Sponsors Link

15 Penyebab Radang Tenggorokan Pada Anak dan Dewasa

Sponsors Link

Radang tenggorokan adalah salah satu Penyakit yang sering melanda siapa saja. Tua dan muda, radang tenggorokan dapat menyerang siapapun dan kapanpun tanpa pandang bulu. Mengenali penyebab radang tenggorokan dapat membantu anda untuk menghindari penyakit ini. Namun sebelum kita jauh membahas penyakitnya, yuk kita mengenalu terlebih dahulu apa si tenggorokan itu!

ads

Pengertian Tenggorokan

Tenggorok atau tenggorokan adalah salah satu bagian dari leher manusia. Apabila kita menyebutkan tenggorokan, berarti ini mengacu pada bagian leher dalam yang menghubungkan bagian mulut dan pencernaan. Tenggorokan sendiri memiliki dua bagian yaitu faring dan laring. Tenggorokan memiliki selaput otot yang biasa disebut dengan epiglottis. Epiglottis sendiri memiliki fungsi untuk mencegah makanan dan minuman masuk ke dalam saluran pernapasan.

Bicara tentang tenggorokan, tentu bagian ini memiliki peran yang cukup penting dalam tubuh manusia. Melalui saluran ini lah segala jenis makanan dan minuman dapat disalurkan menuju ke pencernaan. Melalui tenggorokan juga udara yang kita hirup dapat menuju ke paru paru. Bila dalam sehari kita makan sebanyak 3 kali belum terhitung dengan minum yang memiliki frekuensi lebih banyak, maka penyakit yang menyerang tenggorokan tentu akan sangat mengganggu aktivitas dasar yang dibutuhkan manusia setiap harinya.

Bayangkan saat tenggorokan anda bermasalah, seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tenggorokan adalah salah satu organ yang sangat penting. Setiap kali kita makan dan minum, kita pasti akan melibatkan kinerja organ ini untuk bisa masuk sampai ke dalam sistem pencernaan kita. Penyakit yang datang dan menyerang tenggorokan tentu akan sangat mengganggu. Bayangkan sehari saja kita terkena radang tenggorokan misalnya, setiap kali kita menelan makanan tersebut tentu kita akan merasa sakit atau tidak nyaman.

Sekarang mari kita ambil dari sudut pandang yang berbeda, apabila makan hanya dilakukan rata-rata 3 kali dalam satu kali. Bagaimana dengan bernapas?

Seperti yang kita ketahui bahwa tenggorokan juga menjadi salah satu jalur udara. Udara yang datang dan masuk lewat hidung harus melalui tenggorokan terlebih dahulu baru akan menuju kepada paru-paru. Bayangkan suatu hari anda mendapatkan radang tenggorokan yang cukup parah sehingga membuat anda merasa tidak nyaman, bahkan saat bernapas. Tentu hal ini akan sangat mengganggu dan mengacaukan hari-hari anda!

Apa itu Radang Tenggorokan?

Radang tenggorokan adalah sebuah keadaan terjadinya inflamasi  pada faring yang merupakan bagian dari tenggorokan. Inflamasi atau peradangan sendiri adalah suatu respon dari organisme terhadap suatu material asing yang membahayakan. Inflamasi juga dapat dikenal sebagai respon utama dari sistem kekebalan terhadap infeksi dan iritasi. Maka dari itu radang tenggorokan adalah keadaan dimana tubuh melakukan respon terhadap suatu material berbahaya (patogen) yang menyerang tenggorokan kita.

Pada umumnya penyakit ini akan terjadi bersamaan dengan kondisi pilek atau flu. Maka dari itu menjaga kebugaran tubuh dan daya tahan tubuh adalah cara paling mudah untuk menghindari penyakit ini. Apabila kita terserang penyakit radang tenggorokan, akan ada sejumlah atau seluruh bagian tenggorokan yang akan ikut terkena. Bagian tersebut adalah amandel (tonsil), langit-langit mulut pada bagian belakang, bahkan belakang lidah. Selanjutnya, bagian-bagian inilah yang akan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika kita menelan sesuatu seperti minuman dan makanan.


Radang tenggorokan dalam tingkatan tertentu dapat membuat kita sulit menelan suatu makanan atau minuman. Radang tenggorokan juga membuat nafsu makan menjadi turun karena munculnya trauma dari sakit yang muncul setiap kali kita menelan. Pada anak-anak dan remaja, radang tenggorokan dapat muncul disertai dengan sakit kepala dan naiknya suhu tubuh. Suhu tubuh yang tinggi bahkan mencapai 39 derajat celcius adalah keadaan yang akan terjadi sebagai respon tubuh dalam melawan patogen penyebab radang tenggorokan.

Masa Inkubasi Radang Tenggorokan

Masa inkubasi radang tenggorokan adalah suatu keadaan dimana ditandai dengan menjalarnya patogen pada pertama kali pada bagian tenggorokan. Masa inkubasi akan berakhir ketika gejala-gejala tertentu mulai muncul dan menandakan awal dari peradangan pada tenggorokan.

Lama waktu yang biasanya dibutuhkan oleh patogen dalam tubuh sampai memunculkan suatu gejala radang tenggorokan biasanya 2 sampa 5 hari. Biasanya pada anak-anak, masa inkubasi ini memakan waktu hingga 3 hari. Mengenali gejala awal dari radang tenggorokan menjadi penting agar kita dapat langsung mengambil tindakan pencegahan terjadinya peradangan lanjutan yang lebih parah.

Gejala Radang Tenggorokan

Seperti yang telah dibahas pada bagian sebelumnya, setelah masa inkubasi, gejala awal dari radang tenggorokan akan muncul secara bertahap. Mengenali gejala di awal masa peradangan akan membantu anda menghindari sakit berkepanjangan bahkan penyebaran peradangan sampai ke saluran pencernaan. Berikut adalah beberapa gejala dari radang tenggorokan

  • Sakit di daerah tenggorokan saat tubuh tidak terserang gejala batuk dan bersin
  • Rasa nyeri atau sakit saat menelan
  • Demam yang sangat tinggi
  • Pembengkakan pada amandel dan kelenjar getah bening
  • Tenggorokan menjadi kemerahan
  • Muncul bercak-bercak putih pada tenggorokan
  • Munculnya nanah pada amandel
  • Sakit kepala
  • Sakit perut
  • Nyeri otot
  • Hilang nafsu makan
  • Mual
  • Kaku pada daerah persendian
  • Keringat yang berlebih
  • Ruam kulit di seluruh tubuh terutama pada bagian leher

Penyebab Radang Tenggorokan

Sekarang anda telah mengetahui sebetapa krusialnya tenggorokan dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang kami akan mengajak anda untuk lebih mengenal penyebab yang dapat menimbulkan radang pada tenggorokan. Yuk kita simak

1. Infeksi Virus

Virus adalah salah satu patogen yang menjadi sumber utama peradangan hampir di semua organ tubuh manusia. Pada kasus radang tenggorokan, berarti virus sudah menjalar dan menginfeksi daerah tenggorokan kita. Virus yang biasa menyebabkan peradangan adalah virus flu, namun adapula beberapa virus jenis lain yang juga dapat menyebakan radang tenggorokan seperti virus campak, virus cacar air, dan virus mononucleosis.

2. Infeksi Bakteri

Sama seperti virus, bakteri adalah patogen yang beberapa jenisnya dapat membahayakan kondisi kesehatan manusia. Infeksi dari beberapa jenis bakteri juga merupakan salah satu penyebab utama terjadinya radang tenggorokan. Beberapa golongan infeksi bakteri yang perlu untuk kita waspadai:

  • Difteri, yakni sebuah kondisi kesehatan yang berupa gangguan pernapasan
  • Batuk rejan, yakni sebuah kondisi infeksi saluran pernapasan dan bisa menular.
  • Bakteri streptococcus pyogenes maupun grup A streptococcus. Bakteri inilah yang paling sering menyebabkan radang pada tenggorokan.

pada kondisi radang tenggorokan, bakteri streptococcus akan bersarang pada hidung atau tenggorokan oran yang terkena infeksi. Bakteri inilah yang membuat radang tenggorokan menjadi penyakit yang dapat ditularkan lewat udara. Setiap kali seorang dengan radang tenggorokan bersin atau batuk, bakteri ini akan keluar dan tersebar di udara.

Pada ruangan yang ramai, penyebaran radang tenggorokan akibat bakteri streptococcus akan menjadi sangat mudah. Jika penderita radang tenggorokan tidak segera diobati, maka bakteri ini akan dapat bertahan hingga 3 minggu. Pengobatan dengan antibiotik dapat segera menyembuhkan radang tenggorokan ini dalam waktu 1 x 24 jam.

3. Tumor

Radang tenggorokan juga dapat muncul akibat kanker atau tumor di bagian tenggorokan. Kasus ini jarang ditemui, namun tetap memiliki potensi untuk terjadi pada siapapun. Tumor pada lidah juga dapat menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan. Apabila radang tenggorokan yang anda alami disertai dengan benjolan di leher, maka hal ini juga akan menimbulkan suara berisik pada napas anda. Lebih parahnya lagi anda akan menjadi sangat sulit menelan, memiliki suara yang parau, batuk berdahak, hingga air liur yang mengandung darah!

4. Infeksi HIV

Virus penyebab HIV adalah salah satu virus paling mematikan di dunia. Belum ada pengobatan yang pasti hingga sekarang. Virus ini juga dapat menyebabkan radang pada tenggorokan anda. Gejala yang ditimbulkan mirip dengan gejala flu. Gejala yang muncul juga biasanya terjadi di awal masa infeksi HIV menyerang. Seseorang yang terkena HIV juga akan mengalami radang tenggorokan kronis berulang kali.

5. Alergi

Anda adalah orang yang memiliki banyak macam alergi? Hati-hati bahwa keadaan alergi juga membuat seseorang menjadi sangat mudah terkena radang tenggorokan. Berbagai macam alergen dapat menimbulkan sakit tenggorokan pada diri anda. Sebut saja serbuk sari, debu, jamur, dan bahkan bulu hewan peliharaan.

Mengenali jenis-jenis alergen pada diri anda akan sangat membantu anda berhati-hati. Menghindari alergen adalah salah satu kunci untuk terpapar alergi yang dapat menimbulkan radang tenggorokan. Pengecekan pada tenaga profesional juga akan membantu anda mengenali alergi pada tubuh anda sebelum anda harus terkena sakitnya terlebih dahulu.

6. Kurang Minum Air Putih

Air putih adalah salah satu material yang penting untuk melangsungkan kehidupan bagi manusia. Sekitar 80% dari tubuh kita mengandung unsur ini. Kekurangan air akan menyebabkan dehidari bagi tubuh. Namun tak berhenti pada dehidrasi, kekurangan air juga dapat menimbulkan tenggorokan menjadi kerng dan akan memicu rasa gatal yang cukup hebat.

Kekurangan minum air putih dalam jangka panjang akan menyebabkan radang tenggorokan. Keadaan ini juga dapat berlanjut hingga naiknya suhu tubuh. Minum air putih yang cukup setiap harinya akan menjadi kunci utama menghindari radang tenggorokan. Apabila anda sampai terkena radang tenggorokan akibat kekurangan air, minum air putih dalam jumlah yang banyak sekalipun tidak akan dapat langsung menyembuhkan anda.

7. Berteriak dan Banyak Bicara

Radang tenggorokan adalah salah satu konsekuensi yang dapat terjadi ketika tenggorokan tak mendapat cukup air untuk membasahi. Apabila dalam situasi seperti ini seseorang dalam keadaan butuh banyak bicara atau berteriak, radang tenggorokan akan muncul secara otomatis.

Apabila anda dalam keadaan kurang enak badan atau bahkan sudah muncul gejala awal radang tenggorokan, segera minum air putih yang banyak dan hindari percakapan yang tidak perlu. Menggunakan masker juga menjadi salah satu wujud kepedulian anda untuk tidak menularkan penyakit tersebut kepada orang di sekitar anda.

8. Merokok

Merokok pada dasarnya adalah suatu gaya hidup yang tidak sehat bagi setiap orang. Berbagai macam penyakit dapat ditimbulkan dari merokok, mulai dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang dapat mengundang maut. Salah satu organ yang pasti terkontaminasi akibat merokok adalah tenggorokan.

Akibat merokok yang berlebih, tenggorokan dapat menjadi gatal dan kering. Kekeringan yang terjadi pada daerah tenggorokan akan menyebabkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah radang tenggorokan. Apabila anda adalah seorang perokok, pastikan tenggorokan anda memiliki asupan air yang cukup banyak setiap harinya agar terhindar dari radang tenggorokan.

9. Makanan dan minuman

Yap, bahkan beberapa jenis makanan dan minuman dapat menyebabkan radang tenggorokan. Beberapa jenis makanan dan minuman yang tidak ramah tenggorokan akan menyebabkan iritasi pada daerah tenggorokan anda dan dalam waktu singkat dapat muncul radang tenggorokan tersebut. Makanan yang pedas menyengat di leher adalah salah satu faktor munculnya radang tenggorokan. Selain makanan pedas, makanan goreng-gorengan dan segala jenis makanan ringan juga dapat mengakibatkan radang tenggorokan. Makanan tersebut dapat melukai tenggorokan secara signifikan apabila dikonsumsi diluar batas normal.

Selain makanan, mengonsumsi minuman dingin dalam jumlah berlebih juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Apabila anda adalah pecinta minuman es, mulailah menyadari risiko terkena penyakit ini. Mengonsumsi dalam jumlah yang normal mungkin masih dapat ditolerir oleh tenggorokan anda, akan tetapi konsumsi minuman es berlebih dengan intensitas yang cukup sering akan menjadi faktor yang mempengaruhi kesehatan tenggorokan anda. Setiap tenggorokan manusia pun memiliki ketahanan yang berbeda terhadap minuman dingin, bagi anda yang cukup sensitif dengan minuman dingin, cobalah untuk mengalihkan kebiasaan anda ini.

10. Minuman Alkohol

Alkohol adalah salah satu minuman yang memiliki banyak dampak negatif kepada tubuh. Selain mengganggu kesehatan otak, ternyata adapula dampak yang dapat dirasakan pada tenggorokan dengan mengonsumsi minuman beralkohol. Minuman beralkohol pada dasarnya akan membuat tenggorokan anda menjadi kering. Apalagi apabila anda adalah orang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok, waspadai kebiasaan ini karena akan mengancam kesehatan tenggorokan anda. Minumlah banyak air putih dan konsumsi buah yang cukup demi menjaga kesehatan tenggorokan anda.

11. Gastroesophageal Reflux Disease / GERD

Pada dasarnya, Gastroesophageal Reflux Disease, adalah penyakit atau gangguan pada pencernaan. Penyakit ini akan memproduksi asam lambung secara berlebih. Dalam beberapa keadaan, asam lambung ini dapat melonjak hingga ke daerah tenggorokan. Asam lambung ini memiliki potensi untuk menimbulkan iritasi pada tenggorokan anda. Iritasi inilah yang pada akhirnya akan menyebabkan radang tenggorokan.

Anda perlu mengetahui gejala yang ditimbulkan dari penyakit Gastroesophageal Reflux Disease agar dapat memberi pengobatan pada fase awal. Apabila anda mulai merasakan adanya bejolan pada tenggorokan, muntah, perubahan pada suara ( menjadi parau ), dan perut terasa mulas, anda harus mulai mewaspadai penyakit ini.

12. Udara kering

Udara yang dimaksud disini adalah udara disekeliling anda yang memiliki kandungan air yang sangat sedikit. Keadaan ini dapat menjadi pemicu munculnya radang tenggorokan. Perhatikan, apabila anda sedang berada di lingkungan yang kering dan panas, perbanyak minum air dan cukup beristirahat. Keadaan seperti ini akan membuat tubuh anda menjadi lemah dan memudahkan segala jenis penyakit masuk ke dalam tubuh.

13. Kekurangan asupan vitamin C

Ya, mungkin seperti yang anda ketahui, daya tahan tubuh adalah cara paling mutakhir untuk menangkal segala jenis penyakit. Ketahanan tubuh manusia sangatlah beragam, ada yang dikaruniai tubuh dengan daya tahan tubuh yang sangat tangguh, adapula yang tidak. Namun dalam beberapa kondisi yang melelahkan, daya tahan tubuh manusia seringkali terganggu stabilitasnya.

Kekurangan asupan vitamin c seringkali menjadi alasan mengapa orang terkena banyak penyakit, salah satunya adalah radang tenggorokan. Banyak penyebab yang dapat menimbulkan sakit tenggorokan, seperti virus, bakteri, dan penyebab lainya. Mengonsumsi vitamin C secara teratur akan membantu anda melawan segala jenis penyebab radang tenggorokan.


14. Pilek

Saat anda sedang terserang pilek, tak jarang pula akan disusul oleh beberapa penyakit lainya seperti batuk dan juga mungkin radang tenggorokan. Pada dasarnya lendir atau ingus yang ada saat anda terkena pilek adalah zat yang dapat membuat iritiasi tenggorokan. Terkena pilek dalam waktu yang lama akan membuat risiko iritasi tenggorokan menjadi semakin tinggi. Pada akhirnya akan terjadi reaksi inflamasi pada tenggorokan dan akan menyebabkan radang tenggorokan.

15. Bernyanyi

Banyak dari anda yang mungkin tidak percaya penyebab yang satu ini. Pada dasarnya bernyanyi akan membuat kontraksi pada otot leher anda. Bernyanyi pada waktu yang lama, apalagi apabila anda memiliki jadwal latihan bernyanyi yang lama dan rutin, tentu pada suatu waktu otot leher anda dapat merasakan kelelahan akibat kontraksi.

Kelelahan pada tenggorokan apabila tidak diimbangi dengan asupan air yang cukup serta istirahat yang memadai akan menyebabkan berbagai macam penyakit. Pada kondisi ini otot leher berada pada kondisi yang lemah dan sangat mudah terserang penyakit. Disinilah risiko anda terjangkit berbagai macam patogen yang dapat menimbulkan radang tenggorokan menjadi tinggi.

Pada kondisi daya tahan tubuh yang buruk, anda juga tidak dapat menolerir terlalu lama keadaan tenggorokan yang kering akibat bernyanyi. Apabila anda kurang mendapatkan asupan air, tentu kondisi ini akan menghantarkan anda pada penyakit radang tenggorokan tersebut.

Pencegahan dan Penanganan Radang Tenggorokan

Dapat dikatakan bahwa pencegahan dari radang tenggorokan sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya diharuskan untuk minum yang cukup setiap harinya, mendapatkan istirahat yang cukup, serta mendapatkan asupan gizi yang cukup. Pada dasarnya radang tenggorokan adalah penyakit yang timbul akibat dari berbagai keadaan yang sangat beragam, memperkuat daya tahan tubuh memang menjadi juru kunci dari menghindari penyakit radang tenggorokan.

Apabila anda sudah terlanjur terkena radang tenggorokan atau terkena gejala radang tenggorokan, segera minum yang banyak dan menambah waktu beristirahat. Mengonsumsi obat antibiotik juga dapat membantu anda terlepas dari radang tenggorokan. Adapula beberapa ramuan yang terbuat dari bahan alami yang dapat membantu meredakan penyakit radang tenggorokan.

Dalam beberapa kasus, banyak orang yang tidak segera menangani dan memberikan pengobatan yang tepat pada radang tenggorokan. Kebanyakan dari mereka juga menunggu atau bahkan membiarkan radang tenggorokan tersebut (dengan harapan akan sembuh sendiri). Namun apabila penyebab radang tenggorokan yang mengenai anda adalah penyebab yang membutuhkan penanganan, membiarkanya justru hanya akan memperparah keadaan.

Kesalahan yang sering dilakukan adalah menunggu sampai tidak bisa menelan apapun sama sekali, baru mereka menyadari bahwa mereka sudah terkena radang tenggorokan. Padahal sebenarnya mereka sudah terkena radang tenggorokan yang cukup parah. Keadaan ini sebenarnya bisa diatasi dengan segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan dari orang yang tepat. Penggunaan obat pun bisa diminimalisir asalkan anda segera menangani nya pada tahapan yang belum parah. Waktu penyembuhan pun dapat sangat diminimalisir dengan adanya penanganan yang cepat dan tepat pada jenis penyakit ini.

, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab