Sponsors Link

13 Penyebab Sinusitis Anda Sering Kambuh

Sponsors Link

Sinusitis yang sering kambuh tentu sangat merepotkan penderitanya. Terlebih tidak ada jaminan bahwa pengobatan yang dilakukan, termasuk operasi, benar-benar menghilangkan sinusitis tersebut. Itu sebabnya satu-satunya cara hanyalah menghindari pemicu sinusitis kita kambuh kembali, misalnya dengan menghindari makanan yang membuat alergi kambuh. Masalahnya sering tanpa disengaja kita melakukan hal-hal yang rupanya menyebabkan infeksi sinus kembali terjadi. Ditambah lagi pemicunya sering kali kita jadikan kegiatan sehari-hari maupun kita temui sehari-hari. Berikut 13 faktor yang menyebabkan sinusitis yang anda derita sering kambuh kembali:

ads
  1. Berenang

Berenang rupanya jadi salah satu penyebab sinusitis anda kembali kambuh. Air kolam renang yang mengandung klorin bisa saja masuk ke dalam hidung. Masuknya klorin ke dalam hidung dapat menganggu lapisan sinus dan hidung sehingga menyebabkan sinusitis kembali kambuh. Tidak hanya itu saja, bakteri, virus, ataupun jamur juga dapat masuk ke dalam saluran nasal lewat air kolam. Masuknya bakteri, virus, maupun jamur menyebabkan peradangan hingga infeksi.

Perubahan tekanan dalam air saat menyelam juga menyebabkan terjadinya perubahan pada rongga sinus lantaran sedang berusaha untuk menyesuaikan diri dengan tekanan dalam air. Klorin dan bahan kimia dalam air menyebabkan iritasi pada hidung, dan membuat mukus menebal dan membuat sinus menjadi penuh. Sinus yang penuh menyebabkan infeksi lantaran silia yang bertugas menyaring kotoran tidak dapat membersihkan virus atau bakteri yang masuk ke hidung.

  1. Rokok

Merokok rupanya dapat menyebabkan sinusitis anda kembali kambuh. Mengapa demikian? Pasalnya zat-zat yang terdapat di dalam kandungan rokok dapat merusak saluran pernapasan. Berbahayanya lagi rokok tidak hanya menyebabkan sinusitis perokok aktif kambuh, melainkan juga perokok pasif yang kebetulan terpapar asap rokok tersebut.

  1. Polusi udara

Tidak jauh berbeda dengan rokok, polusi udara di lingkungan sekitar anda juga menjadi salah satu pemicu sinusitis kembali kambuh. Polusi udara yang tidak sehat dimana sudah tercemar oleh asap berbagai kendaraan maupun pabrik dapat menganggu jalannya saluran pernapasan. Hal tersebut kemudian menyebabkan terjadinya peradangan dalam saluran sinus. Imbasnya sinusitis anda kembali kambuh.

  1. Flu

Persentase sinusitis kambuh kembali bagi orang yang sedang menderita flu sangat besar. Pasalnya saat sedang menderita flu, peradangan sinus kembali terjadi meski hanya dalam waktu singkat. Namun peradangan sinus yang disebabkan flu membuat hidung menjadi mampet dan menyebabkan penyumbatan pada saluran sinus atau rinitis (radang selaput lendir hidung) . Tersumbatnya saluran sinus menjadi tempat virus berkembang biak, sehingga infeksi sinus pun kembali terjadi.

  1. Infeksi Virus/Bakteri

Sinusitis merupakan infeksi pada sinus yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Virus yang biasa menyebabkan flu ternyata dapat menyebabkan infeksi pada sinus. Flu sebenarnya tidak sepenuhnya menyebabkan infeksi pada sinus, namun flu menyediakan tempat bagi virus untuk tumbuh dan berkembang biak di dalam rongga sinus. Rupanya saat sedang flu, kita sering memegang hidung, baik untuk membuang lendir dalam hidung atau membersihkan hidung. Tangan kita membawa virus masuk ke dalam hidung dan membuat virus berkembang biak di dalamnya lantaran rongga sinus yang keadaannya lembab.


Sementara itu bakteri tidak sepenuhnya menjadi penyebab sinusitis kembali kambuh. Kasusnya pun jarang terjadi dimana seseorang menderita sinusitis lantaran disebabkan bakteri, sebab di dalam tubuh kita memang sudah terdapat bakteri. Meski demikian, bakteri yang sudah berada dalam tubuh tidak berbahaya. Bakteri yang bercampur dengan viruslah yang menjadi penyebab infeksi sinus.

  1. Alergi

Sinusitis anda muncul kembali kemungkinan disebabkan oleh alergi. Alergi anda yang kambuh, baik dipicu oleh makanan, debu, atau serbuk bunga,  membuat sinus anda kembali mengalami peradangan. Hal tersebut memicu sinusitis kambuh kembali. Itu sebabnya hindari hal-hal yang dapat memicu diri anda mengalami alergi.

  1. Gigi yang mengalami infeksi

Gigi rupanya dapat mengakibatkan sinusitis anda kembali kambuh. Mengapa demikian? Jika anda tidak merawat gigi dengan baik, maka gigi anda akan mengalami kerusakan yang mungkin dapat mengakibatkan terjadinya infeksi pada gigi. Infeksi tersebut kemudian menyebar ke jaringan saraf gigi dan sampai ke saluran sinusitis maksilaris yang terletak di dekat sekitar tulang pipi dan dekat dengan rongga mulut. Rongga dalam sinusitis maksilaris pun kemudian mengalami peradangan dan mendatangkan kembali sinusitis.

  1. Sistem imun yang lemah

Anda mungkin sudah melakukan berbagai pengobatan untuk menghilangkan sinusitis. Akan tetapi sinusitis anda terus kembali kambuh. Bisa jadi hal itu disebabkan daya tahan tubuh anda yang lemah. Akibatnya imun anda tidak dapat melawan infeksi. Kasus semacam ini sebenarnya jarang terjadi, namun jika anda memang mengalaminya lebih baik segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

  1. Perubahan udara

Perhatikan udara di sekitar anda. Apakah kering atau lembab. Pasalnya udara merupakan salah satu faktor yang menyebabkan sinusitis anda dapat kembali kambuh. Udara yang baik bagi penderita sinusitis adalah udara yang lembab. Jika udara terlalu kering, maka akan menyebabkan lendir tertahan di dalam hidung dan menyumbat saluran sinus sehingga peradangan kembali terjadi.

  1. Iritasi bahan kimia

Anda yang mempunyai sinusitis perlu mewaspadai parfum maupun alat-alat rumah tangga lainnya yang mengandung zat-zat pewangi dari bahan kimia. Sama seperti asap rokok, zat-zat kimia tersebut juga membuat silia yang tugasnya menyaring kotoran yang masuk ke hidung menjadi tidak berfungsi. Silia yang tidak berfungsi baik membuat saluran sinus mudah diinvasi virus. Virus-virus tersebut akan menyebabkan infeksi kembali pada lapisan sinus anda.


  1. Pengobatan yang berhenti

Bagi anda yang baru saja melakukan operasi sinusitis, tentu anda dianjurkan untuk melanjutkan pengobatan pasca operasi untuk menghindari sinusitis kembali kambuh. Namun banyak orang yang menganggap bahwa sinusitis sudah hilang setelah dioperasi dan akhirnya berhenti melakukan pengobatan. Hal tersebut kemudian menyebabkan sinusitis kambuh kembali.

  1. Malas mencuci tangan

Mencuci tangan bisa saja kita anggap kegiatan sepele lantaran mudah dilakukan. Akan tetapi apakah kita selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu hal. Sinusitis anda rupanya dapat kambuh kembali lantaran anda malas mencuci tangan. Virus atau kuman kemudian masuk dan menyebar ke bagian tubuh lain lewat tangan yang kotor. Saat anda memegang hidung dengan kondisi tangan yang kotor, maka virus akan masuk ke dalam hidung dan dapat mengakibatkan peradangan pada sinus.

  1. Stres

Penyebab sinusitis anda kembali kambuh mungkin disebabkan karena anda sedang stres, baik karena sakit maupun tekanan pekerjaan. Stres yang anda derita rupanya melemahkan sistem kekebalan tubuh anda atau sebaliknya, membuat sistem kekebalan tubuh anda hiperaktif. Kekebalan tubuh yang lemah maupun hiperaktif berakibat pada pertahanan yang lemah terhadap patogen (parasit yang mampu menimbulkan penyakit pada inangnya) dan infeksi.

Tidak hanya itu saja, stres menurunkan tingkat pernapasan anda, terutama bagi perempuan. Tingkat pernapasan yang rendah dapat menyebabkan saluran sinus mengalami kemacetan. Lendir di dalam saluran sinus pun menjadi penyumbat aliran udara dan membuat virus berkembang biak di dalamnya sehingga menimbulkan peradangan. Peradangan pada sinus membuat sinusitis anda pun kembali kambuh.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab