Sponsors Link

6 Penyebab Radang Hidung Yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Radang hidung memang bukan penyakit yang berbahaya. Penyakit ini dapat anda tangani sendiri dengan berbagai cara. Diantaranya dengan cara mengobati radang hidung menggunakan uap panas serta cara menyembuhkan alergi hidung dengan jahe dan madu. Namun masalahnya, beberapa orang seringkali meremehkan penyakit radang hidung tersebut.

ads

Padahal radang hidung sendiri dapat mengganggu aktivitas anda. Anda akan mengalami kesulitas bernafas karena bersin, batuk, ataupun ingus yang keluar dari hidung. Tentu akan sangat mengganggu kualitas hidup anda. Contohnya kualitas tidur, dapat terganggu jika radang hidung semakin parah.

Saran kami mencegah tentu lebih baik bukan dibandingkan mengobati? Kali ini kami akan coba ulas tentang penyebab radang hidung. Dari penyebab tersebut anda dapat menghindari atau meminimalisir agar anda atau keluarga tidak terkena penyakit radang hidung.

1. Debu

Radang hidung pada beberapa orang dipicu dari alergi salah satunya adalah debu. Paparan debu dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan radang hidung pada orang-orang yang mengalami alergi tersebut.

Reaksi pada umumnya kurang lebih sama dengan orang flu yang diawali dengan gatal pada hidung. bersin, dan lendir yang keluar dari hidung atau ingus. Bagi penderita sebaiknya selalu rutin menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar tidak terjadi penumpukan debu.

2. Serbuk Sari

Selain debu beberapa orang juga alergi dengan serbuk sari. Serbuk yang terdapat pada tanaman bunga ini memang bisa menjadi penyebab radang hidung yang harus dihindari.

Ada baiknya ketika anda harus bepergian keluar ruangan khususnya di alam terbuka dimana paparan serbuk sari tidak bisa dicegah, anda menyediakan masker. Masker setidaknya akan mengurangi risiko anda terpapar serbuk sari.

3. Bulu Hewan

Bulu hewan seperti kucing, anjing, kelinci, atau hewan yang memiliki bulu halus lainnya memang dapat menjadi penyebab radang hidung. Bagi anda yang menderita radang hidung memang sebaiknya menghindari untuk memelihara hewan tersebut.

Namun jika anda sangat ingin memiliki hewan peliharaan tersebut, menjaga kebersihan mereka denggan rutin memandikan bisa jadi solusi. Setidaknya hal ini dapat meminimalisir bulu yang terhirup.

4. Suhu (Dingin)

Alergi dingin memang dialami sejumlah orang. Jika seseorang mengalami sensitifitas tinggi terhadap suhu dingin maka ketika bepergian khususnya di malam hari lebih baik melengkapi diri dengan jaket tebal dan juga kaos kaki. Gunakan celana dan baju lengan panjang agar suhu tubuh anda terjaga.

Begitu juga jika anda diharuskan beraktivitas di suatu lokasi yang memiliki suhu dingin, pakaian dan perlengkapan tambahan dapat anda gunakan seperti penghangat atau humidifier.

Jika tidak dapat terhindari anda dapat menggunakan cara mengobati hidung tersumbat dengan bantuan kompres air panas atau minum air jeruk nipis hangat.


5. Bakteri

Selain alergi radang hidung juga dapat disebabkan oleh paparan bakteri. Untuk mengurangi dan mencegah hal tersebut maka anda harus menjaga kebersihan dan kesehatan diri agar terhindar dari penyebab radang hidung satu ini. Kita bisa mulai dengan membiasakan mencuci tangan setelah melakukan aktivitas di luar atau aktivitas yang kotor.

6. Virus

Virus juga merupakan salah satu penyebab radang hidung. Jaga kebersihan diri anda dengan mandi setiap hari, serta tidak sembarangan menggunakan barang orang, atau makan di pinggir jalan dapat dijadikan langkah pencegahannya.

Ada banyak jenis jenis penyakit yang menyerang hidung oleh karena itu kita harus waspada. Kenali cara mengatasi alergi hidung karena beberapa penyakit tersebut banyak disebabkan oleh alergi. Jaga selalu asupan nutrisi agar kekebalan tubuh optimal.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Hidung