Sponsors Link

15 Penyebab Penyakit Sinusitis yang Harus Anda Hindari

Sponsors Link

Sinusitis adalah penyakit yang menyerang sinus atau rongga-rongga udara di belakang mata, tulang hidung, dan tulang pipi tempat mukus diproduksi. Penyakit ini bisa muncul dengan keluhan ringan namun juga berubah menjadi penyakit yang parah. Menilik dari gejala-gejala yang terjadi, sinusitis terdeteksi menjadi penyakit yang kronis jika sudah membuat Anda merasa rasa sakit kepala yang hebat disertai dengan demam tinggi dan keluarnya lendir berbau dari rongga hidung.

ads

Sebelum Anda terkena sinusitis, ada baiknya Anda melakukan pencegahan. Pencegahan bisa dilakukan dengan cara menghindar dari penyebab-penyebab munculnya sinusitis atau peradangan di rongga sinus Anda. Ada pun penyebab yang umumnya muncul adalah sebagai berikut.

  1. Virus Flu

Secara sekilas, flu tampak serupa dengan sinusitis ringan. Dua penyakit ini memiliki keluhan yang sama yakni pusing dan keluarnya cairan ingus dari rongga hidung. Akan tetapi, penyakit flu dan sinusitis jelas berbeda. Malah, flu bisa jadi hanya gejala dari penyakit sinusitis yang Anda derita. Atau, virus yang membuat Anda flu mengintervensi rongga sinus dan membuatnya meradang hingga terjadi penumpukan mukus di dalamnya. Penumpukan tersebut adalah langkah awal dari sinusitis yang akan memberikan Anda dampak penyakit sinusitis berkepanjangan.

  1. Infeksi Bakteri

Penyebab umum dari sinusitis biasanya adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri bisa masuk ke dalam rongga hidung Anda melalui media apa saja seperti udara atau kebiasaan membersihkan hidung dengan tangan yang tidak steril. Bakteri kemudian akan berkembang biak di rongga sinus karena banyaknya produksi lendir yang bisa menjadi tempat bagi mereka.

  1. Sakit Gigi

Sakit gigi dan sinusitis diketahui memiliki hubungan yang cukup dekat. Sakit gigi bisa menjadi penyebab penyakit sinusitis, begitu juga sebaliknya. Sakit gigi yang menyebabkan Anda hingga mendapatkan sinusitis biasanya jenis sakit gigi parah dengan infeksi bakteri yang terjadi di dalamnya. Bakteri tersebut bisa menyebar dan tinggal di rongga sinus Anda.

  1. Kebiasaan Merokok

Merokok tidak hanya berbahaya bagi jantung dan sistem reproduksi pria. Merokok diketahui mampu menjadi penyebab penyakit sinusitis yang cukup parah. Hal tersebut disebabkan oleh asap rokok dan hawa panas yang beredar di sistem pernapasan perokok. Hawa panas dan asap yang diketahui memiliki kandungan berbahaya mampu membuat rongga sinus iritasi dan menyebabkan peradangan. Peradangan yang terjadi bisa memunculkan bahaya sinusitis kronis jika seorang perokok tidak menghentikan kebiasaan tersebut.

  1. Radang Gusi

Sama halnya dengan sakit gigi, radang gusi juga bisa menjadi salah satu penyebab penyakit sinusitis. Hal tersebut tidak terlepas dari peradangan yang terjadi pada jaringan gusi yang menyebar dan ikut membuat rongga sinus baik di belakang tulang pipi maupun tulang hidung meradang. Peradangan juga bisa terjadi karena penyebaran bakteri jika radang gusi tidak disembuhkan dengan baik. jika dibiarkan terus menerus, peradangan bisa memunculkan ciri-ciri sinusitis parah.


  1. Deviasi Septum Hidung

Deviasi septum adalah kelainan yang terjadi pada septum atau tulang hidung manusia. Kelainan tersebut ditandai dengan letak tulang hidung yang tidak simetris maupun anomali. Deviasi septum bisa mempersempit rongga hidung begitu juga dengan rongga sinus.

Hal tersebut dapat menyebabkan lendir yang diproduksi oleh sinus tidak bisa dikeluarkan dengan baik dan berkumpul sehingga menjadi tempat bakteri berkembang biak. Keberadaan bakteri tentu akan membuat sinus menjadi radang dan membuat Anda terserang sinusitis.

  1. Polip Hidung

Selain disebabkan oleh deviasi septum, polip hidung juga bisa menjadi penyebab utama lendir atau mukus tidak bisa dikeluarkan dari septum. Polip hidung bisa sangat berbahaya apalagi jika tidak hanya menutup jalur keluar lendir tetapi juga jalur pernapasan. Kondisi kuranganya oksigen serta penumpukan lendir akan mengundang bakteri penyebab sinusitis muncul  dan berkembang biak sehingga menyebabkan peradangan sinus.

  1. Hay Fever

Hay fever disebut juga sebagai alergi rhinitis, adalah perasaan tidak nyaman pada sistem pernapasan Anda karena terjadinya kontak dengan alergen. Biasanya hay fever ditandai dengan bersin, mata gatal, hingga pilek. Terkait adanya hubungan antara hay fever dengan saluran pernapasan, maka kemungkinan bagi Anda yang menderita hay fever untuk mengalami sinusitis cukup besar, apalagi jika sistem imun tubuh Anda sedang menurun.


  1. Fibrosis Kistik

Selain karena faktor penyebab sinusitis yang menyerang dari lur, Anda juga bisa mengalami penyakit tersebut karena faktor dari dalam. Faktor tersebut adalah kelainan genetik yang menyebabkn Anda mengalami fibiosis kistik. Anda yang memiliki penyakit ini memiliki lendir-lendir yang mengental, tidak menutup kemungkinan lendir di dalam rongga sinus Anda pun akan mendapatkan dampak serupa. Jika terjadi penumpukan, maka akan berakhir menjadi sinus.

Penyebab lain dari penyakit sinusitis yang harus Anda hindari adalah sebagai berikut.

  1. Infeksi jamur
  2. Pembengkakan dinding sinus
  3. Asma rinitis
  4. Penyempitan saluran hidung
  5. Menurunnya sistem imun tubuh
  6. Hiv/Aids

Dengan mengetahui penyebab ppenyakit sinusitis, Anda jadi memiliki pengetahuan untuk melakukan pencegahan penyakit yang cukup menyiksa penderitanya ini. Meski pun cara menghilangkan sinus di hidung tersedia banyak, termasuk juga tindakan operasi dengan sederet efek samping pasca operasi sinusitis yang tidak main-main. Akan tetapi melakukan pencegahan jauh lebih baik dari pada mengobati.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Sinusitis