Sponsors Link

8 Penyebab Sering Sariawan dan Sakit Tenggorokan Bersamaan

Sponsors Link

Sariawan dan juga sakit tenggorokan atau faringitis adalah penyakit yang terjadi karena serangan virus. Virus tersebut akan menyerang tubuh apabila kekebalan tubuh sedang menurun. Sariawan dan juga sakit tenggorokan merupakan penyakit yang hampir dialami setiap orang baik anak anak hingga orang dewasa.

ads

Apabila ini terjadi, maka berbagai aktivitas sehari hari seperti makan, minum dan berbicara juga akan terganggu karena rasa sakit dan perih yang ditimbulkan dari kedua penyakit tersebut. Lalu, apa penyebab sering sariawan dan sakit tenggorokan yang paling umum terjadi?, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

  1. Kurang Vitamin B12 dan Zat Besi

Penyebab pertama yang membuat seseorang seringkali terkena sariawan dan juga gejala radang tenggorokan adalah karena tubuh kekurangan vitamin B12 dan juga zat besi meskipun kekurangan dua senyawa ini bukan hal mutlak yang menjadi penyebab sariawan dan juga sakit tenggorokan. Untuk mencegah kedua penyakit tersebut, cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin B12, zat besi sekaligus vitamin C setiap hari.

  1. Kuman, Bakteri dan Plak

Kuman, bakteri dan juga plak yang berkembang di dalam mulut juga menjadi salah satu penyebab dari sariawan dan juga sakit tenggorokan. Kuman yang bersarang dan semakin berkembang biak akan menginfeksi mulut lalu menjalar ke tenggorokan dan akhirnya menjadi penyebab sakit tenggorokan saat bangun tidur sekaligus sariawan.

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah yakni menjaga kebersihan mulut yakni dengan menyikat gigi secara teratur dan menggunakan mouthwash untuk membersihkan rongga mulut dari sisa kuman serta bakteri yang masih melekat sesudah menggosok gigi.

  1. Kanker Mulut dan Kanker Rongga Mulut

Kedua jenis kanker yang sangat berbahaya ini menjadi penyebab seseorang seringkali terkena sariawan dan juga penyebab tenggorokan panas serta sakit tenggorokan. Sariawan dan sakit tenggorokan menjadi gejala dari kedua jenis kanker tersebut dan harus sangat diwaspadai dan sesegera mungkin diperiksakan ke dokter apabila semakin terasa sakit dan ukuran dari sariawan tidak normal.

  1. Pendarahan Dinding Pembuluh Darah Kapiler

Sariawan dan juga sakit tenggorokan bisa juga disebabkan karena terjadinya pendarahan pada dinding pembuluh darah kapiler di bagian mulut. Pendarahan ini akan menimbulkan sariawan di rongga mulut dan juga sakit tenggorokan yang harus segera dikonsultasikan ke dokter agar tidak menyebabkan komplikasi.

  1. Hemofilia

Hemofilia yang merupakan salah satu jenis adalah penyakit genetis yang menjadi penyebab dari sering sariawan dan juga sakit tenggorokan. Sariawan dan juga sakit tenggorokan yang dialami penderita hemofilia umumnya juga diikuti dengan pendarahan yang terjadi secara berlebihan atau tidak normal.

  1. Trauma Rongga Mulut

Trauma yang terjadi di rongga mulut juga seringkali menjadi penyebab seseorang sering menderita sariawan dan juga sakit tenggorokan serta gejala tenggorokan kering. Trauma yang dimaksud merupakan luka pada rongga mulut yang terjadi karena tergigit saat mengunyah makanan, tertelan duri dan lain sebagainya. Luka yang semakin lama semakin berkembang biak tersebut nantinya akan beresiko mengembangkan sakit tenggorokan dan juga sariawan apabila tidak segera diobati.


  1. Kekurangan Nutrisi Penting

Kekurangan nutrisi penting menjadi penyebab umum selanjutnya dari sering sakit tenggorokan dan juga sariawan. Beberapa nutrisi penting tersebut diantaranya adalah zat besi, asam folat, vitamin C, vitamin B12. Mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin dan mineral tersebut menjadi jalan terbaik untuk langkah pencegahan seperti buah dan juga sayuran.

  1. Alergi

Sebagian orang mungkin mengalami alergi terhadap beberapa zat sehingga menyebabkan timbulnya sariawan dan penyebab radang tenggorokan. Beberapa alergi yang mungkin tidak disadari diantaranya adalah alergi bahan lipstik, pasta gigi atau makanan yang menjadi pemicu munculnya alergi pada rongga mulut dan akhirnya menimbulkan sariawan dan juga sakit tenggorokan tersebut.

Penyebab sering sariawan dan sakit tenggorokan bisa terjadi karena berbagai hal seperti kebiasaan buruk, kurang menjaga kesehatan mulut, alergi terhadap beberapa zat tertentu dan juga indikasi dari penyakit berbahaya yang mungkin di derita. Sariawan dan sakit tenggorokan yang terlalu sering terjadi sebaiknya segera diperiksakan ke dokter supaya bisa mendapatkan obat radang tenggorokan dan sariawan terbaik untuk mencegah komplikasi yang mungkin bisa terjadi dan membahayakan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab