tidak berhubungan dengan sistem imun tubuh yang bisa terjadi dalam jangka pendek atau jangka panjang. Rhinitis yang tidak disebabkan bukan karena alergi ini tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari hari sebab seringkali berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

  1. Penyempitan Saluran Pernapasan

Hidung yang terasa gatal juga bisa disebabkan karena penyempitan saluran pernapasan pada hidung seperti yang terjadi pada faktor penyebab sinusitis dimana juga akan mempersempit saluran pernapasan di area hidung. Gejala yang ditimbulkan biasanya meliputi hidung tersumbat, berlendir dan juga terasa gatal. Penyebab tersebut tidak dipengaruhi oleh udara atau sesuatu hal yang ada di sekitar namun terjadi karena penyakit yang sedang di derita atau perubahan yang terjadi di dalam tubuh.

  1. Perubahan Cuaca dan Suhu

Perubahan cuaca dan juga suhu juga menjadi faktor penyebab alergi hidung yang terasa gatal dan juga penyebab polip. Perubahan cuaca dan juga suhu akan membuat tubuh tidak bisa menyesuaikan ditambah lagi dengan sistem imun tubuh yang sedang menurun dan tidak bisa bekerja dengan baik. Apabila sedang peralihan musim seperti dari musim panas ke musim hujan, maka hidung gatal ini seringkali terjadi bahkan sampai menyebabkan bersin, hidung tersumbat dan demam.

  1. Mengkonsumsi Alkohol Berlebihan

Penyebab hidung gatal selanjutnya bisa terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi alkohol yang membuat sistem imun tubuh akan semakin menurun secara bertahap yang juga menjadi salah satu penyebab sinusitis maksilaris. Hal tersebut akan menimbulkan berbagai masalah serta penyakit dan salah satunya adalah menimbulkan alergi gatal pada hidung yang tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari hari.


  1. Terkontaminasi Bahan Kimia

Bahan kimia memang memiliki kegunaan untuk kehidupan sehari hari namun juga memiliki efek samping seperti salah satunya menimbulkan alergi hidung gatal bahkan bisa menimbulkan gejala radang tenggorokan. Beberapa bahan kimia yang bisa menimbulkan alergi gatal pada hidung diantaranya adalah bahan sabun mandi, detergen, pembersih lantai dan lain sebagainya. Selain menyebabkan hidung gatal, beberapa bahan kimia juga akan mengakibatkan kulit juga merasakan sensasi gatal yang bersifat sementara.

Cara Mengatasi Alergi Hidung

Penyebab hidung gatal dan cara mengatasinya harus dilakukan dengan benar agar alergi tersebut bisa ditangani berdasarkan jenis penyebabnya seperti ulasan dari kami berikut ini.

  1. Dekongestan dan Antihistamin

Obat obatan yang mengandung antihistamin berguna untuk menghalangi zat histamin yang menjadi penyebab hidung gatal serta bersin. Sedangkan untuk obat yang mengandung dekongestan berguna untuk melancarkan saluran pernapasan tersumbat karena alergi hidung. Untuk mengkonsumsi dua jenis obat ini haruslah dengan resep dokter karena tergolong dalam jenis obat keras.

  1. Teh Hijau

Dalam teh hijau juga mengandung antihistamin dan juga antioksidan alami yang sangat berguna untuk mengurangi rasa gatal alergi hidung sekaligus obat radang tenggorokan. Konsumsi 2 cangkir teh hijau setiap hari untuk mencegah senyawa alergen yang menyerang tubuh penyebab alergi hidung.


  1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat anti virus alami yang bisa menangkal senyawa alergen penyebab alergi hidung gatal sekaligus cara mengatasi tenggorokan gatal. Sementara untuk cara mengkonsumsinya akan lebih baik jika dikonsumsi dalam keadaan mentah karena lebih efektif. Namun jika tidak kuat dengan aromanya, maka bisa dimasak namun hindari menggunakan panas yang tinggi. Untuk mengkonsumsi bawang putih mentah bisa ditambahkan dengan madu untuk menghilangkan rasa pedas dan getir dari bawang putih.

  1. Madu

Madu juga menjadi bahan herbal yang sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga sangat disarankan untuk di konsumsi untuk mengobati alergi hidung gatal.

  1. Jahe

Jahe yang termasuk salah satu jenis rempah ini tidak hanya baik digunakan untuk cara mengatasi suara hilang akibat batuk, namun juga sangat baik untuk melegakan saluran pernapasan dan juga mengatasi hidung mampet serta gatal yang dikarenakan alergi. Rebus parutan jahe dengan air mendidih lalu tambahkan madu untuk mengurangi rasa pedas dari jahe. Minum air rebusan jahe ini selagi masih panas supaya lebih efektif dalam mengatasi alergi hidung gatal.

Penyebab hidung gatal dan cara mengatasinya seperti ulasan yang sudah kami berikan diatas bisa anda jadikan informasi tambahan mengenai beberapa penyakit ringan yang bisa sewaktu waktu menyerang tubuh anda. Sesudah mengetahui beberapa penyebab hidung gatal, anda bisa menggunakan beberapa cara untuk mengatasi hidung gatal seperti yang sudah kami berikan. Semoga bisa bermanfaat.

, ,