Sponsors Link

10 Penyebab Mimisan Pada Anak yang Penting Diketahui

Sponsors Link

Mimisan merupakan pendarahan yang terjadi pada hidung. Hal ini tentunya akan membuat Anda merasa pusing saat darah keluar melalui hidung sehingga dapat menyebabkan tidak lancarnya darah mengalir ke otak. Terutama ketika mimisan terjadi pada anak-anak. Tentunya, Mimisan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini beberapa penyebab mimisan pada anak yang sangat perlu untuk diketahui.

ads

1. Terjadinya cedera di hidung

Penyebab mimisan pada anak – salah satunya karena terjadinya cedera di hidung. Hal ini terjadi ketika anak mengalami benturan dan mendapatkan tekanan secara tiba-tiba saat terjatuh. Hal tersebut akan beresiko membuat hidung trauma dan membuat pembuluh darah hidung pecah hingga akhirnya anak mengalami mimisan.

2. Suhu udara yang ekstrem

Saat suhu udara ataupun cuaca mulai tidak menentu, akan membuat kita mudah sakit terutama pada anak-anak jika memiliki daya tahan tubuh yang cukup rendah. Suhu udara yang berganti dari panas ke dingin atau dari dingin ke suhu panas akan memicu anak mengalami mimisan karena tidak dapat mengondisikan tubuh pada cuaca yang berubah-ubah.

Perubahan cuaca ini juga akan membuat anak-anak mengalami flu, dan anak akan sering menyeka hidung mereka. Ketika mereka menyeka terlalu keras, pun akan membuat anak mimisan. Hal ini perlu diperhatikan karena anak-anak memiliki pembuluh darah yang relatif lemah di area hidung dan sistem imun mereka belum sempurna.

3. Mengorek hidung terlalu sering

Penyebab anak mimisan lainnya ialah ketika anak terlalu sering mengorek hidung. Bisa saja, saat anak yang memiliki rasa penasaran yang tinggi bahkan terlalu ekstrem saat mengorek hidung mereka. Kebiasaan mengorek hidung terlalu sering bahkan dengan keras akan memicu anak terkena mimisan. Karena kulit dalam hidung akan terkena iritasi.

4. Mimisan karena kelelahan

Hal ini sebenarnya terjadi karena pembuluh darah di hidung yang relatif lemah. Saat anak kita sedang kelelahan, pembuluh darah di hidung yang relati lemah ini akan mudah sekali merasa tegang hingga akhirnya pecah. Maka, mimisan pada anak ini akan sulit dicegah. Sebaiknya, anak Anda tidak dibiarkan dalam keadaan terlalu lelah, karena selain mimisan – akan menyebabkan anak mengalami demam, flu hingga merasa pusing.

5. Anak sedang stress

Tak hanya kelelahan, ternyata stress juga dapat menjadi pemicu terjadinya mimisan pada anak. Selain orang dewasa, anak juga rentan terhadap stress. Saat anak mengalami stress, akan memicu terjadinya pendarahan. Hal ini dikarenakan pembuluh darah mereka di area hidung sangatlah lemah dan rapuh.

Sehingga, saat anak mengalami stress akan membuka peluang bagi pembuluh darah untuk pecah. Hal tersebut juga akan diperparah saat anak memiliki riwayat penyakit asma. Asma ini akan memicu untuk menarik nafas dengan kuat sedangkan pembuluh darah di hidung tidak dapat bekerja keras jika terlalu dipaksa.


6. Anak mengalami pilek atau flu

Ketika anak Anda sedang mengalami pilek atau flu, akan membuat anak Anda kesulitan untuk bernapas karena adanya penyumbatan pada biaya operasi polip hidung di rumah sakit. Saat itu terjadi, kita akan cenderung untuk membuang cairan di hidung terlalu keras – baik dengan mengusap ataupun dengan menekan hidung dengan kuat.

Hal tersebutlah yang akan membuat hidung terkena iritasi dan infeksi serta menyebabkan terjadinya pendarahan. Jika hal tersebut tidak mereda, maka Anda perlu untuk membawa anak Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut.

7. Asap yang menyengat

Mengapa demikian? Karena asap akan membuat udara untuk dihirup terasa kering dan panas pada hidung mimisan karena benturan. Senyawa dari hasil pembakaran seperti karbondioksida, karbonmonoksida dan timbal mampu mengiritasi kulit atau lapisan dalam hidung. Hal ini akan membuat anak dengan cepat mengalami pendarahan, serta juga dapat menimbulkan efek samping infeksi telinga pada saluran pernapasan bagian atas.

8. Infeksi oleh bakteri

Ketika anak terkena infeksi di sekitar hidung, infeksi tersebut dapat terjadi karena perkembangan bakteri. Infeksi dari bakteri tersebut akan membuat lapisan perawatan pasca operasi polip hidung meradang. Dan, lapisan yang meradang dan memerah tersebut akan mengalami luka hingga membuat anak mengalami mimisan. Segera berikan pengobatan atau periksakan ke dokter, sebelum anak mengalami efek samping yang tidak diinginkan.


9. Penyakit yang cukup serius

Penyebab lainnya ialah penyakit yang cukup berbahaya. Anak mengalami mimisan bisa saja disebabkan oleh beberapa penyakit seperti faktor penyebab sinusitis, polip di bahaya operasi polip hidung, kelainan bentuk hidung, leukimia, tumor di hidung hingga terjadinya pembekuan darah yang dapat terjadi pada anak Anda. Penyakit tersebut tentunya akan semakin parah ketika Anda tidak segera membawa anak Anda ke rumah sakit.

10. Alergi

Anak Anda mengalami mimisan – bisa saja merupakan reaksi alergi pada suatu hal yang memicu terjadinya pendarahan. Terutama saat anak Anda sedang flu yang akan membuat anak Anda rentan alergi – terutama alergi terhadap debu, bulu hewan, atau alergi terhadap serbuk bunga. Saat anak mengalami gejala alergi, maka kemungkinan lapisan proses operasi polip hidung akan ikut terluka hingga menyebabkan terjadinya mimisan.

Itulah beberapa penyebab mimisan pada anak yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat selalu waspada saat anak Anda mengalami pendarahan ini. Karena anak tentunya sangat rentan terhadap penyakit apapun, hal tersebut didukung dengan sistem imun tubuh yang belum sempurna. Segeralah periksakan ke dokter untuk mencegah kemungkinan-kemungkinan buruk lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : mimisan