Sponsors Link

10 Penyebab Radang Tenggorokan Sering Kambuh yang Sangat Berbahaya

Sponsors Link

Cara mencegah Radang tenggorokan dapat terjadi karena adanya virus atau bakteri yang menyerang, serta pola hidup yang kurang sehat pun dapat menjadi salah satu penyebab peradangan. Saat radang tenggorokan, biasanya baik batuk kering ataupun batuk berdahak ikut muncul dan dahak juga menyumbat saluran pernapasan.

ads

Hal ini tentunya dapat disembuhkan dengan mengonsumsi obat-obatan yang dapat Anda temukan di Apotek atau dengan mengonsumsi makanan sehat yang mampu menyembuhkan radang tenggorokan. Namun, setelah penyembuhan biasanya radang tenggorokan tersebut datang kembali. Apa yang membuat radang tenggorokan tersebut kembali menyerang? Berikut ini beberapa penyebab radang tenggorokan sering kambuh.

  1. Minuman dingin

Salah satu penyebab radang tenggorokan sering kambuh yaitu terlalu sering nya mengonsumsi minuman dingin. Sebenarnya, minuman dingin itu tidak apa-apa untuk dikonsumsi, tetapi ketika Anda masih dalam tahap pemulihan dan mengonsumsi minuman dingin terlalu sering akan membuat tenggorokan Anda kembali meradang. Hal ini disebabkan minuman dingin akan mendorong atau merangsang kelejar lendir untuk berproduksi lebih banyak sehingga tidak hanya akan membuat tenggorokan sakit namun juga menyumbat saluran pernapasan.

2. Mengonsumsi makanan berminyak

Penyebab selanjutnya ialah terlalu banyaknya mengonsumsi makanan yang cocok untuk sakit tenggorokan berminyak. Makanan berminyak ini dimaksudkan seperti Anda mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kadar minyak seperti gorengan atau makanan apapun dengan kadar minyak yang tinggi.

Tidak apa-apa untuk mengonsumsinya, namun sebaiknya Anda memperhatikan minyak yang dipakai dan seperti apa proses pemasakannya. Terlebih lagi ketika Anda baru saja sembuh dari radang tenggorokan. Karena minyak pun dapat merangsang produksi kelenjar lendir.

3. Kebiasaan merokok

Merokok merupakan suatu kebiasaan yang memang dianggap kurang baik bagi sebagian orang. Tidak hanya mengganggu, namun juga merokok membuat berbagai jenis penyakit datang menyerang. Salah satunya radang tenggorokan. Karena merokok erat kaitannya dengan saluran pernapasan termasuk pantangan makanan radang  tenggorokan dan paru-paru.

Terlalu banyak merokok akan merusak kesehatan tenggorokan dan memancing kembalinya peradangan. Sebaiknya, mengurangi kebiasaan ini atau mengonsumsi banyak air putih. Terutama sebelum tidur karena radang tenggorokan biasanya terjadi setelah bangun tidur khususnya bagi perokok.

4. Minuman ber-alkohol

Selanjutnya yaitu terlalu sering mengonsumsi minuman ber-alkohol. Terlalu banyak minuman ber-alkohol juga akan memancing kembalinya radang tenggorokan. Terutama ketika Anda baru saja sembuh dari radang tenggorokan. Sebaiknya hindari minuman ini sebelum Anda benar-benar sembuh total. Karena selain radang tenggorokan, minuman ini juga tidak baik bagi kesehatan ginjal Anda.


5. Virus dan bakteri

Faktor utama penyebab radang tenggorokan kambuh sebenarnya karena adanya virus dan bakteri. Seperti yang telah dijelaskan, virus dan bakteri – seperti mononukleosis – dapat Anda temukan ketika lingkungan Anda tidak begitu bersih atau Anda berada terlalu lama di antara debu dan polusi.

Sebaiknya, walau dalam masa pemulihan, Anda menggunakan masker untuk melindungi saluran pernapasan Anda. Virus ini dapat berupa seperti virus influenza, virus flu dan batuk yang menyebabkan radang tenggorokan datang kembali. Atau virus tersebut berupa virus cacar atau virus campak yang menimbulkan gejala seperti sakit tenggorokan.

6. Asam lambung

Asam lambung pun dapat menjadi penyebab radang tenggorokan datang kembali. Karena asam lambung yang naik ke tenggorokan terlalu sering akan membuat tenggorokan terluka dan terasa sakit. Asam lambung dan radang tenggorokan sangat erat ketika sering kambuh.

Untuk itu, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang sehat bagi lambung Anda dan jangan lupa untuk makan dengan teratur. Karena ketika waktu makan Anda tidak teratur, akan membuat asam lambung Anda bereaksi kembali.

7. Otot tegang

Bagaimana dengan otot tegang? Ternyata otot yang tegang pada bagian tenggorokan dapat mempengaruhi radang tenggorokan. Ketika aktivitas sehari-hari Anda mengharuskan untuk bersuara dengan keras, akan membuat otot-otot di sekitar leher akan menegang.

Ketika hal tersebut terjadi, cara cepat meredakan sakit tenggorokan akan mudah lelah dan menjadi mudah untuk terserang virus dan bakteri. Hal ini biasanya terjadi pada anak-anak yang aktif bermain. Sebaiknya perbanyak minum air putih untuk memulihkan otot tenggorokan Anda yang tegang.

8. Udara kering

Udara kering juga dapat mendorong radang tenggorokan datang kembali. Hal ini terjadi ketika Anda bernapas dengan tidak baik, seperti bernapas dengan mulut – baik saat tersumbat ataupun tidur – akan membuat hidung yang seharusnya bekerja sebagai pelembab udara atau menyaring udara yang masuk tidak bekerja dengan baik. Udara yang masuk akan langsung mengiritasi obat sirup radang tenggorokan anak Anda dan menimbulkan luka.

Terutama saat bangun tidur, akan membuat tenggorokan Anda terasa gatal dan sakit. Sebaiknya, posisi tidur Anda diubah menjadi menyamping untuk memudahkan udara masuk dan mengurangi kebiasaan mendengkur. Minum air putih yang cukup sebelum tidur dan perhatikan posisi tidur Anda.

9. Tumor tenggorokan

Penyebab yang paling bahaya ialah kemungkinan Anda mengalami tumor otak. Baik itu obat tenggorokan gatal bagian atas, tenggorokan bagian bawah, ataupun pita suara. Tumor tenggorokan ini pun dapat terjadi karena salah satunya yaitu kebiasaan merokok atau minum minuman keras atau ber-alkohol. Gejala tersebut dapat dilihat ketika Anda mulai batuk dan mengeluarkan darah, sulit untuk bernapas dan adanya penurunan berat badan.

10. Kanker Tonsil

Selanjutnya ialah kanker tonsil. Mengapa Anda sering mengalami pengobatan alami radang tenggorokan? Bisa saja itu merupakan gejala adanya kanker tonsil menyerang Anda. Tonsil merupakan jaringan lunak di bagian belakang cara mengobati tenggorokan perih yang dapat ditumbuhi kanker.

Hal ini tentu saja dapat disebabkan oleh asap rokok, atau Anda sebagai perokok aktif. Kanker tonsil ini pada umumnya membuat Anda mengalami radang tenggorokan terlalu sering. Ketika hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda memeriksakannya pada dokter untuk mengecek kesehatan Anda.

Itulah penyebab radang tenggorokan sering kambuh yang perlu Anda perhatikan. Ketika radang tenggoroka sering kambuh, sebaiknya Anda memeriksakan pada dokter untuk mencegah kanker ataupun tumor muncul dan semakin menyebar. Mulailah hidup sehat untuk menghindari komplikasi penyakit yang berbahaya. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Radang Tenggorokan